Menyaksikan Telaga Cebong dari Bukit Sikunir, Serasa di Negeri Dongeng!

23 August 2019, at 11:00
0
0
Menyaksikan Telaga Cebong dari Bukit Sikunir, Serasa di Negeri Dongeng!

Telaga Cebong mungkin masih asing buat sebagian orang. Beda lagi sama Bukit Sikunir yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Apalagi bukit ini terkenal dengan sebutan 'Golden Sunrise Sikunir', dimana di sini adalah spot terbaik untuk melihat matahari terbit.

Meski lebih terkenal Bukit Sikunir, bukan berarti Telaga Cebong yang berada di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo ini bakal kalah eksotis. Terlebih lagi kalau dilihat dari atas Bukit Sikunir. Rasanya seperti ada di negeri dongeng.

Sebelum beranjak ke Bukit Sikunir, nggak ada salahnya buat mengenal Telaga Cebong lebih dekat. Di samping menarik, wisata di Jawa Tengah ini juga punya mitos unik dan sudah dipercaya oleh masyarakat sekitar. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut!

1. Danau vulkanik di Dataran Tinggi Dieng

telaga cebong dieng
instagram.com/novemlawalata

Salah satu destinasi di Dieng ini konon merupakan danau vulkanik yang terbentuk dari letusan gunung purba ribuan tahun lalu. Kata warga setempat, telaga ini dulunya banyak ditemukan di sini. Mungkin karena itu namanya 'cebong', yang seperti kita tahu adalah tahap pra-dewasa katak.

Telaga yang berada di sebelah barat Gunung Sikunir ini dulu luasnya sekitar 18 hektar. Tapi seiring berjalannya waktu menyusut dan tersisa 12 hektar.

Selain untuk destinasi wisata, telaga di kawasan Dieng ini juga dimanfaatkan sebagai sumber air guna menunjang pertanian dan ladang milik para petani setempat.

2. Mitos Telaga Cebong

telaga cebong dari bukit sikunir
instagram.com/alfahash

Telaga Cebong ternyata juga diliputi mitos menarik, lho. Berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat, konon wisata di Wonosobo ini terbentuk akibat sayembara dua anak lelaki dari seorang bapak yang sakti. Anak pertama digambarkan sebagai pria yang rajin dan sakti. Sebaliknya, sang adik adalah seorang pemalas.

Saat hari pembuktian, sang kakak datang lebih pagi dan memilih untuk membangun telaga di wilayah puncak atau di sekitar Pakuwojo. Sedangkan adaiknya memilih tempat yang lebih dekat, yaitu di bawah sebelah barat Bukit Sikunir.

Singkat cerita, saat pekerjaan sang kakak hampir rampung, anak kedua melancarkan niat buruknya. Ia mengatakan bahwa kakaknya adalah sang pemenang. Hadiah pun sudah disiapkan oleh bapak keduanya, berupa daging ayam lezat dan istri cantik.

telaga cebong wonosobo
instagram.com/dksetiawan

Anak pertama yang percaya pun pulang ke rumah. Sementara adiknya membobol telaga milik sang kakak. Ia juga bermalam di tepian telaga sampai keesokan pagi. Bapaknya mencari dan menyatakan bahwa anak kedua adalah pemenangnya karena telaga berbentuk cebong atau berudu sudah terisi penuh oleh air. Ia juga berhak mendapat istri yang cantik.

Sampai sekarang, telaga yang dibangun si sulung tetap mengering dan penduduk sekitar Dieng menyebutnya 'Telaga Wurung'. Dalam Bahasa Jawa, artinya telaga yang nggak jadi.

Entah benar atau nggak cerita tersebut, yang pasti ada pesan moral yang tersimpan, yaitu seputar persaingan, kekeluargaan, sampai soal konstruksi bangunan.

Baca juga: Selain Bukit Sikunir, Ini Lho wisata di Wonosobo yang Nggak Kalah Epik

3. Wisata murah di kawasan Dieng

telaga cebong
instagram.com/alfina_ly

Telaga Cebong di kaki Bukit Sikunir ini pun bisa jadi alternatif wisata murah, lho. Soalnya untuk masuk ke kawasan danau, kamu cuma perlu membayar tiket masuk kira-kira senilai Rp10 ribu. Beda lagi kalau mau menginap. Kamu bisa menambahkan dana sekira Rp10 ribu per tenda.

Bayangkan saja, dengan tarif segitu, kamu sudah bisa melihat keindahan Telaga Cebong dari dekat dan menikmati udara sedar di Desa Sembungan.

Menariknya lagi, di sini juga tersedia persewaan perahu, aktivitas outbond, musala, toilet, sampai parkir yang luas.

4. Melihat Telaga Cebong dari Bukit Sikunir

telaga cebong dataran tinggi dieng
instagram.com/sandha.sakti

Bukan cuma bisa melihat Telaga Cebong Dieng dari dekat, kamu juga bisa melihat danau kecil tersebut dari atas Bukit Sikunir. Seperti kita ketahui, Bukit Sikunir sudah terkenal lebih dulu karena panorama sunrise terbaiknya. Bahkan dari sini, kamu juga bisa melihat deretan gunung, seperti:

  • Gunung Sindoro
  • Gunung Kembang
  • Gunung Sumbing
  • Gunung Merbabu
  • Gunung Merapi
  • Gunung Ungaran

Baca juga: 7 Objek Wisata Wonosobo yang Membuatmu Lupa sedang Berada di Dunia karena Keindahannya

Tapi, untuk menuju ke bukit, kamu perlu mendaki setelah memarkirkan kendaraanmu di sekitar wisata Telaga Cebong. Dari sini, pendakian yang berjarak sekitar 1 kilometer menuju ke Puncak Sikunir akan kamu jalani. Normalnya, waktu yang akan kamu tempuh sekira 30 menit-1 jam perjalanan.

Jadi, kapan liburan ke Telaga Cebong? Kalau ke wisata Dieng, jangan luma mampir ke danau kecil ini atau sekedar menengoknya dari atas Bukit Sikunir ya!

0 Comment