Qupas Beauty

Menilik Perbedaan Lip Balm dan Lip Butter, Mana yang Harusnya Kamu Pilih?

12 February 2020, at 06:00
Menilik Perbedaan Lip Balm dan Lip Butter, Mana yang Harusnya Kamu Pilih?

Produk untuk merawat dan mempercantik bibir ada puluhan jenisnya. Mulai dari lipstik, lip cream, lip tint, lip balm, butter, dan masih banyak lainnya.

Namun, ada dua yang biasanya diandalkan untuk mengatasi bibir kering, yaitu lip balm dan lip butter. Meskipun kedua produk ini dikenal sebagai pelembap yang baik, nyatanya perbedaannya juga banyak lho.

Nah, biar kamu nggak salah pilih, cari tahu dulu yuk perbedaan lip balm dan lip butter berikut ini!

A. Lip Balm

Ilustrasi Memakai Lip Balm (Foto: instagram.com/innisfreeusa)
instagram.com/innisfreeusa

Salah satu perbedaan mendasar yang dimiliki lip balm dan lip butter adalah, lip balm diracik dari bahan-bahan yang mampu melembapkan kulit bibir dalam waktu yang sangat lama. Seperti contohnya beeswax, petroleum, dan lanolin.

Umumnya, produk lip balm dikemas dalam bentuk stick, tube, atau jar berukuran kecil. Sedangkan jenisnya tergolong cukup banyak.

Misalnya, lip balm yang terbuat dari bahan-bahan organik untuk menenangkan bibir yang pecah-pecah akibat sengatan sinar matahari, lip balm ber-SPF yang berfungsi sebagai antioksidan, dan lip balm yang diracik dengan tanaman aromatik seperti mint.

Lip Balm (Foto: instagram.com/thebodyshopindo)
instagram.com/thebodyshopindo

Selain itu, masih ada juga lip balm yang terbuat dari vitamin E dan calendulla yang biasanya lebih ampuh dalam mencegah bibir pecah-pecah sekaligus menenangkan bibir yang terkena iritasi.

Menariknya lagi, sekarang ini kamu juga nggak bakalan kesulitan untuk menemukan lip balm dengan berbagai aroma dan semburat warna.

Baca juga: 7 Lip Balm Berwarna yang Bagus untuk Memerahkan Bibir Tanpa Kesan Berminyak

B. Lip Butter

Lip Butter (Foto: hellosasyachi.com)
hellosasyachi.com

Berbeda dengan lip balm, lip butter memiliki tekstur lebih creamy dan umumnya terbuat dari beragam essential oil. Seperti extra virgin olive oil, avocado oil, apricots oil, jacho herbs, eucalyptus, peppermint, lavender, dan masih banyak lainnya.

Komposisinya inilah yang membuat formulanya mampu melembapkan dan memperbaiki bibir dalam waktu yang cepat.

Ilustrasi Memakai Lip Butter (Foto: instagram.com/innisfreeusa)
instagram.com/innisfreeusa

Disamping itu, produk lip butter terbaik biasanya juga diperkaya dengan allantoin. Kandungan ini berfungsi untuk menyembuhkan dan menenangkan kulit yang terluka.

Sehingga lapisan kulit akan diperbarui dengan cepat dan bibir bisa kembali lembut dalam waktu yang cepat. Cocok untuk memperbaiki bibir yang pecah-pecah parah.

C. Mana yang Cocok Untukmu?

Perbedaan Lip Balm dan Lip Butter (Foto: instagram.com/innisfreeusa)
instagram.com/innisfreeusa

Sekarang sudah tahu kan dimana letak perbedaan lip balm dan lip butter? Kira-kira masih bingung nggak mau milih yang mana?

Kalau dilihat dari perbedaannya, lip balm memang paling cocok dipakai sehari-hari untuk melindungi dan melembapkan bibirmu supaya nggak mudah kering. Apalagi kalau kamu sering beraktivitas di luar ruangan dan berada di ruangan ber-AC.

Sedangkan lip butter sangat direkomendasikan buat kamu yang sedang dalam misi memperbaiki bibir pecah-pecah parah, supaya kembali lembap dan lembut dalam waktu cepat.