Menyaksikan Indahnya Geopark Ciletuh dari Puncak Darma, Kapan Kamu Mampir?

17 October 2019, at 11:00
0
0
Menyaksikan Indahnya Geopark Ciletuh dari Puncak Darma, Kapan Kamu Mampir?

Nama Geopark Ciletuh pasti sudah nggak asing lagi buat para traveler. Apalagi destinasi ini adalah salah satu primadona di Sukabumi, Jawa Barat.

Di berbagai sudutnya, kawasan Geopark Ciletuh menyajikan panorama alam yang memikat mata. Termasuk saat dilihat dari atas Puncak Darma.

Wisata puncak ini pun bukan cuma menyajikan pemandangan Geopark Ciletuh dari ketinggian. Ada banyak keistimewaan yang bakal kamu dapat. Penasaran apa saja itu? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Menikmati teluk berbentuk tapal kuda

puncak darma
instagram.com/amelalvireal

Sebelum menyibak keindahan Geopark Ciletuh, biasanya traveler mampir dulu di Puncak Darma. Salah satu panorama yang bisa dilihat dari wisata Sukabumi ini adalah Teluk Ciletuh yang bentuknya menyerupai tapal kuda.

Indahnya tebing, hamparan sawah, hingga wisata pantai Geopark Ciletuh juga bisa kamu nikmati dari atas Puncak Darma yang berada di ketinggian sekira 230 mdpl ini, lho.

2. Spot keren untuk saksikan sunset

puncak darma sukabumi
instagram.com/bagasfeka

Selain panorama alam dari ketinggian, dramatisnya matahari tenggelam alias sunset juga bisa kamu saksikan di sini karena memang Puncak Darma menghadap ke barat. Matahari akan terbenam di tengah teluk. Sementara gemerlap lampu di kawasan Geopark Ciletuh mengganti guratan senja yang cantik.

Menariknya lagi, di destinasi wisata Sukabumi ini kamu juga bisa mendirikan tenda, lho. Setelah menikmati indahnya sunset, menjelang pagi panorama matahari terbit bakal tersaji di hadapanmu.

3. Wisata murah di kawasan Geopark Ciletuh

puncak darma ciletuh
instagram.com/mulkisalman

Puncak Darma di kawasan Geopark Ciletuh ini termasuk salah satu wisata murah di Sukabumi. Soalnya kamu cuma perlu menyediakan budget mulai dari Rp3 ribu sampai Rp5 ribu untuk bisa masuk ke destinasi ini.

Tarif masuk itu beda sama parkir kendaraan. Kamu pun perlu menyediakan biaya tambahan sekira Rp2 ribu sampai Rp3 ribu untuk biaya parkir. Sangat terjangkau kan?

Baca juga: Situ Gunung Sukabumi dan 5 Wisata di Sekitarnya Membuatmu Nggak Berkedip

4. Cara ke Puncak Darma

puncak darma geopark ciletuh
instagram.com/gagusyc_

Lokasi Puncak Darma berada di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Sukabumi. Perlu kamu tahu nih, Desa Girimukti merupakan salah satu pintu masuk ke Geopark Ciletuh. Jadi nggak heran kalau tempat wisata di Sukabumi ini jadi area untuk melihat keindahan Geopark Ciletuh dari ketinggian.

Menuju ke puncak di Sukabumi ini butuh perjuangan ekstra. Sebagian akses jalannya pun masih berbatu terjal, semput, dan nggak mudah untuk dijangkau dengan mobil selain offroad.

Dari pusat Kota Sukabumi, jaraknya sekira 87 kilometer. Estimasi waktu yang diperlukan kurang lebih selama 2 jam 38 menitan.

5. Penginapan instagenik di dekat Puncak Darma

balekambang dari puncak darma
instagram.com/abie_bette

Nggak afdol rasanya kalau sudah mampir ke Puncak Darma tapi belum menikmati keindahan alam Geopark Ciletuh. Selain camping, kamu juga bisa lho bermalam di beberapa penginapan dekat Puncak Darma. Salah satunya adalah Balekambang.

Homestay ini menyediakan beragam tipe kamar. Seperti kamar cottage bertingkat, rumah atap segitiga, maupun ruang tidur bertingkat biasa. Rata-rata setiap ruangan tersebut bisa menampung dari 6 sampai 10 orang.

penginapan balekambang
instagram.com/sitiriqotulqolbi

Tarifnya pun beragam. Untuk kamar non AC, kamu perlu menyediakan budget Rp600 ribu per malam. Sementara kamar dengan AC tarifnya Rp1 jutaan per malam. Setiap ruang tidurnya sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti televisi, kamar mandi, kipas angin, dan sarapan gratis.

Bukan cuma bikin nyaman, di penginapan Sukabumi ini ada banyak spot foto menarik. Pendopo yang bisa dinikmati sambil memandang lautan pun tersedia. Mau kulineran? Di sini kamu bisa mencicipi sejumlah makanan laut.

Nah, itulah sekilas info tentang Puncak Darma dan apa saja yang menarik di sekitarnya. Termasuk penginapan murah di kawasan tersebut. Gimana, kamu tertarik untuk berkunjung ke destinasi wisata yang masih berada di sekitar Geopark Ciletuh ini?

0 Comment