Menilik Keindahan Pantai Ngobaran, Saksi Bisu Runtuhnya Kerajaan Majapahit

21 March 2019, at 09:00
0
0
Menilik Keindahan Pantai Ngobaran, Saksi Bisu Runtuhnya Kerajaan Majapahit

Gunungkidul memang punya pesona tersendiri, terutama soal pariwisatanya. Salah satu bukti keindahan kabupaten di Jogja ini adalah Pantai Ngobaran.

Sering dinilai seperti Bali, pantai di Gunungkidul tersebut juga menyimpan kisah masa lalu di zaman Majapahit. Mau tahu info lengkapnya? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Baca juga: Gunungkidul Bakal Jadi Bali Kedua?

1. Kisah getir sang Raja Majapahit

pantai ngobaran gunung kidul
instagram.com/arif_suparwono

Berdasarkan cerita masyarakat setempat, Pantai Ngobaran berhubungan dengan Kerajaan Majapahit dan Demak.

Konon, saat di bawah kekuasaan Raden Kertabhumi atau Prabu Brawijaya V (Bhre Wijaya), Kerajaan Majapahit mulai dipojokkan oleh Kerajaan Demak yang dipimpin oleh putra sang raja, Raden Patah.

Dengan berat hati, Raja Brawijaya bersama putranya yang lain, yakni Bondan Kejawan meninggalkan Kerajaan Majapahit ke arah barat. Mereka pun tiba di daerah pesisir pantai yang damai dan tenang. 

pantai ngobaran jogja
instagram.com/rianaputri12

Alasan keturunan Kerajaan Majapahit tersebut pergi adalah untuk menghindari peperangan karena melibatkan dirinya dan sang putra.

Ketika sampai di pantai, Prabu Brawijaya kemudian mencapai muksa (wafat) dengan cara membakar dirinya sendiri. Inilah penyebab wisata Gunung kidul tersebut diberi nama Pantai Ngobaran.

Dimana "ngobaran" yang dimaksud adalah api yang berkobar dan membakar tubuh sang prabu.

2. Tempat dilaksanakannya beragam acara keagamaan

pantai ngobaran gunungkidul
instagram.com/trisnoarybudi

Sampai sekarang, Pantai Ngobaran dikenal sebagai tempat ritual para penganut dan kepercayaan tertentu. Di sini, kamu pun bisa melihat tempat ibadah seperti musala dan pura yang berdiri berdampingan dan menghadap ke laut.

Pura di sekitar pantai digunakan oleh masyarakat yang menganut kepercayaan Kejawen dan umat Hindu di Kabupaten Gunungkidul untuk melakukan sembahyang.

tempat wisata gunungkidul
instagram.com/jayy_dyn

Selain itu, pura juga digunakan sebagai lokasi untuk Melasti, yakni upacara bagi umat Hindu di tepi pantai dengan tujuan menyucikan diri dari segala perbuatan buruk di masa lalu dan membuangnya ke laut.

Biasanya upacara tersebut dilakukan sebelum merayakan Tapa Brata penyepian (Nyepi).

3. Keindahan bak Uluwatu Bali

wisata pantai ngobaran
instagram.com/erikakartikas

Selain budaya, keindahan alam di Pantai Ngobaran juga sayang untuk dilewatkan. Ditambah lagi dengan kehadiran pura yang membuatmu seolah berada di Uluwatu, Pulau Bali.

Saat air laut surut, kamu akan menyaksikan hamparan alga berwarna hijau yang tumbuh di atas batu karang.

pantai ngobaran
instagram.com/anggarawepe

Menariknya lagi, kalau kamu berkunjung ke pantai di Gunung Kidul ini saat pukul 06.00-11.00 WIB, kamu akan melihat masyarakat sedang mencari rumput laut untuk dijual.

Baca juga: Wisata Pantai di Gunungkidul Ini Siap Uji Adrenalinmu!

Ingin bermain air di sekitar pantai? Maka kamu perlu menuruni 20 anak tangga.

4. Lokasi dan harga tiket masuk Pantai Ngobaran

tempat wisata pantai ngobaran
instagram.com/rahmacatuur

Lokasi Pantai Ngobaran ada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Dari pusat Kota Jogja, jaraknya sekitar 45 kilometer dengan estimasi waktu perjalanan selama 1-2 jam.

Kamu bisa menggunakan rute dengan melewati Jalan Imogiri Timur sampai menemukan pertigaan. Ambillah arah ke kanan.

Selanjutnya lurus saja ke arah Selopamioro hingga menemukan jalur lintas selatan. Ikuti jalur tersebut sampai di kanan jalan menemukan petunjuk arah ke Pantai Ngobaran.

destinasi pantai ngobaran
instagram.com/anandagaloeh

Untuk tiket masuk ke wisata pantai di Gunungkidul ini, kamu pun hanya perlu menyediakan budget senilai Rp5.000,00. Tapi ingat, tarif tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, ya!

Jadi gimana, tertarik untuk mampir ke Pantai Ngobaran? Sambil menyaksikan saksi bisu kisah getir Prabu Brawijaya, pemandangan alam juga siap memanjakanmu.

Selagi mempersiapkan liburan, kamu juga harus hati-hati mengingat belakangan ini banyak terjadi bencana seperti banjir. Apalagi dua wisata di Gunungkidul, seperti Kalisuci dan Goa Jomblang sempat ditutup.

0 Comment