Menstruasimu Tidak Teratur? Bisa Jadi 6 Hal ini Penyebabnya

21 September 2018, at 17:00
0
0
Menstruasimu Tidak Teratur? Bisa Jadi 6 Hal ini Penyebabnya

Menstruasi adalah sebuah siklus bulanan yang akan dialami oleh setiap wanita dewasa yang ditandai dengan keluarnya darah dari rahim. Umumnya, hal ini akan berlangsung antara 4 sampai 9 hari. Walaupun demikian, kadang bisa kurang dan lebih, tergantung dari produksi hormon seseorang.

Saat menstruasi datang, akan ada perubahan-perubahan kondisi pada setiap wanita, baik dalam fisik ataupun psikis. Kalau pada fisik, biasanya kebanyakan wanita akan merasakan beberapa rasa yang membuat tidak nyaman, seperti nyeri perut, pinggang, bahkan sampai payudara. Sedangkan secara psikis, menstruasi bisa membuat emosional menjadi kacau dan tidak stabil.

Namun, terlepas dari itu semua, ada sebuah keluhan yang sering dialami oleh kebanyakan wanita mengenai menstruasi. Keluhan tersebut adalah mens yang tidak teratur. Yap, mungkin kamu pernah merasakannya, bukan?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, siklus normal menstruasi pada wanita adalah satu bulan sekali, sekitar 25 sampai 31 hari dalam satu periode. Kalau sampai lebih cepat ataupun lebih lambat dari itu, maka itu menandakan bahwa menstruasi sedang tidak teratur.

Menstruasi tidak teratur memang sangat menyebalkan dan mengkhawatirkan. Selain membuat aktivitas menjadi terganggu karena takut datang tiba-tiba, menstruasi tidak teratur juga bisa mengindikasikan bahwa seseorang sedang mengalami masalah atau gangguan kesehatan di dalam tubuhnya. Oleh karenanya, walau terkesan sepele, sebaiknya kamu tidak pernah menyepelekan kondisi ini.

Nah, ketika kamu mengalami hal ini, alangkah baiknya jika kamu mencari tahu apa saja penyebab dari menstruasi tidak teratur. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa penyebabnya.

Baca juga : Menstruasimu Tidak Teratur? Waspadai Bahaya Berikut Ini!

1. Pola Makan

makan
portaldoholanda.com

Hal pertama yang mendasari menstruasi tidak lancar adalah karena pola makan yang tidak dijaga dengan baik. Seperti diketahui, menstruasi berhubungan langsung dengan hormon di dalam tubuh. Nah, hormon itu sendiri bisa bereproduksi dengan lancar ketika kamu menjaga pola makan sehat, seperti buah, sayur, ikan, dan makanan bernutrisi lainnya.

2. Kondisi Fisik

capek kerja
cv-library.co.uk

Selanjutnya, menstruasi tidak teratur juga bisa dikarenakan oleh kondisi tubuh yang sedang tidak baik. Biasanya, hal ini terjadi ketika seseorang sangat lelah akibat aktivitas sehari-hari sehingga hormon di dalam tubuh menjadi sangat terganggu. Oleh karenanya, batasi aktivitasmu dan jangan sampai memaksakan tubuh ya!

3. Stres

stres
rockingmama.id

Stres merupakan hal yang kerap kali menjadi biang kerok dari berbagai masalah kesehatan, salah satunya bisa memengaruhi siklus menstruasi. Sebab, ketika seseorang sedang stres, otak akan melepaskan sinyal yang akhirnya mengganggu produksi hormon di dalam tubuh. Untuk itu, kelola kondisi ini dengan baik agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Baca juga: Nyeri Haid Mengganggu Aktivitas Sehari-hari? Lakukan Cara Alami Ini Untuk Mengatasinya

4. Perubahan Berat badan

berat badan
kobieta.dziennik.pl

Ternyata berat badan juga berpengaruh dalam kelancaran siklus haid seseorang loh! Hal itu terbukti saat wanita mengalami perubahan berat badan yang drastis, maka siklus bulanannya akan menjadi tidak teratur. Oleh karenanya, jaga pola makanmu agar tidak mengalami perubahan, baik penurunan ataupun peningkatan yang drastis.

5. Penggunaan Alat Kontrasepsi

spiral
hellosehat.com

Mungkin hal ini berlaku bagi wanita yang sudah berkeluarga. Alat kontrasepsi di sini bukanlah tentang alat luar yang dipakai, melainkan yang ditanam di dalam tubuh, misalnya spiral. Sebab, alat kontrasepsi ini diklaim bisa membuat menstruasi tidak teratur, bahkan darah yang dikeluarkan menjadi lebih banyak.

6. Pertanda Penyakit

sakit rahim
vestyles.com

Nah, untuk hal ini adalah yang paling harus diperhatikan. Sebab, menstruasi tidak teratur juga bisa mengindikasikan seseorang sedang mengalami masalah serius pada rahim atau area kewanitaan. Salah satu risikonya adalah ovarium polikistik, yakni munculnya kista kecil pada indung telur sehingga menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

Sekarang sudah tahu kan, mengapa siklus menstruasimu tidak lancar? Untuk itu, selalu jaga kesehatan dan hindari beberapa hal yang membuat kondisimu semakin parah, ya! Ingat, kesehatan tubuh itu mahal, lho.

0 Comment