Menilik Keindahan Banda Neira, Wisata Maluku yang Terpampang di Uang Seribu Rupiah

09 March 2019, at 09:00
0
0
Menilik Keindahan Banda Neira, Wisata Maluku yang Terpampang di Uang Seribu Rupiah

Pernah dengar soal Banda Neira? Mungkin sebagian besar orang hanya mengira ini adalah nama dari sebuah nama grup musik yang telah dibubarkan sekitar Desember 2016 silam.

Tapi tahukah kamu kalau ternyata Banda Neira merupakan sebuah pulau yang ada di Maluku? Tempat ini pun menjadi salah satu destinasi wisata Indonesia yang jadi incaran banyak traveler.

Banyak hal yang akan kamu dapatkan dari wilayah ini, termasuk fakta bahwa surga di Maluku tersebut terpampang di uang Rp1.000,00.

Mau tahu apa saja yang akan kamu dapatkan saat liburan ke pulau di Maluku ini? Yuk, langsung simak ulasan Qupas berikut.

Baca juga: Intip Sirkuit Mandalika yang Bakal Jadi Venue MotoGP 2021 Ini Yuk!

1. Gunung Api Banda

banda neira
instagram.com/rahaps_

Gunung Api Banda bisa jadi destinasi pertama untuk kamu kunjungi saat sudah di Banda Neira. Kamu bisa mengamatinya dari dermaga maupun titik lainnya.

Untuk mendaki gunung setinggi 656 meter dari permukaan laut ini, kamu perlu menyeberang dari Pulau Neira menggunakan perahu kecil yang memuat 3-4 orang dengan tarif Rp5.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Nggak harus mendaki saja, kamu juga boleh hanya mengamati kecantikan gunung api di Indonesia yang meletus terakhir kali sekitar tahun 1988 tersebut.

2. Benteng Belgica

benteng belgica
instagram.com/andrikilua

Selain punya kekayaan alam yang melimpah, di pulau ini juga terdapat tempat bersejarah. Benteng Belgica namanya, peninggalan bangsa Portugis yang dibangun sekitar abad ke-16.

Dulu tempat tersebut berfungsi untuk menghalau perlawanan masyarakat Banda yang menentang monopoli perdagangan pala oleh VOC.

Menariknya lagi, benteng yang punya gaya bangunan persegi lima ini juga terpampang nyata di uang Rp1.000,00 terbaru, lho. Cantik ya?

3. Wisata Bawah Laut

diving banda neira
instagram.com/verryofficial

Selain di daratan, dunia bawah laut di Banda Neira juga nggak kalah cantik. Kamu bisa snorkeling maupun diving atau menyelam di pulau ini.

Salah satu spot menyelam yang kece di Banda Neira ada di Lava Flow. Di tempat ini, terumbu karangnya cantik banget.

Baca juga: Inilah Tempat Menyelam Terbaik di Indonesia

4. Istana Mini

istana mini banda
instagram.com/gmt_feryrentcar

Istana Mini ini mirip bangunan Istana Negara di Jakarta. Namun ukurannya lebih kecil.

Sebagai informasi, bangunan yang akan kamu jumpai sekarang ini adalah replika dari gedung asli yang sebelumnya ada di dalam Benteng Nassau.

Karena bangunan sebelumnya dinilai kurang aman dihuni karena gempa, maka pemerintah membangun ulang Istana Mini atau Kantor Gubernur di luar benteng.

5. Rumah Budaya

rumah budaya banda neira
instagram.com/esalmat

Saksi sejarah Indonesia yang juga menarik untuk dikunjungi adalah Rumah Budaya yang berada di depan Delfika Guest House. Dalam bangunan bersejarah ini, kamu bisa menemui beragam catatan historis Banda Neira pada masa penjajahan.

Di dalamnya juga terdapat barang-barang peninggalan VOC, seperti beberapa jenis meriam hingga lukisan yang menggambarkan situasi masa kolonial.

Ingin mengenal Banda Neira lebih dalam lagi? Maka jangan sampai melewatkan tempat wisata bersejarah satu ini!

6. Gereja Tua

gereja tua banda neira
instagram.com/ricki_marphy_23

Gereja tua bernama "Hollandische Kerk" juga menjadi salah satu tujuan wisata yang kerap diburu turis saat liburan ke Banda Neira. Gedung bersejarah ini dibangun pada tahun 1600-an.

Namun sempat runtuh karena terjadi gempa bumi dahsyat. Tepat pada tahun 1852, m asyarakat kembali membangunnya.

Baca juga: Cantiknya Wisata yang Terbentuk dari Bencana Alam Ini

Bangunannya yang eksotis memang menarik untuk para traveler meski hanya sekedar untuk berpose di bagian depat gedungnya saja.

7. Cara ke Banda Neira

gunung api banda
instagram.com/hendisyahputra

Penasaran ingin mampir ke pulau cantik di Indonesia bagian timur ini? Perjalanan ke Banda Neira perlu menggunakan pesawat Susi Air setelah sampai di Ambon.

Namun pesawat tersebut hanya bisa diakses dua kali dalam seminggu. Karena itu, ada alternatif lain untukmu, yakni menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Talehu.

Dengan alat transportasi ini, kamu perlu menyediakan budget mulai dari Rp450.000,00 sampai Rp650.000,00. Estimasi waktu yang dibutuhkan kalau naik kendaraan laut ini sekira 6 jam.

8. Akomodasi di Banda Neira

penginapan murah di banda neira
instagram.com/parisbruschetta

Karena nggak cukup sehari kalau kamu ingin jalan-jalan ke Banda Neira, maka sebaiknya cari penginapan di sana. Salah satu rekomendasinya adalah The Nutmeg Tree Hotel & Dive yang sering jadi pilihan para backpacker.

Lokasi hotel di Banda Neira ini cukup strategis dan dekat lautan. Kamu pun hanya perlu waktu kurang lebih selama 10 menit jalan kaki untuk bisa sampai ke Benteng Belgica.

Beragam fasilitas seperti akses wifi gratis hingga nuansa seperti rumah sendiri pasti akan membuatmu betah. Untuk bisa bermalam di sini, kamu perlu menyediakan budget Rp726.000,00.

Itulah keindahan Banda Neira di Maluku yang fotonya terpampang di uang lembaran Rp1.000,00. Tertarik untuk mampir ke sana? Yuk nabung dulu supaya perjalananmu untuk mengunjungi wisata terindah di Indonesia ini lancar!

0 Comment