Menilik Keeksotisan Goa Hawang, Wisata di Kepulauan Kei yang Penuh Misteri

01 November 2019, at 09:00
0
0
Menilik Keeksotisan Goa Hawang, Wisata di Kepulauan Kei yang Penuh Misteri

Indonesia memang penuh pesona, terutama dalam hal pariwisata. Contohnya saja seperti Goa Hawang. Wisata di Kepulauan Kei ini bukan sekadar gua biasa, karena ada banyak 'bonus' yang tersaji di dalamnya.

Buat para petualang yang ingin dapat banyak pengalaman baru, coba deh mampir di destinasi wisata unik satu ini. Mulai dari keindahan alam sampai cerita mistis bakal kamu dapat. Sstt, nggak perlu takut ada hantu!

1. Kenapa namanya Goa Hawang ya?

goa hawang maluku
instagram.com/dindranashriyah

Sekilas nama wisata Maluku ini memang cukup unik. Bukan diberikan secara asal, ternyata ada sejarah kenapa dinamakan demikian.

Ternyata kata 'hawang' jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia artinya arwah. Seperti diketahui, sebagian warga di Kepulauan Kei, Maluku masih percaya kalau gua masih didiami banyak hantu. Tapi kira-kira di wisata gua ini juga banyak makhluk halusnya nggak ya?

2. Misteri Goa Hawang Maluku

goa hawang maluku tenggara
instagram.com/diptasatyaw

Selain soal nama, tempat wisata di Maluku ini juga menyimpan misteri. Di dalamnya, ada sebuah batu yang melambangkan seorang pemburu pria. Ia memegang tombak dan didampingi dua ekor anjing.

Menurut cerita yang beredar, pria tersebut pergi berburu babi hutan bersama kedua ekor anjing. Sayangnya, buruannya itu lari dan mendadak hilang saat memasuki gua.

Karena lelah mengejar, pemburu tersebut pun sempat minum air gua yang rasanya pahit. Ia pun marah dan kecewa hingga mengeluarkan kata-kata kotor. Katanya, karena sumpah serapahnya itu, si pemburu bersama kedua anjingnya dikutuk menjadi batu. Hmm, beneran nggak ya?

3. Wisata yang bikin enteng jodoh

goa hawang pulau kei
instagram.com/gypsyandthepostcard

Goa Hawang memang penuh misteri. Kapan ditemukannya pun masih belum ada yang tahu pasti. Tapi menurut penduduk setempat, gua ini ditemukan oleh tetua di Kepulauan Kei sejak lama.

Awalnya tempat ini dianggap angker. Tapi seiring berjalannya waktu, gua yang terhubung langsung dengan mata air Evu, sebuah mata air terbesar di Kepulauan Kei, melalui sungai bawah tanah ini justru dianggap sebagai area suci. Bahkan kawasan ini juga digunakan untuk bertapa ataupun semedi.

Menariknya lagi nih, konon air alami di Goa Hawang dipercaya bisa bikin awet muda dan enteng jodoh, lho. Buat para wanita yang mendambakan buah hati, katanya juga bisa punya anak setelah masuk ke dalam gua. Bener nggak ya?

Baca juga: 5 Wisata Indonesia Buat Si Jomblo yang Ngebet Cari Jodoh, Mampir Kuy!

4. Ada kolam alami sebening kaca

hawang cave
instagram.com/prazs7727

Entah mau dipercaya atau nggak, terlepas dari mitos maupun misterinya, Goa Hawang memang recommended buat dikunjungi.

Pasalnya, di wisata ini selain menemukan sebuah liang, ada mata air super jernih dan berwarna kebiruan. Kamu pun bisa berenang di area ini.

Oh ya, saat laut pasang, air di gua ini bisa naik sampai ketinggian 3 meter. Jadi buat yang belum mahir berenang, tetap hati-hati saja ya!

5. Cara ke Goa Hawang

goa hawang desa letvuan
instagram.com/elsoinetha

Secara administratif, Goa Hawang terletak di Hoat Sorbay, Letvuan, Kei Kecil, Maluku Tenggara. Dari ibukota Maluku Tenggara, Tual, jaraknya sekitar 15 kilometer.

Untuk bisa masuk ke wisata ini, kamu nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Cukup bayar tiket masuk kurang lebih Rp20 ribuan saja.

Gimana, tertarik mampir ke Goa Hawang? Karena tempat wisata ini disucikan, jadi tetap jadi traveler yang sopan dan jaga kebersihan ya!

0 Comment