Qupas Travel

Menyapa 'Nemo' di Pulau Pahawang, Surga Bawah Lautnya Lampung yang Memesona

01 March 2020, at 04:00
Menyapa 'Nemo' di Pulau Pahawang, Surga Bawah Lautnya Lampung yang Memesona

Pulau Pahawang bisa dibilang adalah salah satu surga bagi pecinta olahraga bawah laut. Berbagai 'penghuni' di dalamnya bisa kamu saksikan. Misalnya saja seperti terumbu karang, ikan-ikan kecil, atau biota laut laut lainnya.

Selain pemandangan bawah lau, destinasi wisata di Lampung ini juga menawarkan panorama cantik di permukaannya. Hamparan pasir putih, penginapan yang instagenik seperti di Pulau Tegal Mas, hingga barisan bukit-bukit siap memanjakan matamu.

Nah, biar nggak makin penasaran, intip deh ulasan Qupas berikut tentang Pulau Pahawang yang siap memesonamu!

1. Surganya para pecinta dunia bawah laut

Diving Pulau Pahawang (Foto: instagram.com/jimboy_k)
instagram.com/jimboy_k

Sejak beberapa tahun lalu, tepatnya sekitar tahun 2010 sampai 2011, Pemerintah Daerah Dinas Kelautan setempat mengajak nelayan untuk membudidayakan terumbu karang di sejumlah titik Pulau Pahawang.

Kini, area seperti Gosong Pancong, Cukuh Bedil, Gosong Bekri, dan Tanjung Putus pun manjadi tempat snorkeling di Lampung yang biasa dikunjungi wisatawan.

Selain snorkeling, di Pulau Pahawang juga menjadi lokasi traveler yang hobi menyelam. Kecantikannya nggak kalah dari Wakatobi atau surga diving di Indonesia yang lainnya.

2. Wisata Lampung yang punya Taman Nemo

Spot Taman Nemo Pulau Pahawang (Foto: instagram.com/nurrizkazizah)
instagram.com/nurrizkazizah

Banyak biota laut yang akan kamu lihat di bawah laut Pulau Pahawang. Bahkan, spot unik seperti insatalasi buatan penduduk seperti gapura, tulisan, hingga candi mini juga ada di sini.

Satu lagi yang menarik. Berada di Pulau Pahawang, kamu juga akan dimanjakan dengan spot yang dikenal dengan nama Taman Nemo. Di sini, kamu bisa mengenal lebih dekat dengan ikan badut alias nemo yang jadi  tokoh utama di film kartun "Finding Nemo".

3. Mampir di Pasir Timbul setelah puas snorkeling

Pasir Timbul Pulau Pahawang (Foto: instagram.com/stich_stich_stich)
instagram.com/stich_stich_stich

Pulau Pahawang bukan hanya menawarkan panorama bawah lautnya saja. Pantai berpasir yang seolah dibentengi oleh barisan bukit juga bisa kamu saksikan di sini.

Pasir Timbul namanya. Pertama kali menginjakkan kaki di area ini, kamu bisa merasakan lembutnya pasir, segarnya air laut, dan udara pesisir yang khas.

Fyi, dinamakan Pasir Timbul karena pada dasarnya pantai ini terhubung dengan pulau di seberangnya. Berupa gundukan, tempat ini bisa kamu lihat saat air laut sedang surut.

Baca juga: Liburan Seru ke Pulau Tegal Mas, Wisata Lampung Rasa Maldives

4. Legenda Pulau Pahawang

Pulau Kelagian Kecil Pahawang (Foto: instagram.com/ridaanurmala)
instagram.com/ridaanurmala

Layaknya tempat wisata di Indonesia pada umumnya, Pulau Pahawang juga diliputi dengan legenda yang dipercaya oleh warga setempat. Sebut saja tentang penghuni pertama wilayah ini sekitar tahun 1800, yaitu Mpok Awang.

Dipercaya, wanita keturunan etnis Tionghoa dan Betawi tersebut memiliki kesaktian. Suatu hari, ia meninggal dan dikuburkan di atas bukit desa Pahawang. Bekas makam Mpok Awang masih ada, hanya saja kini sudah rusak karena dibongkar pendatang yang mencari harta karun.

Diketahui, legenda Mpok Awang pun melahirkan kearifan lokal diantara masyarakat setempat. Mereka bertekad untuk nggak mengutak-atik atau merambah hutan bukit lokasi makam tersebut karena dinilai keramat.

5. Cara ke Pulau Pahawang

Pulau Pahawang Lampung (Foto: instagram.com/jess_amalia20)
instagram.com/jess_amalia20

Secara administratif, lokasi Pulau Pahawang berada di Kecamatan Punduh Pidada, Pesawaran, Lampung Selatan. Destinasi ini bisa dijangkau kurang lebih selama 2 jam perjalanan dari Bandar Lampung.

Untuk menuju Pulau Pahawang, dari Bandar Lampung kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi. Kemudian untuk menuju lokasi, kamu akan menelusuri lautan menggunakan perahu. Supaya liburanmu nggak ribet, kamu bisa menggunakan jasa pemandu wisata.

Well, Pulau Pahawang bakal menjadi salah satu wisata di Lampung yang siap memanjakanmu selama liburan. Terutama buat kamu yang suka menyelam atau snorkeling, destinasi satu ini pantang dilewatkan.