Menilik Masa Lalu Pantai Gondo Mayit, Wisata Blitar yang Menyimpan Cerita Kelam

29 August 2019, at 15:00
0
0
Menilik Masa Lalu Pantai Gondo Mayit, Wisata Blitar yang Menyimpan Cerita Kelam

Pantai Gondo Mayit. Begitu mendengarnya, mungkin sebagian traveler bakal mengernyitkan dahi. Apalagi buat mereka yang mengerti Bahasa Jawa. Soalnya 'Gondo' artinya bau, sementara 'Mayit' berarti mayat.

Tapi tempat wisata di Blitar ini nggak seram kok. Memang sih ada hal yang melatarbelakangi kenapa namanya begitu.

Nah, buat kamu yang penasaran sama pantai di Blitar ini, scroll ke bawah buat lanjut baca ya! Bukan cuma tahu keindahannya saja, tapi kamu juga bakal paham soal sejarah kelam wisata pesisir ini.

1. Pantai eksotis di Blitar

gondo mayit blitar
instagram.com/keykey_novita

Pantai ini berada di kawasan Blitar Selatan. Air lautnya berwarna biru, pasirnya pun berwarna putih. Kombinasi yang epik!

Belum lagi di sekitarnya ada bukit yang masih berwarna hijau. Buat yang hobi mantai sambil hunting foto, tempat wisata di Blitar cocok untukmu. Lumayan untuk mempercantik feed Instagram.

2. Dekat dari pantai populer

pantai gondo mayit blitar
instagram.com/annisatul_fikriyah

Keunggulan lain dari Pantai Gondo Mayit ini adalah letaknya yang nggak jauh dari salah satu wisata pesisir populer lain, yaitu Pantai Tambakrejo.

Pantainya terletak di sebelah Pantai Tambakrejo. Kurang lebih 1 kilometer sebelumnya, ada papan petunjuk arah yang bakal mengarahkanmu ke Gondo Mayit Blitar.

Baca juga: Ini Nih Pantai Tersembunyi di Blitar, Bersih dan Worth It Buat Dikunjungi

3. Sejarah kelam Pantai Gondo Mayit

pantai gondo mayit
instagram.com/ahmad_rasyid27

Mendengar soal Pantai Gondo Mayit, mungkin sebagian dari kamu bakal bertanya-tanya kenapa namanya menyeramkan.

Siapa sangka, ternyata di balik keindahannya ada sejarah kelam yang menyertai. Menurut warga setempat, dulu di Pantai Gondo Mayit pernah ditemukan mayat-mayat bergelimpangan dan baunya sangat menyengat. Konon, pantai cantik di Blitar ini menjadi tempat pembuangan mayat di masa penjajahan.

Tapi jangan khawatir. Sekarang salah satu wisata pantai eksotis di Jawa Timur ini nggak seram lagi kok. Jadi aman buat kamu kunjungi.

4. Akses dan tiket masuk Pantai Gondo Mayit

pasir putih pasetran gondo mayit blitar
instagram.com/megantara_88

Secara administratif, lokasi Pantai Gondo Mayit ada di Krajan, Tambakrejo, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur. Dari Kota Blitar, kamu bisa mengambil jalur arah Kademangan dan Tulungagung. Tepat di pertigaan Kademangan, kamu bisa melihat petunjuk arah ke "Tambakrejo".

Selanjutnya tinggal lanjutkan perjalanan ke Pantai Tambakrejo. Karena lokasinya berdekatan, kamu bakal menemukan petunjuk arah ke wisata Gondo Mayit ini nantinya.

Jalan menuju ke destinasi di Blitar ini sudah cukup bagus. Jalannya pun sudah beraspal. Tapi di beberapa titik ada jalan berlubang besar. Jadi tetap hati-hati ya!

5. Fasilitas Pantai Gondo Mayit Blitar

pasir putih pasetran gondo mayit
instagram.com/choirulbudi.an

Tempat wisata ini sudah menyediakan beragam fasilitas, seperti parkir luas, warung kecil, area santai di sepanjang pesisir, toilet, sampai musala. Sayangnya, tempat sampah masih minim. Jadi sebaiknya bawa kembali sampah-sampahmu saat liburan ke sini ya!

Soal tiket masuk, kamu perlu menyediakan budget mulai dari Rp8 ribu aja. Terjangkau kan? Lumayan buat liburan hemat di tanggal tua nih.

Gimana, tertarik liburan ke Pantai Gondo Mayit? Meski ada sejarah kelam yang mengitarinya, tempat wisata di Blitar ini tetap recommended buat dikunjungi karena keindahannya.

0 Comment