Menstruasimu Tidak Teratur? Waspadai Bahaya Berikut Ini!

06 July 2018, at 06:00
1
0
Menstruasimu Tidak Teratur? Waspadai Bahaya Berikut Ini!

Meski sebagian besar menganggap ketidakteraturan menstruasi adalah hal yang sepele, tapi sebaiknya jangan diremehkan begitu saja. Sebab, ternyata ada bahaya yang mungkin saja mengincar kesehatan akibat siklus menstruasi yang tidak teratur. Berikut ini penjelasannya.

 

medikoe.com

 

Masalah kesuburan

Ketidakteraturan menstruasi dapat berdampak pada masalah kesuburan wanita yang diidentikan dengan terjadinya proses ovulasi. Jika menstruasi tidak teratur, maka tentu saja tidak dapat diketahui dengan pasti kapan terjadinya periode masa subur. Gangguan inilah yang akhirnya menjadikan proses ovulasi menjadi terganggu, meski mungkin bukan berarti akan terjadi kemandulan.

 

Kanker rahim

Menstruasi yang tidak teratur bisa jadi merupakan salah satu pertanda awal terjadinya kanker rahim. Pada wanita yang belum mengalami menopause, kanker ini turut menyebabkan perdarahan di luar siklus menstruasi. Umumnya, kanker rahim sering ditemukan pada wanita dengan faktor risiko infertitas seperti sering merokok, minum alkohol, berat badan yang tidak seimbang, dan penderita diabetes melitus.

 

Polip rahim

Polip rahim adalah suatu kondisi di mana ada pertumbuhan benjolan dalam rongga rahim. Selain itu polip juga bisa ditemui pada mulut rahim atau serviks yang akan menyebabkan terjadinya perdarahan setelah berhubungan seksual. Meski polip merupakan tumor jinak, tetapi keberadaannya tidak bisa disepelekan begitu saja. Selain menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur, juga dapat berpengaruh pada gangguan kesuburan.

 

Sindrom Ovarium Polilistik

Sindrom Ovarium Polilistik merupakan kondisi di mana terdapat gangguan penyakit pada rahim yang mengakibatkan terjadinya masalah pada kesuburan. Kondisi yang terjadi sebagai dampak siklus haid yang tidak teratur ini diawali dengan gejala jumlah darah yang sedikit dan perubahan gejala fisik seperti tumbuhnya bulu yang lebat, wajah berminyak dan sering berjerawat sebagai akibat dari meningkatnya hormon androgen.

 

Kista ovarium

Seringkali para wanita tidak menyadari bahwa ada kista di dalam tubuhnya karena ukurannya yang kecil dan tidak menyebabkan masalah. Kista adalah tumor jinak yang berisi cairan kental dengan ukuran yang beragam tergantung dari tingkat keparahannya. Kista pada rahim biasanya bersarang di bagian folikel organ reproduksi wanita yang terjadi sebagai dampak siklus haid yang tidak teratur.

 

Jika kamu atau orang terdekatmu sering mengalami menstruasi yang tidak teratur, segera konsultasikan masalahmu pada dokter agar dapat diberikan penanganan yang tepat sedini mungkin.

0 Comment