Menurut Penelitian, Kisah Cinta Ibumu Memengaruhi Cerita Asmaramu, Lho!

03 January 2019, pada 01:00
1
0
Menurut Penelitian, Kisah Cinta Ibumu Memengaruhi Cerita Asmaramu, Lho!

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi kisah cintamu dan pasangan. Bisa lingkungan, kebiasaan, pengalaman dalam hubungan yang mempengaruhi tindakan dalam menghadapi masalah dan lain sebagainya.

Tidak banyak orang yang tahu jika kisah cinta ibu zaman dulu juga bisa mempengaruhi bagaimana cerita asmara anaknya. Percaya atau tidak, hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian, lho. Yuk simak penjelasannya.

1. Mewarisi Sifat

ibu
pexels.com/@pixabay

Seorang peneliti dari Human Sciences and Sociology di Ohio State University yang bernama Claire Kamp Dush menyebutkan bahwa seorang ibu mampu mewariskan beberapa sifat kepada anak-anaknya. Pewarisan sifat ini bukan hanya dalam bentuk fisik saja, akan tetapi juga pada sifatnya.

anak
pexels.com/@olly

Sifat yang diturunkan tersebut bisa mempengaruhi hubunganmu dengan pasangan saat ini. Hal ini karena berhubungan dengan bagaimana kamu memperlakukan pasangan. Namun untuk dampak baik atau buruknya, semua tergantung pada sifat yang diturunkan tersebut.

2. Jika Kamu dan Pasangan Banyak Bertengkar, Kemungkinan Ibumu Juga Begitu Dulu

ibumu dan pasangan
pexels.com/@freestocks

Sebuah study tentang Marriage & Family Review menyatakan bahwa ibu yang dulu pernah mengalami konflik level tinggi dalam kisah cintanya dulu kemungkinan bisa berdampak pada kisah cintamu saat ini.

kamu dan pasangan
pexels.com/@d-ng-nhan-324384

Konflik tersebut dapat meliputi pertengkaran, terlibat masalah finansial dengan pasangan, atau bahkan perpisahan. Maka dari itu, jika kamu sering bertengkar dengan pasangan, ada kemungkinan bahwa ibumu juga pernah mengalami hal yang sama.

3. Saat Mendengar Kisah Cinta Ibu, Kamu Menjadikannya Patokan

kamu dan ibu
pexels.com/@rawpixel

Kamu dan ibumu pasti sering berbagi cerita tentang berbagai hal, termasuk kisah percintaan kalian. Ibumu mungkin juga akan menceritakan bagaimana hubungan asmaranya dulu.

Meskipun gaya pacarannya pasti berbeda sekali denganmu karena kalian berbeda zaman, akan tetapi secara tidak sengaja kamu akan membuat patokan-patokan dari cerita tersebut.

kamu dan ibu bercerita
pexels.com/@buro-millennial-636760

Jika kamu diam-diam mengalami hal yang sama seperti yang diceritakan ibumu, bisa jadi kamu akan meniru atau menggunakan cara yang juga dilakukan oleh ibumu dulu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Baca Juga: 8 Alasan Anak Pertama bisa Jadi Pasangan Terbaik dalam Percintaan

4. Meniru Setiap Gerak Gerik Ibu

meniru setiap gerak ibu
pexels.com/@andersonguerra

Anak akan meniru segala hal yang dilakukan oleh orang terdekat di sekitarnya. Dalam hal ini kebanyakan anak akan melakukan hal yang sama seperti orang tua atau ibu.

Setelah dewasa, secara tidak langsung kamu masih akan tetap melakukan hal yang sama, yaitu meniru ibumu.

meniru setiap gerak gerik ibu
pexels.com/@mentatdgt-330508

Bedanya, ketika sudah dewasa kamu tidak lagi meniru semuanya secara mentah, malainkan sudah bisa memilah atau memfilter mana yang harus kamu contoh dan mana yang sebaiknya tidak perlu kamu lakukan.

5. “Buah Jatuh Tak Jauh dari Pohonnya”

pepatah buah jatuh tak jauh dari pohonnya
pexels.com/@pixabay

Semua hal tersebut, mulai dari pewarisan sifat lewat gen, membuat patokan masalah percintaan lewat cerita cinta ibu sampai secara tidak sengaja mengadopsi sifat-sifat dari ibu, merupakan bukti dari pepatah yang mengatakan bahwa buat jatuh tidak jauh dari pohonnya.

buah jatuh tak jauh dari pohonnya
pexels.com/@hillaryfox

Kalau ibumu merupakan orang yang lemah lembut, kemungkinan besar kamu juga akan seperti itu. Demikian juga bila ibumu merupakan orang yang pencemburu, maka kamu juga akan mengadopsinya.

Jika kamu merupakan anak yang dekat dengan ibunya, maka kemungkinan besar 5 hal tersebut akan terjadi. Mungkin kamu dan ibu tidak akan menyadari hal tersebut. Tetapi jika dicocokkan bisa jadi banyak kesamaan diantara kalian.

Meskipun sudah terbukti dalam penelitian, akan tetapi semua itu masih bisa berubah tergantung pada kedekatanmu dengan ibu dan bagaimana lingkunganmu.

0 Komentar