Qupas Family

Menjemur Bayi di Pagi Hari, Benarkah Bermanfaat untuk Perkembangan Buah Hati?

26 January 2020, at 08:00
Menjemur Bayi di Pagi Hari, Benarkah Bermanfaat untuk Perkembangan Buah Hati?

Sebagai orang Indonesia, kamu pasti sudah nggak asing dengan fenomena menjemur bayi di pagi hari. Atau bahkan, Bunda juga pernah melakukannya?

Meskipun sudah dilakukan secara turun-temurun, akan tetapi masih banyak orang yang belum tahu pasti apa manfaat menjemur bayi di pagi hari. Kamu juga belum tahu? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini.

1. Mendapatkan Vitamin D

Bayi Dijemur di Pagi Hari (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Manfaat menjemur bayi di pagi hari yang pertama adalah meningkatkan produksi vitamin D. Hal ini tentu saja merupakan hal yang baik untuk perkembangan tulang dan gigi si kecil.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University College of Medical Sciences sudah membuktikan hal tersebut lho!

2. Meningkatkan Sistem Imun dan Saraf

Menjemur Bayi (Foto: depositphotos.com)
depositphotos.com

Selain dapat membantu produksi vitamin D, menjemur bayi di pagi hari juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sistem saraf.

Sebenarnya sistem saraf dapat mejadi lebih kuat karena tercukupinya asupan vitamin D dalam tubuh. Sistem imun yang baik juga akan membuat si kecil terhindar dari penyakit.

3. Meningkatkan Seretonin

Menjemur Bayi di Pagi Hari (Foto: depositphotos.com)
depositphotos.com

Manfaat menjemur bayi di pagi hari yang lainnya adalah meningkatkan hormon seretonin dalam tubuh. Artinya, si kecil akan merasa lebih bahagia dan aman.

Nggak hanya itu, seretonin juga dapat mempengaruhi perkembangan pencernaan buah hati sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan apabila produksinya kurang.

Baca juga: Usia Berapa Bayi Boleh Dibawa Keluar? Ini Lho Jawabannya

4. Membuat Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Ilustrasi Bayi Tidur (Foto: freepik.com)
freepik.com

Menurut penelitian, menjemur bayi juga dapat membantunya tidur lebih nyenyak lho. Pasalnya, paparan sinar matari dapat membantu produksi hormon melatonin.

Hormon melatonin sendiri sangat berpengaruh pada proses tidur si kecil atau menjadi salah satu penentu yang dapat mempercepat seseorang untuk mengantuk.

5. Mencegah Penyakit Kuning

Ilustrasi Bayi (Foto: perfectmoments-photography.com)
perfectmoments-photography.com

Tahu nggak sih, menjemur bayi di pagi hari juga bisa mencegah penyakit kuning lho. Risiko masalah kesehatan yang disebabkan oleh pertumbuhan bilirubin dan fungsi hati yang nggak terkontrol ini akan berkurang.

Meskipun demikian, menjemur bayi nggak bisa dilakukan sembarangan lho. Pasalnya, kegiatan tersebut juga bisa mengundang masalah kesehatan apabila dilakukan dengan salah.

Baca juga: Tips Memandikan Bayi yang Perlu Diketahui oleh Orang Tua Baru, Coba Yuk!

Waktu yang disarankan untuk menjemur bayi yaitu diantara pukul 07.30 sampai 08.30 pagi. Selain itu, bayi harus tetap menggunakan pakaian dan pelindung mata seperti topi misalnya.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat menjemur bayi di pagi hari yang perlu kamu ketahui. Pernah melakukannya nggak?