Menilik Keindahan Candi Plaosan, Bukti Nyata Kekuatan Cinta Bisa Patahkan Sekat Perbedaan

20 June 2019, at 15:00
0
0
Menilik Keindahan Candi Plaosan, Bukti Nyata Kekuatan Cinta Bisa Patahkan Sekat Perbedaan

Candi Plaosan bukan sekadar bangunan bersejarah biasa. Tempat wisata di Klaten, Jawa Tengah ini bisa dibilang adalah bukti nyata bahwa kekuatan cinta bisa patahkan sekat perbedaan.

Selain bentuk bangunan dan kisah sejarahnya, kamu juga bisa melihat pemandangan alam sekitarnya yang menyejukkan. Mau tahu lebih banyak tentang candi di Jawa Tengah ini? Yuk simak ulasan Qupas berikut!

Baca juga: Candi Ratu Boko dan Nilai Sejarahnya yang Nggak Ternilai, Sudah Tahu?

1. Sudah berdiri selama ribuan tahun

plaosan
instagram.com/okkesipp

Berdasarkan catatan sejarah, candi ini dibangun pada pertengahan abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan yang berasal dari Wangsa Sanjaya dan berkuasa di sekitar tahun 840 sampai 856 Masehi.

Hal tersebut menjadi bukti bahwa penelitian De Caparis benar adanya. Seperti dilansir dari Native Indonesia, bukti yang cukup kuat tersebut berupa prasasti Cri Kaluhuran. Prasasti tersebut dibuat sekitar tahun 842 Masehi.

Dengan demikian, itu artinya kompleks candi yang terpisah menjadi Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul tersebut sudah ada sejak ribuan tahun lalu.

2. Monumen cinta yang merekatkan perbedaan

candi plaosan
instagram.com/masazies

Candi Plasosan sendiri punya permukaan teras yang halus, beda dari teras candi lain yang dibangun pada kurun waktu sama. Menurut sejumlah ilmuwan, bisa jadi dulunya area ini digunakan sebagai vihara tempat umat Buddha beribadah.

Hal tersebut semakin menguatkan bukti bahwa canti ini menjadi bukti cinta sekaligus simbol antar umat beragam yang berbeda tetap rukun sejak dulu.

wisata klaten candi plaosan
instagram.com/amariarizha

Seperti diketahui, sang penggagas candi ini, Rakai Pikatan berasal dari Dinasti Syailendra beragama Hindu. Sedangkan istrinya, Pramodyawardani memeluk keyakinan berbeda, yaitu Buddha. Meski begitu, sang raja tetap membuatkan tempat pemujaan berupa Candi Buddha dengan sedikit sentuhan arsitektur Hindu.

Hal ini bukan cuma menjadi bukti bersatunya dua wangsa besar, yaitu Syailendra dan Sanjaya, tapi juga toleransi antar umat beragama.

Baca juga: Candi Borobudur Pindah ke Semarang?

3. Aktivitas seru di Candi Plaosan

candi plaosan jawa tengah
instagram.com/syahdiea

Bukan cuma sekedar mengagumi bangunan ala Angkor Wat saja, kamu pun bisa melakukan beberapa aktivitas seru lainnya di candi kembar ini.

Mulai dari kontemplasi, temple running, menyaksikan sunset maupun sunrise, hunting foto, sampai bersepeda pun bisa kamu lakukan di Candi Plaosan. Tinggal pilih mana yang pengen kamu coba dulu.

4. Cara ke Candi Plaosan

candi plaosan klaten
instagram.com/ulumpolem

Secara administratif, lokasi Candi Plaosan ada di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Letaknya di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah.

Letaknya memang di tengah persawahan, tapi aksesnya cukup mudah kok. Mau pakai kendaraan umum maupun pribadi juga bisa. Kalau bawa kendaraanmu sendiri, tinggal ikuti arah ke Candi Prambanan. Dari sana, beloklah ke utara dan jalan lurus. Nanti kamu akan melihat siluet Candi Plaosan tepat di kanan jalan.

Jadi, siap mampir ke Candi Plaosan? Mumpung wisata di Jawa Tengah ini tiket masuknya cuma sekitar Rp3.000,00 saja. Jam operasionalnya juga cukup panjang, yaitu dari pukul 09.00 sampai 05.00 WIB.

0 Comment