Menilik Keindahan Pulau Santen, Pantai Syariah Banyuwangi yang Lagi Viral di Medsos

01 July 2019, at 15:00
0
0
Menilik Keindahan Pulau Santen, Pantai Syariah Banyuwangi yang Lagi Viral di Medsos

Pulau Santen yang termasuk dalam wisata halal di Banyuwangi belakangan ini tengah ramai dibicarakan. Hal ini terjadi pasca seorang netizen menuding Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sedang melakukan upaya arabisasi dan mendukung LGBT.

Diketahui, isu tersebut digulirkan oleh pengguna media sosial terkait kebijakan pariwisata Pantai Syariah, yakni Pulau Santen. Dimana ada pemisahan antara pengunjung laki-laki dan perempuan.

Terlepas dari isu yang sudah dibantah oleh pihak pemerintah itu, yuk kita lihat sejenak masa lalu dan seperti apa Pulau Santen saat ini. Siapa tahu dalam waktu dekat ini kamu main ke Banyuwangi. Jadi nggak ada salahnya buat masukkan Pulau Santen ke dalam daftar kunjunganmu.

Baca juga: Selain Pulau Merah, Sederet Pantai di Banyuwangi Ini Juga Nggak Kalah Cantik

1. Pantai ini dulunya kumuh

pantai syariah banyuwangi
instagram.com/intanlestarimt

Beda jauh dari sekarang, ternyata dulu Pantai Pulau Santen adalah tempat kumuh dan bekas lokalisasi. Nggak jauh dari pintu masuknya, ada tempat prostitusi pakem yang sudah ditutup.

Selang beberapa waktu berlalu, yaitu sektiar 2 tahun lalu, destinasi ini dikembangkan menjadi wisata halal Banyuwangi.

2. Kini jadi pantai syariah

pantai pulau santen banyuwangi
instagram.com/neenyy_

Terlepas dari masa lalu kelam, kini pantai di Banyuwangi ini disulap jadi wisata baru berbasis syariah. Dilansir dari Detik, Bupatu Banyuwangi, Azwar Anas berujar bahwa konsep ini dikembangkan sebagai sebagai segmentasi pasar. Siapapun boleh menikmati keindahannya, tanpa menyinggung SARA.

Di kawasan pesisir ini, pasukan kebersihan cuma melibatkan petugas perempuan. Pun demikian untuk sisi keamanan, cuma ada Satpol PP cantik.

Mengusung konsep wisata halal, fasilitasnya pun mendukung. Misalnya seperti makanan non haram, non alkohol, ada pemberitahuan waktu jelang beribadah, tempat bersuci lengkap dengan tempat ibadah, sampai ruang pemisahan antara laki-laki dan perempuan.

3. Pantai yang instagenik

pulau santen banyuwangi
instagram.com/banyuwangi_tourism

Pantai Pulau Santen dulu boleh dikenal sebagai wilayah yang kumuh dan nggak terurus. Tapi semua itu berubah karena upaya pemerintah dan pihak-pihak lainnya.

Bukan cuma bersih, jejeran mangrove terlihat rapi menghiasi muara pantai. Payung-payung wisata cantik dan tempat duduk warna-warni juga ada di sekitar pesisir dengan pasir hitam legam ini. Instagenik banget!

Baca juga: 5 Wisata Banyuwangi Selain Pantai Ini Bikin Malas Pulang

4. Kenapa dinamakan Pulau Santen?

pulau santen
instagram.com/afifa_imani

Nama wisata di Banyuwangi ini memang cukup unik. Ternyata ada alasan tersendiri kenapa dinanami Pulau Santen.

Nama tersebut karena di dalam wilayah pulau tumbuh banyak pohon yang dikenal oleh masyarakat Banyuwangi dengan nama pohon santen.

5. Cara ke Pulau Santen

mangrove pulau santen
instagram.com/ikeapriliaa

Lokasi Pulau Santen sendiri ada di Desa Karangharjo, sebelah selatan Stasiun Banyuwangi lama. Untuk bisa menuju ke wisata yang menempati lahan TNI AD ini nggak terlalu sulit.

Akses jalannya sudah baik. Motor, mobi, maupun bus pun sudah bisa menjangkaunya. Di samping itu, angkutan lokal seperti ojek maupun becak siap mengantarmu ke destinasi yang berjarak sekitar 3 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi.

Gimana, tertarik untuk mengunjungi Pantai Pulau Santen? Salah satu tempat wisata di Banyuwangi ini memang patut masuk daftar kunjunganmu saat mampir ke Kota Gandrung, terlepas dari tudingan netizen pada pemerintah kabupaten soal upaya arabisasi. Setuju?

0 Comment