Menyaksikan Estetika Candi Ratu Boko, Wisata Jogja yang Punya Nilai Sejarah

04 March 2019, at 11:00
0
0
Menyaksikan Estetika Candi Ratu Boko, Wisata Jogja yang Punya Nilai Sejarah

Pariwisata Jogja selalu saja berhasil menarik perhatian para traveler. Mulai dari sajian alam, budaha hingga hal-hal yang berkaitan dengan sejarah di wilayah ini memang punya daya pikat tersendiri.

Salah satunya saja Candi Ratu Boko. Tempat ini membuktikan bahwa wisata di Jogja yang berkaitan dengan sejarah tetap hits hingga sekarang dan layak untuk terus dilestarikan.

Nah, untuk kamu yang sudah punya rencana liburan ke Jogja, nggak ada salahnya untuk mampir ke wisata Candi Ratu Boko. Karena sambil mengenal sejarah, kamu juga bisa menikmati kecantikan bangunannya.

Baca juga: Liburan ke Jogja? Jangan Lupa Mampir ke Deretan Tempat yang Suguhkan Pemandangan Alam Memikat Ini

Seperti ulasan Qupas yang dirangkum dari beberapa sumber berikut ini. Yuk, langsung simak saja!

1. Candi Ratu Boko Punya Nilai Sejarah

wisata jogja candi ratu boko
instagram.com/deny_salotip

Tempat ini sebenarnya bukan candi, melainkan reruntuhan sebuah kerajaan. Oleh karenanya, wisata sejarah di Jogja ini kerap disebut juga sebagai Kraton Ratu Boko.

Menurut legenda, situs ini merupakan istana Ratu Boko, ayah dari Lara Jonggrang. Bangunan ini diperkirakan telah didirikan pada abad ke-18 oleh Wangsa Syailendra yang beragama Buddha.

Kemudian diambil alih oleh raja-raja Mataram Hindu. Peralihan inilah yang menyebabkan Kraton Boko dipengaruhi oleh Hinduisme dan Buddhisme.

candi ratu boko jogja
instagram.com/tom_sikuncipas

Dalam Kraton Ratu Boko ditemukan Prasasti Abhayagiriwihara yang berangka 792 M. Isinya sendiri mendasari dugaan bahwa situs ini dibangun oleh Rakai Panangkaran yang mengundurkan diri dari Raja Mataram demi mendapatkan ketenangan.

Candi Ratu Boko sendiri merupakan peninggalan Agama Budha karena Rakai Panangkarang menganut kepercayaan tersebut. Hal tersebut diketahui dengan adanya Arca Dyani Budha.

Tapi situs tersebut juga bisa disebut peninggalan agama Hindu karena ditemukan pula Arca Durga, Yoni dan Ganesha.

2. Arsitektur Candi Ratu Boko yang Cantik

wisata candi ratu boko jogja
instagram.com/syammr

Candi Ratu Boko berada di atas lahan yang cukup luas dan terdiri dari beberapa kelompok bangunan, seperti:

  • Gerbang: Letaknya di sisi barat dan ada di tempat yang cukup tinggi. Kamu harus melalui jalan menanjak sejauh 100 meter. Terdapat 2 gerbvang, yakni bagian luar dan dalam. Bagian dalam ukurannya lebih besar dari gerbang utama.
  • Candi Batukapur: Terdapat pula fondasi berukuran 5x5 meter persegi yang dibangun dari batu kapur. Letaknya sekitar 45 meter dari gerbang pertama ke arah timur laut.
  • Candi PemBokoran: Berbentuk teras tanah berundak setinggi 3 meter. Letaknya sekitar 37 meter ke arah timur laut gerbang utama. Di sini, terdapat semacam sumur berbentuk bujur sangkar yang digunakan sebagai tempat pemBokoran mayat. Terdapat pula sumur tua yang konon merupakan sumber air suci. Lokasinya di sudut tenggara candi pemBokoran.

wisata candi ratu boko
instagram.com/anisadheaa

Lebih ke dalam, kamu juga akan menemukan beberapa bangunan lain, seperti:

  • Paseban: Dalam Bahasa Jawa, paseban berarti tempat menghadap raja. Letaknya sekitar 45 meter arah selatan dari gapura. Bangunan ini merupakan teras yang dibangun dari batu andesit. Ada tangga naik ke lantai paseban terletak di sisi barat.
  • Pendapa: Dalam Bahasa Jawa, pendapa berarti ruang tamu. Di luar dinding pendapa, ada teras batu yang masih utuh. Ujungnya ada 3 buah candi kecil yang digunakan sebagai tempat pemujaan. Sementara bangunan di tengah dengan ukuran lebih besar merupakan area untuk memuja Dewa Wisnu. Kedua candi yang mengapitnya merupakan tempat pemujaan Syiwa dan Brahma.
  • Keputren: Tempat tinggal para putri yang letaknya di timur pendapa.
  • Gua:Tepat di lereng bukit kawasan Ratu Boko, ada Gua Lanang dan Gua Wadon (gua laki-laki dan perempuan). Di dalamnya, yakni masing-masing di sisi kiri, kanan dan belakang terdapat relung seperti bilik.

