Menjadi Makanan Sehari-hari, Manfaat Tahu Bagi Kesehatan Justru Jarang Diketahui

04 July 2019, at 07:00
0
0
Menjadi Makanan Sehari-hari, Manfaat Tahu Bagi Kesehatan Justru Jarang Diketahui

Selain tempe, tahu merupakan salah satu makanan yang sering ditemukan dalam menu harian masyarakat Indonesia.

Nggak hanya murah dan mudah ditemukan, makanan yang terbuat dari kedelai tersebut juga dapat diolah menjadi berbagai menu yang menggugah selera.

Meskipun merupakan makanan sehari-hari, ternyata nggak banyak orang mengetahui tentang manfaat tahu yang luar biasa seperti berikut ini.

Baca Juga: Manfaat Ajaib Bawang Putih, dari Obati Sakit Gigi Hingga Cegah Kanker!

1. Mengurangi Risiko Kanker

mengurangi risiko kanker
gesundheitstrends.com

Mengonsumsi tahu yang terbuat dari kedelai ternyata dapat mengurangi risiko pembentukan sel kanker lho.

Analisa yang dilakukan terhadap 35 penelitian menemukan bahwa perempuan Asia yang sering mengonsumsi tahu memiliki risiko kanker payudara yang lebih rendah daripada yang lainnya.

Selain itu, kandungan isoflavon dalam tahu juga bisa membantu penderita kanker prostat sembuh lebih cepat.

2. Menjaga Kesehatan Darah

menjaga kesehatan darah
cookieandkate.com

Selain mengurangi risiko kanker, mengonsumsi tahu juga bisa membantu menjaga kesehatan darah. Kandungan zat besi di dalamnya dapat meningkatkan pembentukan sel darah sehingga kamu nggak mudah terserang anemia.

Nggak hanya itu, protein kedelai dalam tahu juga bisa menurunkan kadar gula dalam darah sehingga mengurangi risiko terserang diabetes.

3. Mencegah Osteoporosis

mencegah osteoporosis
pexels.com/@rawpixel

Manfaat tahu lainnya adalah mencegah osteoporosis. Pasalnya, makanan yang terkesan sederhana tersebut merupakan sumber kalsium yang tinggi.

Kandungan tersebut sangat baik untuk mencegah pengeroposan tulang dan menjaganya tetap kuat. Maka dari itu, tahu sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak usia pertumbuhan sampai orang dewasa.

4. Menjaga Berat Badan

menjaga berat badan
gettyimages.com

Apabila kamu sedang menjalankan program diet, ada baiknya jika kamu memasukkan tahu ke dalam menu sehat untuk mengontrol berat badanmu.

Kalori yang rendah dalam tahu membuatmu nggak perlu khawatir jika memakannya dalam jumlah yang banyak. Selain itu, makanan tersebut juga kaya akan nutrisi penting yang membantu menghasilkan energi serta menekan nafsu makan.

Baca Juga: Ingin Turunkan Berat Badan? Ini 5 Metode Diet yang Bisa Kamu Coba

5. Mencegah Manopouse Dini dan Mengurangi Gejalanya

mencegah manopause dini
pexels.com/@pixabay

Manfaat tahu selanjutnya adalah mencegah menopause dini dan mengurangi gejalnya bagi perempuan. Kedelai yang terdapat di dalamnya mengandung zat isoflavon yang dapat menstabilkan kadar estrogen dalam tubuh.

Tahap pra menopause terkadang membuat perempuan menjadi stres, kehilangan nafsu makan, dan lain sebaginya akibat ketidakseimbangan hormon. Kamu bisa meminimalisir gejala-gejala tersebut dengan mengonsumsi tahu.

6. Baik untuk Ginjal

baik untuk ginjal
planoinformativo.com

Mengonsumsi tahu juga ternyata baik untuk fungsi ginjal. Hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan protein di dalamnya.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa protein dalam tahu memiliki efek positif terhadap penyakit ginjal sehingga disarankan untuk orang-orang yang sedang menjalani cuci darah atau transplantasi organ tersebut.

7. Menurunkan Kolesterol Jahat

menurunkan kolesterol jahat
lovefood.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Health and Nutrition, Jepang, menyebutkan bahwa kandungan isoflavon dalam kedelai terbukti menurunkan kolesterol jahat secara signifikan.

Nggak hanya itu, penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa secara bersamaan konsumsi tahu nggak mengubah lemak baik.

8. Baik untuk Kulit

baik untuk kulit
hdqwalls.com

Mengonsumsi tahu secara teratur ternyata dapat memperlambat proses penuaan kulit lho. Hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan mineral, vitamin, serta protein di dalamnya.

Wah, pantas saja orang Asia khususnya Korea dan Jepang memiliki kulit yang indah karena terbiasa mengonsumsi tahu dalam kehidupan sehari-harinya.

Ternyata tahu memang sangat baik untuk kesehatan ya. Yuk masukkan tahu ke dalam daftar makanan favoritmu Sobat Qupas!

0 Comment