Qupas Travel

Menyambut Senja di Vihara Buddhagaya Watugong Semarang, Serasa Liburan ke Thailand!

02 January 2020, at 02:00
1
Menyambut Senja di Vihara Buddhagaya Watugong Semarang, Serasa Liburan ke Thailand!

Semarang bukan cuma terkenal dengan kuliner lumpianya. Kota ini juga punya wisata alam maupun religi yang memiliki pesona tersendiri. Contohnya seperti Vihara Buddhagaya Watugong.

Vihara yang terletak di lahan seluas 2,2 hektar ini bakal membuatmu seolah sedang berada di Thailand, lho. Buat para pecinta senja, kamu juga bisa berburu foto di wisata Semarang ini.

Gimana, makin penasaran sama Vihara Buddhagaya Watugong kan? Yuk intip dulu info singkat dari destinasi religi di Kota Lumpia ini!

1. Vihara tertinggi di Indonesia

wisata watugong semarang
instagram.com/lonardika

Tahu nggak sih, ternyata bangunan yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan ini merupakan salah satu vihara tertinggi di Indonesia, lho.

Tingginya sendiri mencapai 45 meter. Selain itu, terdapat tujuh tingkatan dengan desain yang mengerucut ke atas.

2. Wisata religi yang estetik di Semarang

vihara buddhagaya watugong semarang
instagram.com/mar.hendra

Kompleks Vihara Buddhagaya Watugong sendiri terdiri dari lima bangunan. Dimana dua di antaranya, Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala, merupakan bangunan utama.

Dikenal sebagai tempat ibadah bagi umat Buddha di Semarang, vihara ini sebenarnya juga dibuka untuk umum. Banyak hal bisa kamu dapatkan di sini.

Salah satunya adalah watugong yang tersemat di wisata Semarang ini. Diketahui, 'watugong' ini adalah sebuah batu yang bentuknya seperti gong. Unik ya?

3. Ada apa saja di Vihara Buddhagaya Watugong?

vihara buddhagaya semarang
instagram.com/tahaleanoveri

Vihara Buddhagaya Watugong menawarkan banyak hal selain batu berbentuk gong. Seperti adanya patung Bodhisattva Avalokiteswara yang berdiri kokoh menghiasi interior bangunan pagoga.

Biasanya, umat Buddha melakukan Tjiam Shi di pagoda tersebut. Kegiatan ini merupakan ritual yang dipercaya untuk mengetahui nasib manusia.

Selain itu, di vihara ini kamu juga bisa melihat patung Sidharta Gautama. Letaknya ada di bawah pohon Bodhi yang rindang.

Baca juga: Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, Wisata di Tanjungpinang Rasa Negeri Tiongkok

4. Wisata gratis di Semarang

vihara buddhagaya watugong
instagram.com/bdrk97

Setiap akhir pekan maupun libur nasional, tempat wisata di Semarang ini biasanya dipadati pengunjung. Entah untuk sekadar melihat-lihat maupun mengabadikan momen menarik dengan latar belakang Pagoda.

Nggak heran sih kenapa traveler suka berlibur ke sini. Apalagi tiket masuk Vihara Buddhagaya Watugong gratis. Hal ini karena pengurus vihara menilai semua pengunjung adalah saudara.

Meski gratis, bukan berarti traveler boleh melanggar aturan-aturan di destinasi ini. Ingat, vihara ini adalah tempat ibadah. Jadi tetap jaga sopan santun ya!

5. Lokasi Vihara Buddhagaya Watugong

watugong semarang
instagram.com/hendra.adhitya

Tertarik mampir? Kamu bisa menemukan Vihara Buddhagaya Watugong di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Banyumanik Kota Semarang atau persis di depan Kodam IV Diponegoro.

Khusus buat para traveler yang berasal dari luar kota, apabila dari Bandara Ahmad Yani Kota Semarang, perjalanan bisa ditempuh selama 45 menit ke arah Ungaran. Atau kamu bisas mengambil arah ke jalan utama menuju Solo-Jogja.

Well, itu dia ulasan singkat tentang Vihara Buddagaya Watugong yang bukan cuma estetik, tapi juga merupakan bangunan yang punya makna. Gimana, kapan nih kamu mampir ke wisata gratis di Semarang ini?