Menilik Jejak Misterius Bukit Rhema, Wisata Magelang yang Bius Turis Mancanegara

28 April 2019, at 04:00
0
0
Menilik Jejak Misterius Bukit Rhema, Wisata Magelang yang Bius Turis Mancanegara

Soal pariwisata, Magelang juga nggak kalah dari Jogja. Banyak tempat-tempat menarik di sini. Salah satunya adalah Bukit Rhema atau biasa dikenal dengan nama Gereja Ayam.

Destinasi yang dibangun pada 1992 oleh Daniel Alamsjah ini sudah dikunjungi wisatawan di tahun 2000-an. Tapi mulai populer sejak jadi lokasi syuting film AADC 2 sekitar tahun 2016 silam.

Di balik keunikan bangunan destinasi satu ini, ternyata ada sejumlah fakta yang mungkin belum diketahui banyak traveler. Mau tahu apa saja? Yuk langsung simak ulasan Qupas berikut!

Baca juga: Konon Air Terjun di Magelang Ini Asalnya dari Telur Angsa, Lho!

1. Bukan "Gereja Ayam"

bukit rhema magelang
instagram.com/anuakbar_

Tempat wisata di Magelang ini memang kerap dikenal sebagai "Gereja Ayam". Tapi tahu nggak sih kalau sebenarnya bentuk dari bangunan ini bukan ayam, tapi merpati.

Bukit Rhema juga bukan sebuah Gereja, tapi Rumah Doa Bagi Selaga Bangsa. Jadi jangan salah persepsi lagi, ya!

2. Bangunan yang Nggak Pernah Selasai Dibangun

bukit rhema
instagram.com/cellinajvnnd

Menurut kabar yang beredar, bangunan Gereja Ayam ini nggak pernah selesai dibangun. Bukan cuma karena Daniel Alamsjah saja. Faktor krisis ekonomi di sekitar tahun 1996 sampai 1998 juga jadi alasan utama terhentinya pembangunan tersebut.

Meski bangunan ini nggak selesai dibangun, tapi bukan berarti minat traveler berkurang. Justru destinasi wisata di Jawa Tengah ini kian melambung.

3. Punya Banyak Sebutan di Luar Negeri

wisata magelang bukit rhema
instagram.com/ndsmwn

Saking uniknya, Bukit Rhema juga terkenal sampai mancanegara. Banyak media luar pun mengulas tentang destinasi wisata Magelang ini.

Bahkan dilansir dari TribunTravel, Bukit Rhema juga punya beberapa sebutan di kalangan traveler luar. Mulai dari Gereja Chicken, Gereja Bird, Gereja Dove, dan Pigeon Hill adalah nama lain dari Gereja Ayam. Ternyata hal ini berasal dari penjaga yang bingung menyebutkan kepada bule yang mampir ke Bukit Rhema.

4. Tujuh Lantai yang "Berbicara"

interior gereja ayam
instagram.com/dinnylimbong

Bukan "bicara" dalam arti sesungguhnya. Tapi ini dimaksudkan pada lantai-lantai yang punya kisah-kisah menarik ketika pengunjung menjelajahinya, seperti:

  • Lantai 1 yang dimaknai dengan kelahiran manusia polos tanpa noda dosa.
  • Lantai 2 dibagi menjadi dua ruangan, yaitu sisi kanan merupakan hal-hal positif dan sisi kiri merupakan hal-hal negatif.
  • Lantai 3 berisi hal-hal negatif, khususnya penyalahgunaan obat-obatan terlarang.
  • Lantai 4 bertemakan keragaman budaya indonesia.
  • Lantai 5 berisi kata-kata mutiara.
  • Lantai 6 berisi sebuah pengharapan hidup yang baru dan lebih baik.
  • Lantai 7 berupa mahkota yang bermakna rasa syukur atas segala nikmat.

Baca juga: Wisata Magelang Ini Punya Kolam di Tengah Sawah!

5. Wisata Religi di Bukit Rhema

gereja ayam magelang
instagram.com/liuzhary

Bukit Rhema bisa dibilang merupakan salah satu tempat wisata religi menarik. Di sini ada beberpa ruang doa pribadi untuk siapa saja yang ingin berdoa. Lokasinya ada di lantai bawah tanah gedung merpati.

6. Sajikan Private Sunrise yang Eksotis

sunrise bukit rhema
instagram.com/karuniatria

Selain Punthuk Setumbu, Bukit Rhema juga jadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunrise di Indonesia. Coba juga naik ke puncak crown tempat ini, maka kamu juga bisa melihat panorama Candi Borobudur yang dikelilingi oleh beberapa gunung, seperti:

  • Gunung Sumbing
  • Gunung Tidar
  • Gunung Merbabu
  • Gunung Suroloyo
  • Gunung Merapi

7. Wisata Edukasi di Bukit Rhema

wisata edukasi bukit rhema
instagram.com/yuds_

Puas melihat matahari terbit dari mahkota Bukit Rhema, kamu bisa melihat sekaligus hunting foto di lulisan-lukisan yang terpajang di dinding bangunan.

Setiap lantainya punya lukisan dengan tema berbeda. Mulai dari bahaya narkoba bagi generasi muda, perjalanan hidup, sampai nasionalisme terhadap bangsa pun ada.

8. Cara ke Bukit Rhema

cara ke bukit rhema
instagram.com/widiasih15

Lokasi Bukit Rhema atau Gereja Ayam ini ada di Desa Gombong Kembanglimus, Magelang, Jawa Tengah. Rute paling mudah adalah melalui Candi Borobudur. Dari sini, beloklah ke kiri dengan melewati Jalan Borobudur-Salaman.

Lanjutkan perjalanan sampai menemukan jalan masuk berupa gang menuju Bukit Rhema. Tempat ini ada di sebelah pintu masuk Punthuk Setumbu dan sebelum ke Purwosari. Ikuti jalan menemukan lokasi wisata. Selanjutnya kamu masih perlu trekking sejauh 200 meter dari area parkir.

Gimana, tertarik untuk mampir ke Bukit Rhema? Mumpung tiket masuk wisata di Magelang ini cuma sekitar Rp20.000,00 saja, lho. Yuk bikin liburanmu lebih bermakna dengan mampir ke tempat ini!

0 Comment