Menurut Penelitian, Polusi Udara Bikin Kamu Nggak Bahagia Lho!

03 December 2019, at 10:00
0
0
Menurut Penelitian, Polusi Udara Bikin Kamu Nggak Bahagia Lho!

Polusi udara yang biasanya terjadi di kota-kota besar memang bukan sesuatu yang bisa disepelakan. Selain mengganggu aktivitas sehari-hari, kondisi tersebut juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lho.

Mulai dari iritasi mata, gangguan pernapasan, sampai masalah kesehatan jantung pun bisa mengintaimu apabila sering terpapar polusi udara.

Baru-baru ini, sebuah penelitian menemukan bahwa dampak polusi udara bukan hanya perihal masalah kesehatan. Akan tetapi, hal tersebut juga dapat memengaruhi kebahagiaan.

polusi udara
cbsnews.com

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Human Behaviour ini menunjukkan bahwa polusi udara bikin kamu nggak bahagia lho!

Baca Juga: 6 Dampak Serius Ketika Kamu Sering Terkena Polusi Udara

Mendukung pernyataan tersebut, sebuah studi yang dilakukan oleh BMC Public Health memperlihatkan efek dari kandungan partikel dan nitrogen dioksida yang terdapat pada polusi udara terhadap perliku negatif.

Hal tersebut terjadi karena kedua zat di atas menyebabkan peningkatkan tekanan akibat oksidasi dan peradangan di otak.

fakta polusi udara
gettyimages.com

Studi yang dilakukan oleh Siqi Zeng, dosen di Departement of Urban Studies and Planning Massachusetts Institute of Technology ini menggunakan data media sosial dari masyarakat yang tersebar pada 144 kota di Tiongkok.

Setelah menganalisis 120 juta postingan di platform Sina Weibo yang diunggah pada Maret sampai November 2014, peneliti menemukan korelasi yang jelas antara indeks polusi udara dengan kebahagiaan masyarakat yang terpapar.

Hasilnya, udara yang tercemar memicu seseorang melakukan tindakan impulsif yang berisiko. Hal tersebut menyebabkan kebanyakan orang mengambil tindakan atau keputusan yang kurang rasional sehingga akan menyesal kemudian.

gangguan kecemasan
shutterstock.com

Dampak polusi udara seperti ini nantinya dapat menimbulkan gangguan kecemasan hingga depresi. Dalam studi tersebut, disebutkan bahwa perempuan lebih terdampak oleh polusi udara dibandingkan dengan laki-laki.

Wah, nggak nyangka ya kalau polusi udara bisa memiliki dampak yang sedemikian rupa. Mulai hati-hati ya Sobat Qupas!

0 Comment