Sebagian besar di antara bangunan-bangunan tersebut memang sekarang berupa reruntuhan. Namun semua itu nggak meninggalkan kesan eksotis. Ayo mampir ke objek wisata di Jogja ini!

Baca juga: Cantiknya Keraton Jogja yang Bikin Kamu Nggak Lupa Soal Nilai Sejarahnya

3. Menikmati Estetika Ratu Boko dari Sisi Lain

candi ratu boko
instagram.com/galangwnie

Situs Ratu Boko terletak di atas bukit dengan ketinggian 200 mdpl. Kompleks bangunan di tempat ini pun cukup lengkap, karena terdiri dari pintu gerbang, pendapa, tempat tinggal, dan lain sebagainya.

Selain menengok nilai sejarah dan estetika bangunannya, kamu juga bisa menyaksikan hamparan sawah atau bahkan kereta api yang tengah melintas di atas area ini.

Pesona tempat wisata Jogja ini juga kian bertambah dengan udara yang sejuk. Hal ini karena ada banyak pepohonan dan rumput-rumput hijau di sekitarnya.

Satu lagi yang nggak boleh dilewatkan saat berada di Wisata Ratu Boko, yakni pemandangan matahari tenggelam atau sunset di Jogja.

tempat wisata jogja candi ratu boko
instagram.com/kiizkyy

Cantiknya warna kuning kemerahan yang menghiasi langit Jogja rasanya sayang untuk kamu lewatkan. Untuk para pemburu foto, momen ini memang patut ditunggu-tunggu.

Tapi momen tersebut terkadang adalah sebuah keberuntungan. Sebab biasanya jkabut dan awan akan menyelimuti area ini.

Kendati demikian, kamu nggak perlu kecewa kalau belum bisa menyaksikan keindahan sunset di sini. Sebab ada banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di sini, seperti:

  • Berkemah
  • Trekking
  • Menikmati paket wisata edukatif Jogja, dan lain sebagainya.

Jadi bagaimana, masih ragu untuk memilih Candi Ratu Boko sebagai paket wisata Jogja ketika liburan ke Kota Gudeg ini?

4. Lokasi dan Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

wisata ratu boko jogja
instagram.com/andreisiburian

Lokasi Candi Ratu Boko ada di Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Jogja. Dari arah Kota Jogja, kamu tinggal mengambil Jalan Solo sampai tiba di lampu merah pertigaan Pasar Prambanan.

Beloklah ke kanan dan berjalan sekitar 3 kilometer. Dari sini, kamu pun akan menemukan papan petunjuk yang akan mengarahkanmu ke titik lokasi.

Soal harga tiket masuk Situs Ratu Boko, kamu hanya perlu menyediakan budget dari Rp30.000,00-Rp40.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu). Ini merupakan tiket terusan yang bisa dibeli dari Candi Prambanan. Menarik, kan?

Apalagi dengan tiket terusan ini, kamu bisa naik Shuttle Bus yang akan mengantarmu dari Candi Prambanan menuju Keraton Ratu Boko (PP).

tempat wisata ratu boko jogja
instagram.com/witaadelina

Perlu kamu ingat, alat transportsi tersebut hanya beroperasi sampai 16.00 WIB saja. Jadi lebih baik mampir ke Keraton Ratu Boko dulu, kemudian baru menikmati Candio Prambanan.

Ingin langsung ke Situs Ratu Boko tanpa mampir ke Candi Prambanan? Maka kamu perlu membayar tiket masuk senilai Rp25.000,00 (di atas usia 6 tahun) dan Rp10.000,00 (di bawah umur 6 tahun).

Harga ke wisata Jogja tersebut memang nggak terlalu murah. Hal ini karena dana dari tiket tersebut digunakan untuk merawat peninggalan keraton yang usianya sudah ratusan tahun.

Baca juga: Yuk Mampir ke Wisata Jogja Terbaru yang Eksotis Ini!

Gimana, semakin tertarik untuk liburan ke Candi Ratu Boko, kan? Dijamin nggak akan menyesal kok. Apalagi selain mendapatkan spot foto instagramable, kamu juga bisa mengetahui banyak hal tentang sejarah.

0 Comment