Menurut Penelitian, Pasangan yang Berbagi Pekerjaan Rumah Akan Lebih Bahagia

04 March 2019, at 17:00
0
0
Menurut Penelitian, Pasangan yang Berbagi Pekerjaan Rumah Akan Lebih Bahagia

Pada umumnya, khususnya di Indonesia, pekerjaan rumah seringkali dibebankan hanya kepada satu pihak yaitu istri. Suami atau laki-laki hanya bertugas untuk mencari nafkah. Sedangkan istri yang bekerja sekali pun tetap bertugas ganda dalam pekerjaan rumah tangga.

Padahal, menurut penelitian Profesor Erin Holmes dari Brigram Young University, pasangan suami istri yang berbagi pekerjaan rumah dan melakukannya bersama akan merasa lebih puas.

Melakukan hal tersebut bersama akan membuat pasangan lebih bahagia, begini penjelasannya.

Baca Juga: Pasangan yang Sering Bertengkar Justru Lebih Bahagia, Begini Penjelasannya

1. Saling Mengerti

saling mengerti
hellosehat.com

Suami yang membantu istrinya dalam hal rumah tangga akan mengerti bagaimana rasanya mengurus tugas rumah yang begitu banyak.

Tidak hanya itu, suami juga akan lebih bisa memahami istri tentang apa yang menjadi keluhan dan yang ia khawatirkan selama ini.

suami istri saling mengerti
pexels.com/@inna-lesyk-67454

Disisi lain, istri akan merasa sangat terbantu dan bebannya menjadi lebih ringan. Hal ini secara tidak langsung akan membuat tingkat stres dan lain sebagainya menjadi berkurang.

Selain itu, perempuan juga akan merasa bahwa suaminya sangat memahami dan mengerti keadaannya dengan melakukan hal tersebut.

2. Komunikasi yang Baik

komunikasi yang baik
pexels.com/@duardoiv

Mungkin banyak orang yang masih belum berbagi pekerjaan rumah dengan suami. Bisa jadi hal tersebut terjadi karena komunikasi yang kurang diantara keduanya.

komunikasi yang baik antara suami dan istri
hellosehat.com

Istri biasanya akan merasa enggan untuk meminta tolong kepada suami karena takut dengan penolakan yang bisa terjadi. Padahal, sebenarnya ia sedang terbebani dan membutuhkan bantuan dan mungkin saja suaminya tidak akan menolak.

Dengan berbagi pekerjaan rumah tangga, maka hubungan suami istri akan lebih terbuka dan komunikasi bisa berjalan dengan lancar.

3. Menghabiskan Waktu Bersama

menghabiskan waktu bersama
pexels.com/@pixabay

Kesibukan seringkali membuat pasangan suami istri hanya bertemu dalam waktu yang singkat. Itupun dalam keadaan yang sudah sama-sama capek dan butuh istirahat.

Dengan berbagi pekerjaan rumah, di hari libur mungkin saja keduanya bisa bersama-sama membersihkan rumah dan menghabiskan waktu bersama.

menghabiskan waktu bersama pasangan
pexels.com/@duardoiv

Hal-hal yang sebelumnya tidak terungkapkan atau belum sempat diceritakan bisa tertuang ketika sedang bekerja bersama.

Memasak bersama juga bisa menjadi salah satu kegiatan asyik karena bisa sambil bercerita dan lain sebagainya.

Baca Juga: Gak Perlu Minder Jika Penghasilan Istri Lebih Besar, Begini Alasannya

4. Meminimalisir Kesalahpahaman

meminimalisir kesalahpahaman
hellosehat.com

Siapa sangka, kegiatan yang terlihat sepele ini dapat meminimalisir adanya kesalahpahaman diantara suami dan istri.

Dengan mengerjakan pekerjaan rumah bersama-sama, komunikasi akan membaik. Hal inilah yang menyebabkan kesalahpahaman juga akan berkurang.

meminimalisir kesalahpahaman dengan pasangan
pexels.com/@rawpixel

Suami yang bertugas menafkahi istri juga akan lebih mengerti kondisi keuangan yang dibutuhkan untuk berbelanja dan lain sebagainya.

5. Ada Rasa Kepuasan

ada rasa kepuasan
pexels.com/@pixabay

Pasangan yang berbagi tugas rumah tangga akan lebih bahagia karena keduanya akan mendapatkan kepuasaan saat melakukannya. Apalagi jika hal tersebut dilakukan bersama-sama.

Istri akan merasa puas lantaran bisa mengahabiskan waktu lebih banyak dengan suami dan merasa bebannya berkurang. Tidak hanya itu, istri juga merasakan kepuasan karena merasa disayang dan dipahami oleh suaminya.

memiliki rasa kepuasan
pexels.com/@rawpixel

Suami juga demikian, akan senang mengahabiskan waktu bersama istri. Ia akan mendapatkan kepuasan karena bisa membantu dan meringankan beban wanita yang dicintai.

Nah, itu dia 5 alasan mengapa suami dan istri yang berbagi dan melakukan tugas rumah tangga bersama akan lebih bahagia. Untuk suami, jangan ragu membantu istri. Untuk istri, jangan sungkan meminta tolong pada suami.

0 Comment