Menikmati Wisata Lumajang, Jangan Lupa Cicipi Masakan khas Kota Pisang

14 September 2018, at 13:38
0
0
Menikmati Wisata Lumajang, Jangan Lupa Cicipi Masakan khas Kota Pisang

Berendam di Pemandian Alam Selokambang, Lumajang mungkin sudah menjadi biasa bagi warga di sana. Memiliki jarak yang cukup dekat dengan pusat kota, pemandian itu juga menawarkan sensasi segar air dan pemandangan yang indah. Nggak cuman di sana saja, ada banyak wisata Lumajang yang bisa dikunjungi salah satunya pantainya yang indah. Air terjun, gunung, bahkan candi semuanya ada di kota kecil ini. Lengakap kan? Jadi sekalian jalan.

Eits, tapi bukan hanya itu saja loh. Lumajang juga punya masakan khas yang enak dan wajib dicicipi buat pengisi perut selama berlibur. Jangan lupa kasih tahu kami kalau sudah pernah mencoba salah satunya ya!

Baca juga: 8 Kuliner Mojokerto dari yang Legendaris hingga Kekinian

1. Pecel Telo

pecel telo
sambelkacangmadiun.blogspot.com

Lumajang juga menjadi kota yang memiliki kuliner pecelnya sendiri. Pecel telo menjadi masakan khas kota pisang paling dicari. Cukup mudah untuk membuatnya, telo atau dalam bahasa Indonesia adalah ubi diolah menjadi bahan utama dalam pecel ini. Kalau pecel daerah lain menggunakan sayur-sayuran yang disirami bumbu kacang, di Lumajang ubi jalar dicampurkan dengan bumbu kacang lalu dihidangkan.

cookpad.com
Pecel telo ini banyak dijual oleh perempuan lansia di Angkringan Pasar Sukodono. Sudah buka dari jam 5 pagi hingga habisnya dagangan. Tapi biasanya jam 9 sudah mulai habis sobat Qupas. Untuk satu porsinya hanya 5ribu rupiah. Murah Meriah enak deh. Nggak nyesel kalau harus datang pagi-pagi ke pasar demi kuliner khas Lumajang yang satu ini.

2. Bledhus

bledhus
instagram.com/maysarazatunnur

Bledhus kalau di tanah kota Pahlawan, biasanya sering dimakan dengan tiwul. Sebelum dimasak, jagung pipil harus direndam dulu selama satu jam. Setelah itu baru ditaburi kelapa parut dan siap dimakan. Bisa disantap saat perjalanan menuju wisata air terjun, dibungkus dengan daun pisang. Jadi, tambah wangi.

instagram.com/dera_ishaq
Untuk sebagian warga di Lumajang, mereka biasa menyantap dengan lupis dan ubi rebus di sore hari. Kalau di pagi hari menu santapan pendamping teh hangat. Masakan pengganti nasi yang bikin perut kenyang seharian. Sayangnya, nggak banyak pusat oleh-oleh yang menjual makan ini menjadi oleh-oleh. Sobat Qupas bisa membuatnya sendiri dirumah atau langsung memakannya di tempat. Langsung aja ke Pasar Baru Lumajang, yuk!

3. Kue Latok

kue latok
instagram.com/sofia_cakery

Jajanan khas Lumajang yang satu ini bisa dinikmati untuk santapan menuju wisata Lumajang yang indah dan apik. Kue latok merupakan kue basah yang sudah dibentuk bulat-bulat bewarna hijau atau merah dengan parutan kelapa diatasnya. Dijual per tempat mika dengan harga 3ribu rupiah saja.

instagram.com/balikuecemara
Kuliner khas Lumajang ini termasuk kue basah yang memiliki tingkat awet yang sebentar. Jadi, nggak bisa di bawah pulang ke rumah yang membutuhkan waktu lebih dari 6 jam. Di daerah lain, seperti di Sidoarjo kue latok ini memilik tekstur layaknya kue lumpur. Banyak dijadikan kue saat ada acara besar, sama halnya dengan di Lumajang. Kalau sobat Qupas berminat untuk membelinya secara banyak, langsung aja ke Jalan HOS Cokroaminoto no.53, Lumajang. Ada katering yang bisa melayani aneka kue basah. 

