Menurut Penelitian, Minum Teh Panas Bisa Sebabkan Kanker Kerongkongan. Benarkah?

31 March 2019, at 00:00
0
0
Menurut Penelitian, Minum Teh Panas Bisa Sebabkan Kanker Kerongkongan. Benarkah?

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Tiongkok membuat banyak orang terkejut. Pasalnya, studi tersebut mengungkapkan bahwa mengonsumsi teh panas bisa menyebabkan kanker kerongkongan.

Selain itu, teh merupakan minuman kesukaan banyak orang di seluruh dunia. Hal tersebut pun membuat beberapa pihak bertanya-tanya dengan kebenaran dari penelitian tersebut.

Bagaimana tidak, teh terkenal dengan kandungan antioksidannya yang mampu menangkal radikal bebas dan berbagai penyakit.

Baca Juga: Suka Kopi dan Teh? Perhatikan, Ini Tanda Tubuhmu Sudah Overdosis Kafein

Namun ternyata, air teh yang memiliki suhu lebih panas dari 65 derajat Celcius dapat menyebabkan luka pada lapisan kerongkongan yang berfungsi sebagai perlindungan terhadap racun berbahaya dari makanan.

teh panas
pexels.com/@julia-sakelli-259751

Pakar kesehatan bernama Farhad Islami dari Tehran University of Medical Sciences menyebutkan bahwa orang yang sering mengonsumsi teh sangat panas memiliki risiko 8 kali lebih besar daripada yang tidak.

Fakta tersebut didapatkan setelah mengamati 300 penderita kanker kerongkongan dan 571 orang dalam keadaan sehat.

Menakutkan memang, namun bukan berarti kamu tidak bisa mengonsumsi teh panas lagi dan tidak perlu terlalu khawatir terhadap hal ini.

minum teh panas menyebabkan kanker kerongkongan
pexels.com/@pixabay

Pada kenyataannya, kebanyakan air yang dipakai untuk menyeduh teh tidak mencapai suhu 65 derajat Celcius.

Apabila masih ragu, kamu bisa menunggu sekitar empat menit sampai teh menjadi hangat agar lebih nyaman untuk mengonsumsinya.

Baca Juga: Minum Teh dan Beberapa Kebiasaan Sederhana yang Bisa Menjadi Detoks Alami Tubuh

Lagi pula, memaksakan diri untuk minum teh yang terlalu panas akan membuat lidah terbakar dan menjadi mati rasa. Sehingga orang-orang cenderung menghindari hal tersebut.

Meskipun teh yang sangat panas memang dapat menjadi penyebab kanker kerongkongan, akan tetapi tidak perlu terlalu mengkhawatirkan hal tersebut asalkan mengonsumsinya dalam keadaan hangat.

teh panas sebabkan kanker kerongkongan
pexels.com/@olly

Selain itu, kanker kerongkongan atau kanker esophagus lebih sering menyerang orang tua dengan usia 60 sampai 70 tahun. Dalam hal ini, laki-laki memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan perempuan.

Walau begitu, tidak ada salahnya berjaga-jaga demi kesehatan sejak usia muda. Kalau Sobat Qupas, lebih suka minum teh panas, hangat, atau dingin?

0 Comment