Menurut Ahli Kecantikan, Begini Lho 6 Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

19 October 2019, at 18:00
0
0
Menurut Ahli Kecantikan, Begini Lho 6 Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Tahu nggak sih, skin barrier adalah bagian dari epidermis terluar yang membantu melindungi kulit wajah dari berbagai ancaman dari luar, seperti sinar UV, debu, polusi, bahan kimia, dan faktor eksternal lainnya supaya nggak masuk ke dalam pori kemudian memicu kerusakan.

Lebih lanjut lagi, skin barrier juga berperan dalam menjaga kadar air serta mencegah supaya kulit nggak kering dan sensitif. Tapi karena skincare yang bersifat sangat basa, over eksfoliasi, cuaca, hingga faktor usia, lapisan pelindung kulit ini bisa rusak dan membuat wajah jadi mudah iritasi.

Kalau kamu sedang mengalaminya, jangan khawatir dulu. Karena dilansir dari getthegloss.com, begini lho 6 cara memperbaiki skin barrier menurut para ahli kecantikan yang bisa langsung dicoba. Apa saja?

1. Pangkas skincare yang kamu pakai

memakai produk perawatan kulit
instagram.com/innisfreeofficial

Semakin banyak skincare yang dipakai belum tentu hasil yang didapat akan maksimal. Bahkan tanpa disadari, terkadang sederet produk perawatanmu ternyata punya kandungan yang memicu kerusakan pada skin barrier.

Sebagai langkah awal dalam memperbaiki skin barrier, coba singkirkan skincare yang mengandung alkohol, astringents, witch hazel, SLS, dan salicylic acid.

Karena beberapa kandungan tersebut malah menghilangkan minyak alami kulit dan membuat skin barrier-mu kering dan mudah teriritasi.

2. Hentikan pemakaian produk eksfoliator

memakai cleansing brush
mycozyroom.com.sg

Physical exfoliant atau chemical exfoliant memang dibutuhkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati supaya wajahmu terlihat glowing. Tapi kalau skin barrier-mu rusak, baiknya hentikan pemakaiannya dulu.

Cara kerjanya yang akan mengikis sel-sel kulit mati, justru bisa membuat kulitmu semakin tipis dan sensitif.

3. Fokus pada skincare yang bersifat melembabkan

memakai pelembab wajah
instagram.com/glowrecipe

Untuk mengembalikan kondisi skin barrier, baiknya fokus saja pada skincare yang bersifat melembabkan. Seperti contohnya produk perawatan yang mengandung niacinamide, linoleic acid, dan sunflower oil.

Bahan-bahan skincare tersebut dikenal sebagai moisturising agent yang ampuh untuk memperbaiki skin barrier. Selain itu, niacinamide sendiri juga bisa memicu produksi ceramide yang diperlukan oleh kulit yang kering.

Baca juga: 6 Skincare Berbahan Niacinamide yang Bagus untuk Bikin Wajah Cerah dan Glowing

4. Pakai skincare yang kaya antioksidan

memakai skincare yang mengandung green tea
instagram.com/innisfreeusa

Seperti yang disinggung sebelumnya, skin barrier bisa rusak karena debu, polusi, dan sinar uv. Sebagai solusinya, kamu perlu mengaplikasikan skincare yang kaya akan antioksidan.

Salah satu contohnya adalah skincare berbahan green tea yang saat ini mudah banget ditemukan di pasaran. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan produk perawatan yang diperkaya dengan vitamin E, A, dan C dalam rutinitasmu sehari-hari.

5. Hindari stres

stres
instagram.com/luxcrime_id

Selain skincare, memperbaiki skin barrier yang rusak juga harus didukung dengan jiwa dan raga yang sehat. Karena seperti yang diketahui, tingkat stres yang tinggi juga bisa memperlambat penyembuhan kulit lho.

Cobalah untuk mengurangi stres dengan cara melakukan yoga, jalan santai, atau meditasi.

6. Perbaiki menu makananmu

makanan yang mengandung omega
pregistry.com

Cara memperbaiki skin barrier yang terakhir adalah dengan makanan. Mulai sekarang, coba deh perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak esensial, omega, jahe, buah-buahan berwarna cerah dan sayuran.

Nutrisi dari makanan tersebut mampu memperbaiki kondisi skin barrier yang rusak hingga mencegah supaya kadar air dalam kulit nggak mudah hilang.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki skin barrier yang rusak. Selamat mencoba!

0 Comment