Menyaksikan 'Sakura' yang Bermekaran di Sumba, Nggak Bisa Berkedip Saking Cantiknya!

14 October 2019, at 17:00
0
0
Menyaksikan 'Sakura' yang Bermekaran di Sumba, Nggak Bisa Berkedip Saking Cantiknya!

Bunga Sakura memang identik dengan Negara Jepang. Tapi siapa bilang untuk menyaksikan keindahannya harus jauh-jauh ke Negeri Matahari Terbit? Indonesia juga punya lho, destinasi yang menyajikan keindahan bunga sakura meski versi kearifan lokal.

Yup! Lokasinya ada di Sumba, tepatnya di Savana Puru Kambera. Di tengah luasnya padang savana, tumbuh pohon yang nyaris seluruh rantingnya ditumbuhi bunga.

Penasaran seperti apa kecantikannya? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Wisata alam liarnya Sumba

savana puru kambera sumba
instagram.com/doyousee_whatisee.100

Bisa dibilang Savana Puru Kambera ini adalah wisata alam liarnya Sumba. Destinasi ini pun seolah mengingatkanmu pada Afrika yang punya padang rumput luas.

Belum lagi keberadaan kuda-kuda liar yang sedang merumput. Mereka juga semakin membuat wisata savana ini semakin menarik.

kuda liar savana puru kambera
instagram.com/ramenow

Oh ya, gerombolan kuda liar bakal lebih sering terlihat saat musim kemarau dibandingkan saat musim penghujan. Ini karena saat kemarau Puru Kambera menjadi sangat kering dan mereka lebih aktif untuk mencari makan.

Untuk mendekati kuda liar, kamu perlu berjalan ekstra pelan. Soalnya hewan mamalia ini begitu peka.

2. Destinasi di Sumba yang sajikan banyak 'kejutan'

puru kambera
instagram.com/lidwinazita

Sebenarnya wisata utama di Puru kambera adalah pantai. Diketahui, wilayah pesisirnya cukup luas dengan hamparan pasir putih yang sangat halus. Jarak pantai dari savana ini sendiri sekira 2 sampai 3 kilometer.

Jadi selain menikmati keindahan pantainya, kamu juga bisa mengeksplorasi kawasan savana, menyapa kuda-kuda liar, ataupun sekadar hunting foto saja.

bunga konjil
instagram.com/reizhard

Kabar baiknya lagi, sekarang kamu bukan cuma bisa berswafoto bersama kuda liarnya saja. Ada bunga sakura versi Sumba yang bisa menjadi latar fotomu.

Nama aslinya adalah bunga 'konjil'. Tanaman ini seolah menjadi oase di tengah panasnya Sumba yang menyengat. Selain cantik, ternyata konjil juga wangi.

Fyi, kamu cuma bisa menyaksikan bunga sakura yang bermekaran ini sampai akhir bulan Oktober saja. Jadi, buruan ke Sumba deh kalau pengen menyaksikannya!

Baca juga: 6 Bukti Keindahan Sumba yang Bikin Kamu Melupakan Lombok

3. Wisata Sumba untuk pecinta ketenangan

sakura di sumba
instagram.com/ferryrusli

Wisata di Nusa Tenggara Timur ini cocok buat pecinta ketenangan. Suasananya tenang dan seolah membawamu bertualang ke alam bebas.

Tapi fasilitas di destinasi ini nggak terlalu banyak. Untuk itu, kamu perlu menuju ke lokasi Pantai Puru Kambera kalau ingin mencari makan maupun penginapan. Karena memang di kawasan pesisirnya lebih banyak terdapat fasilitas yang dapat menunjang semua keperluanmu.

4. Cocok buat para petualang

savana puru kambera
instagram.com/nzhifa

Lokasi Savana Puru Kambera berada di Mondu, Kanatang, Kabupaten Sumba Timur. Dari pusat Kota Waingapu, jaraknya sekira 25 kilometer jika menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa.

Nggak ada angkutan umum menuju tempat wisata Sumba Timur ini. Kamu pun perlu menggunakan jasa ojek dari Kota Waingapu. Cocok banget nih buat para petualang yang ingin mengeksplorasi tempat baru dengan cara menantang!

Itu dia Sobat Qupas, ulasan singkat tentang Savana Puru Kambera, lokasi tumbuhnya bunga sakura versi kearifan lokal. Yuk buruan ke tempat wisata di Sumba ini mumpung lagi bermekaran!

0 Comment