Menurut Para Ahli, Ini Cara Diet Golongan Darah O yang Paling Tepat

12 September 2019, at 17:00
0
0
Menurut Para Ahli, Ini Cara Diet Golongan Darah O yang Paling Tepat

Memiliki tubuh sehat dan berat badan yang ideal bisa jadi merupakan impian semua orang. Akan tetapi, nggak sedikit yang kesulitan dalam mewujudkan hal tersebut.

Pasalnya, setiap tubuh memiliki kondisi berbeda-beda sehingga metode diet yang tepat bagi masing-masing orang seharusnya berbeda.

Buat kamu yang memiliki golongan darah O, berikut ini metode diet yang bisa kamu terapkan menurut para ahli. Penasaran?

1. Apa Itu Diet Golongan Darah?

diet golongan darah
30seconds.com

Ada berbagai metode diet di dunia, salah satunya adalah diet golongan darah yang dipopulerkan oleh Peter J. D’Adamo. Naturopath ini percaya bahwa golongan darah bisa memengaruhi sistem pencernaan.

Diet golongan darah yang dimaksudkan untuk menjaga kesehatan dan menurutkan risiko penyakit ini membagi makanan ke dalam tiga kategori.

Pertama, makanan bermanfaat yang baik untuk kesehatan; dua, makanan netral yang dikonsumsi sebagai asupan tubuh; dan tiga, makanan yang harus dihindari karena dianggap sebagai racun.

2. Fakta Golongan Darah O

fakta golongan darah o
carterbloodcare.org

Meskipun diet golongan darah belum benar-benar dibuktikan secara ilmiah, namun beberapa fakta tentang golongan darah O ini bisa menguatkan teori tersebut.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa orang dengan golongan darah O memiliki saluran cerna dan sistem kekebalan tubuh yang baik. Sehingga, sangat direkomendasikan untuk melakukan diet tinggi protein.

3. Pola Makan Diet Golongan Darah O

menu diet sehat
pexels.com/@rawpixel

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, berikut ini makanan yang disarankan untuk dikonsumsi dan sebaiknya di hindari saat menjalankan diet golongan darah O.

  • Daging dan ikan

Daging dan ikan merupakan sumber protein hewani yang dapat membantu menurunkan berat badan saat menjalani diet. Bagi orang dengan golongan darah O, sangat disarankan untuk mengonsumsi daging sapi, domba, ikan kod, ikan haring, dan makarel.

Sedangkan beberapa jenis daging dan ikan seperti daging babi, bacon, ham, ikan lele, kaviar, serta gurita sebaiknya dihindari.

Baca Juga: Ini Caranya Diet dengan Minum air Putih, Dijamin Kurus!

  • Buah dan Sayuran

makan buah dan sayuran
healthytruth.com

Buah dan sayuran merupakan dua hal yang nggak pernah absen saat berbicara tentang diet atau hidup sehat. Bagi golongan darah O, buah yang bermanfaat adalah mangga dan pisang. Sedangkan kiwi, kelapa, stroberi, jeruk, blewah dan melon sebaiknya dihindari.

Untuk sayuran, kamu bisa lebih rajin mengonsumsi seledri, daun bawang, kangkung, brokoli, buncis, dan bayam. Cobalah untuk menghindari sawi hijau, kubis, kentang, terong, jagung, dan kembang kol.

  • Kacang dan Biji-bijian

kacang
pexels.com/@shattha-pilabut-38930

Menjalankan diet golongan darah O, kamu perlu menghindari berbagai jenis kacang dan biji-bijian. Usahakan juga untuk membatasi konsumsi nasi ya!

Selain itu, kamu juga perlu menghindari kacang merah, jagung, dan gandum yang memiliki risiko memicu alergi.

4. Olahraga untuk Golongan Darah O

lari
pexels.com/@pixabay

Diet golongan darah O bukan hanya tentang pengaturan pola makan. Bagaimana pun, kamu tetap harus menyeimbangkannya dengan melakukan olahraga rutin.

Jenis olahraga yang paling cocok bagi kamu yang memiliki golongan darah ini adalah berlari karena dapat melatih ketahanan tubuh.

5. Sumplemen untuk Golongan Darah O

minum suplemen
123rf.com

Selain mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga, diet golongan darah O juga menyarankan kamu untuk mengonsumsi suplemen, khususnya vitamin B.

Kamu juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen kalsium dibandingkan mengonsumsi susu karena dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

Itulah cara diet golongan darah O menurut para ahli yang bisa kamu terapkan. Nggak sulit kan Sobat Qupas?

0 Comment