Menyapa Biota Laut di Rumah Apung Bangsring Banyuwangi, Bisa Renang Bareng Hiu Juga Lho!

23 June 2019, at 15:00
0
0
Menyapa Biota Laut di Rumah Apung Bangsring Banyuwangi, Bisa Renang Bareng Hiu Juga Lho!

Rumah Apung Bangsring menjadi menjadi ikon wisata Pantai Bangsring di Banyuwangi. Jadi sayang dilewatkan kalau kamu liburan ke kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini.

Bukan cuma menikmati suasana khas pesisir, kamu bisa menyaksikan taman serta ekosistem bawah laut yang menawan. Mau tahu info lebih banyak soal Rumah Apung Banyuwangi? Lanjut baca artikelnya, ya!

Baca juga: Selain Pantai, 5 Wisata di Banyuwangi Ini Instagenik Banget!

1. Dikelola nelayan tradisional

bangsring underwater
instagram.com/victory_travel_rencar_bwi

Objek wisata yang dikenal sebagai Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi ini dkelola oleh komunitas 'Bangsring Underwater' (Bunder). Menariknya, kelompok ini beranggotakan nelayan tradisional Banyuwangi yang super kreatif, lho.

2. Wisata Banyuwangi berbasis konservasi

konservasi bangsring underwater
instagram.com/shandi_sumarsono

Destinasi di Banyuwangi ini merupakan objek wisata alam berbasis konservasi terumbu karang. Di sini, kamu sebagai pengunjung pun berkesempatan terlibat menanam terumbu karang sebagai bagian dari program Marine Education. Tujuannya untuk mengajak generasi muda mencintai laut dan seisinya.

Berpartisipasi dalam kegiatan ini cuma perlu bayar dana seikhlasnya, sebagai pengganti paralon dan pengambilan bibit terumbu karang.

3. Snorkeling di Bangsring

snorkeling bangsring
instagram.com/ichaalnaecha

Pengen lihat keindahan bawah lautnya Banyuwangi? Coba fasilitas snorkeling di Bangsring deh. Nanti kamu bisa melihat biota-biota laut dengan biaya sewa peralatan yang terjangkau.

Buat kamu yang baru pertama kali melakukan kegiatan asyik ini, nggak perlu khawatir. Soalnya ada pemandu yang siap memberikan arahan dan tata cara snorkeling yang aman.

4. Renang bareng hiu

bangsring underwater banyuwangi
instagram.com/yuslimul_my

Rumah Apung Bangsring Banyuwangi juga menyediakan fasilitas untuk renang bareng hiu sirip hitam, lho. Tepatnya di dalam keramba, kamu bisa menyapa ikan-ikan yang sudah jinak tersebut.

Nggak perlu takut, toh ada pemandu yang juga siap menjaga keselamatan pengunjung. Yang pelu kamu lakukan adalah tetap tenang, biar hiu-hiu tersebut nggak kaget.

Baca juga: Selain Pulau Merah, Ini 4 Pantai di Banyuwangi yang Nggak Kalah Eksotis

5. Diving di Bangsring



diving bangsring
instagram.com/bangsringunderwater

Belum puas cuma dengan berenang di permukaan? Kamu juga bisa menjelajahi keindahan bawah lautnya Bangsring dengan menyelam.

Tabung oksigen dan perlengkapan menyelam lainnya bisa kamu sewa di lokasi Pantai Bangsring. Biayanya sendiri mulai dari Rp400.000,00. Khusus buat pemula, tarifnya Rp800.000,00 plus pemandu andal.

6. Biaya liburan ke Rumah Apung Bangsring

rumah apung bangsring
instagram.com/indahnovitta_17

Untuk liburan ke wilayah pantai di Banyuwangi ini, kamu cuma perlu menyediakan biaya parkir kendaraan, yakni Rp3.000,00 untuk motor dan Rp5.000,00 untuk mobil. Selanjutnya, ada biaya tambahan untuk menyeberang ke Rumah Apung, yaitu kurang lebih senilai Rp5.000,00.

Buat yang pengen merasakan beberapa wahana lain, biayanya nggak kalah terjangkau kok, yaitu:

  • Perahu kano tunggal: Rp30.000,00 per 60 menit
  • Perahu kano double: Rp40.000,00 per 60 menit
  • Banana boat: Rp5.000,00 per orang
  • Bola air: Rp30.000,00 per pakai
  • Kursi pantai: Rp5.000,00 per 60 menit

7. Cara menuju ke Rumah Apung Bangsring

rumah apung bangsring banyuwangi
instagram.com/callmegupang

Lokasi Rumah Apung Bangsring sendiri ada di Dusun Krajan, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Dari pusat Kota Banyuwangi, jaraknya cuma sekitar 22 kilometer. Selain kendaraan pribadi, kamu bisa menjangkau wisata di Banyuwangi ini menggunakan transportasi umum seperti taksi atau ojek online.

Gimana, kapan nih main ke Rumah Apung Bangsring? Buat yang suka menyelam dan menikmati keindahan bawah laut, tempat wisata di Banyuwangi ini cocok banget untuk kamu kunjungi.

0 Comment