Menurut Penelitian, Kegiatan Sepele Ini Efektif Tingkatkan Kedekatan Ibu dan Anak Perempuan

17 October 2019, at 18:00
0
0
Menurut Penelitian, Kegiatan Sepele Ini Efektif Tingkatkan Kedekatan Ibu dan Anak Perempuan

Orang tua mana sih yang nggak ingin akrab dengan buah hatinya? Terutama bagi seorang ibu, memiliki hubungan dekat dengan anak perempuan merupakan salah satu hal yang paling diidamkan.

Sebenarnya, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk menciptakan bonding antara ibu dan anak perempuan. Akan tetapi, nggak semuanya efektif dan memiliki dampak yang besar.

Dilansir dari laman thehealthy.com, sebuah penelian yang dilakukan oleh University of Illinois menyebutkan bahwa berjalan-jalan di alam terbuka terbukti efektif meningkatkan kedekatan antara ibu dan anak perempuan.

menciptakan bonding
pexels.com/@anafrancisconi

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Family Theory & Review tersebut menemukan bahwa menghabiskan waktu bersama di alam terbuka bisa mengurangi kelelahan secara mental dan meningkatkan perhatian pada masing-masing individu.

Baca Juga: Memandikan Bayi, Cara Sederhana Ciptakan Bonding Antara Ibu dan Buah Hati

Studi ini melibatkan 27 pasangan ibu dan anak perempuan dengan usia 10 sampai 12 tahun. Masing-masing dari mereka diminta untuk berjalan kaki selama 20 menit, sebagian di alam terbuka dan sisanya di mall.

ibu dan anak perempuan
pexels.com/@anastasiya-gepp-654466

Nggak hanya jalan-jalan, 27 pasang ibu dan anak tersebut kemudian juga diminta untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi, dalam hal ini mengerjakan soal matematika selama 10 menit.

Setelah dipengujian dan observasi terhadap interaksi yang terjadi, ditemukan bahwa pasangan ibu dan anak perempuan yang diminta untuk jalan-jalan di alam terbuka memiliki interaksi yang lebih baik, positif, dan akrab.

Kondisi tersebut membuat para peneliti menarik kesimpulan bahwa alam terbuka membuat seseorang menjadi lebih baik dalam hal mengontrol diri sehingga interaksi yang terjadi interpersonal juga menjadi lebih berkualitas.

keluarga
pexels.com/@pixabay

Lebih dari itu, jalan-jalan di alam terbuka nggak hanya berdampak positif pada hubungan ibu dan anak perempuan, namun juga dapat menciptakan bonding bagi seluruh anggota keluarga.

Selain itu, kegiatan sepele tersebut juga bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental lho! Jadi kapan nih Sobat Qupas menjadwalkan jalan-jalan di alam terbuka bersama keluarga?

0 Comment