4. Pisang Lumajang

pisang lumajang
instagram.com/jatiarum

Pisang Lumajang sudah cukup terkenal di Jawa Timur hingga ke daerah lain di Indonesia. Bentuknya yang besar, manis, dan mengenyangkan itu menjadi buah favorit semua orang. Bahkan bisa menjadi oleh-oleh khas Lumajang yang sering dibawa pulang oleh para pelancong. Diolah menjadi keripik pisang yang asik dengan varian rasa yang lengket di lidah. Langsung aja beli di Jalan Dr.Koesnadi no.26, Lumajang. 

resepkoki.id
Kalau mau membuatnya di rumah juga bisa, sobat Qupas. Beli saja, satu tangkai pisang agung di Pasar Senduro, Lumajang yang memang menjadi pasar pusat pisang. Untuk per tandannya bisa mencapai 75ribu rupiah, tapi tetap bisa ditawar kok. Pilih yang masih bewarna hijau ya. Sesampainya di rumah, iris tipis tipis lalu goreng. Untuk varian rasanya tinggal pilih sesuai seleramu saja. 

Baca juga: Pesona Alam Puncak yang Punya 10 Restoran Super Indah bak di Bali

5. Kue Lupis

kue lupis
instagram.com/tutiaguss

Kue lupis adalan jajanan khas lainnya yang bisa dijadikan sangu camilan selama perjalanan menuju wisata Lumajang. Terbuat dari tepung ketan yang dibentuk segitiga dengan balutan daun pisang. Biasanya dimakan dengan saus gula merah yang manis.

instagram.com/winzeat
Menikmati jajanan tradisional, nggak selamanya harus di pasar tradisional loh. Di lumajang, ada tempat makan lupis yang enak dan terkenal. Bahkan bisa dibawa pulang juga, sobat Qupas. Tempatnya ada di Jalan Panglima Besar Sudirman no.51, Lumajang yang buka dari jam 8 pagi hingga 9 malam.

6. Pastel Kentang

pastel kentang
instagram.com/dapurbekal

Kuliner Lumajang selanjutnya adalah pastel isian kentang yang renyah dan gurih. Biasanya dijual saat pagi hari di pasar-pasar tradisional. Kriuk kriuk kulit pastel menjadi sensasi tersendiri saat memakannya. Dijual dengan bungkusan plastik dengan harga 5ribu rupiah saja.

instagram.com/jnovalind
Bisa beli di Orion Roti dan Kue, satu tempat saat membeli kue lupis yang legit. Di toko itu juga menjual banyak roti dengan aneka isian, pun juga menjual aneka kue tart. Bisa nih jadi tempat oleh-oleh sekalian singgah sebentar untuk menikmati jajanan khas Lumajang. 

7. Lontong Petis

lontong petis
willysitompul.blogspot.com

Makanan khas Lumajang yang terbuat dari potongan ketupat, tahu, sayur-sayuran, dan petis sebagai bumbunya. Masakan ini terlihat seperti tahu tek di Surabaya, namun saat dimakan akan terasa suwiran ayam tipis-tipis. Cocok banget nih buat pengganjal saat perjalanan ke Pantai.

wcjuli2.blogspot.com
Sayangnya nggak banyak ditemukan warung tempat membeli lontong petis di Lumajang, karena masakan khas Lumajang ini biasanya dihidangkan saat hari besar idul Fitri. Jadi nggak heran deh, kalau banyak warga Lumajang yang menjadi perantauan selalu kangen dengan masakan yang satu ini. 

8. Martabak

martabak
instagram.com/kulinerlumajangan

Camilan khas yang bisa dibawah kesana kemari saat berlibur ke wisata Lumajang adalah martabak mbak saseh. Terbuat dari telor yang dicampur dengan tepung terigu lalu dimasak diatas penggorengan. Setelah jadi, barulah diberi petis sebagai sausnya. Gurih kriuk, enak dan mengenyangkan sekali.

deskgram.net/ngulinermajang
Martabak yang dicocol dengan petis hitam dengan varian topping yang anak muda suka banget. Kalau sobat Qupas mau mampir juga bisa, ke Martabak Mbak Saseh di daerah Pulosari. Di sana pasti sudah banyak anak sekolahan yang nggak pernah absen buat mampir. Harganya cuma 6 ribu rupiah, pas untuk dimakan sendiri sebagai pengganjal perut.

Delapan kuliner Lumajang ini, lezat dengan citarasa yang umumnya menggunakan petis sebagai sausnya. Tentu akan berbeda dari kuliner di daerah yang lainnya. Apalagi praktis dan enak untuk disantap saat perjalanan menuju ke wisata Lumajang.

0 Comment