Menilik Kehebatan Ceramide, Bahan yang Sering Ditemukan dalam Skincare Kulit Kering

11 September 2019, at 18:00
0
0
Menilik Kehebatan Ceramide, Bahan yang Sering Ditemukan dalam Skincare Kulit Kering

Supaya berfungsi secara efektif, skincare yang beredar di pasaran tentunya dibuat dari bahan-bahan penting yang sesuai dengan permasalahan kulit wajah.

Kalau kamu sering memperhatikan komposisi skincare, pasti pernah sekali atau dua kali bertemu dengan yang namanya Ceramide. Bahan ini bisa ditemukan dalam pelembab wajah, krim mata, facial wash, hingga pelembab tubuh.

Dan seringkali, Ceramide dipakai sebagai bahan utama dalam skincare untuk kulit kering. Tapi sebenarnya fungsinya cukup banyak lho. Nah, sebelum membahas lebih lanjut, kita gali dulu yuk tentang kandungan ini.

ceramide
instagram.com/holikaholika_official

Sebenarnya, Ceramide adalah jaringan lemak alami yang sudah ada di tubuh manusia. Biasanya paling banyak menghuni daerah lapisan kulit epidermis.

Meski secara alamiah manusia sudah punya Ceramide, tapi jumlahnya akan semakin berkurang karena beberapa hal. Seperti faktor dari lingkungan ataupun usia.

Untuk itulah, diperlukan pasokan tambahan yang datang melalui produk skincare. Lalu, apa sih kegunaan Ceramide dan seberapa penting perannya bagi kulitmu? Simak berikut ini deh!

1. Memperbaiki fungsi hidrasi kulit

kulit wajah lembab
instagram.com/holikaholika_official

Fungsi utama Ceramide adalah untuk menghidrasi kulit dan membentuk lapisan pertahanan supaya kadar air di dalam kulit tetap terjaga.

Apabila skin barrier ini terjaga dengan baik, berbagai masalah seperti kulit kering, kemerahan, terkelupas, iritasi, hingga jerawat bisa dicegah. Dan kulitmu akan tetap kenyal dan lembab sepanjang waktu.

2. Melindungi kulit dari radikal bebas

skincare untuk polusi
instagram.com/innisfreeusa

Manfaat Ceramide yang satu ini sangat penting bagi orang-orang yang hidup di kawasan perkotaan. Yakni bisa menangkal bahaya radikal bebas yang diakibatkan oleh polusi.

Skin barrier yang tejaga berkat Ceramide membuat kulit lebih kuat dan 'kebal' terhadap bahaya yang datang bersama polusi. Bahkan jaringan kulit yang rusak akan segera diperbaiki supaya kembali seperti semula.

Baca juga: 8 Skincare Anti Polusi yang Wajib Dipakai Kalau Kamu Hidup di Kota Besar Seperti Jakarta

3. Mencegah penuaan dini

kulit awet muda
instagram.com/neogen_official

Seperti dipaparkan sebelumnya, fungsi utama Ceramide adalah untuk memperbaiki fungsi hidrasi kulit serta menangkal radikal bebas. Hasilnya, kulitmu akan selalu awet muda.

Untuk itu, ketika menginjak usia 25 tahun, kamu disarankan mulai memakai skincare yang mengandung Ceramide. Supaya kulitmu senantiasa lembab, kenual, nggak mudah kendur, dan terhindar dari keriput.

4. Memulihkan kulit kering yang akut

kulit kering
instagram.com/innisfreeusa

Bukan cuma sekedar merawat kulit, Ceramide juga berfungsi menyembuhkan masalah yang cukup serius lho. Seperti eksim dan psoriasis.

Kedua kondisi ini biasanya bisa dideteksi dari tampilan kulit yang sangat kering, kemerahan, serta iritasi. Sedangkan bila ditelisik lebih mendalam, jumlah Ceramide yang ada cenderung sangat sedikit.

Dengan memakai produk yang mengandung Ceramide secara rutin, masalah ini pasti bisa berangsur pulih dan kulit kembali cantik.

Baca juga: 7 Pelembab Wajah Korea untuk Kulit Kering dan Kusam

Nah, itulah serba-serbi tentang Ceramide yang perlu kamu ketahui. Ternyata fungsinya sangat penting bukan?

0 Comment