Menyerang Ashanty dan Raditya Dika, Ternyata Penyakit Autoimun Ada Banyak Jenisnya Lho

12 October 2019, at 10:00
0
0
Menyerang Ashanty dan Raditya Dika, Ternyata Penyakit Autoimun Ada Banyak Jenisnya Lho

Baru-baru ini, melalui akun sosial medianya Ashanty mengatakan bahwa ia telah didiagnosis mengidap penyakit autoimun. Sebelumnya, Raditya Dika pun pernah mengatakan bahwa ia juga terserang masalah kesehatan tersebut.

Lalu apa sih sebenarnya penyakit autoimun itu? Penyakit autoimun merupakan masalah kesehatan yang terjadi karena sistem kekebalan tubuh mengalami kebingungan dan menyerang sel-sel sehat.

Penyakit autoimun ternyata memiliki banyak jenis dan hal tersebut berpengaruh jaringan atau organ tubuh yang diserang. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa penyakit autoimun yang paling sering ditemui.

1. Lupus

lupus
baomoi.com

Lupus atau lupus erythematosus sistemik merupakan masalah kesehatan yang dapat terjadi saat antibodi yang dihasilkan oleh tubuh menempel pada jaringan di seluruh tubuh seperti sendi, ginjal, paru-paru, sel darah, saraf, dan kulit.

Seseorang dengan penyakit lupus dapat mengalami beberapa gejala seperti demam, rambut rontok, kelelahan, mucul ruam, sensitif terhadap sinar matahari, sakit dada, sakit kepala, muncul ruam dan nyeri pada sendi.

2. Penyakit Radang Usus (IBD)

radang usus
healthywomen.org

Masalah kesehatan lain yang merupakan penyakit autoimun adalah radang usus atau inflammatory bowel disease (IBD). Hal tersebut terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang lapisan usus dan menyebabkan radang kronis pada saluran pencernaan.

Penyakit ini ditandai dengan gejala seperti diare, sakit perut, demam, penurunan berat badan, pendarahan pada dubur, dan kelelahan. Kolitis ulseratif dan penyakit crohn merupakan bentuk radang usus yang paling umum.

3. Diabetes Militus Tipe 1

diabetes
healtheuropa.eu

Siapa sangka, diabetes militus tipe 1 juga merupakan penyakit autoimun lho. Hal tersebut terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel penghasil insulin di pankreas.

Hasilnya, tubuh nggak dapat menghasilkan insulin sehingga kadar gula dalam darah menjadi tinggi. Masalah kesehatan ini selanjutnya dapat berpengaruh pada ginjal, saraf, gusi, serta penglihatan.

Baca Juga: Kim Kardashian Didiagnosis Mengidap Lupus, Ini Penyebab dan Gejalanya

4. Rematik

rematik
spectrumoptimise.com

Rematik atau radang sendi merupakan penyakit autoimun yang menyerang sendi. Hal tersebut terjadi saat sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibodi yang menempel pada lapisan sendi dan menyebabkan peradangan, pembengkakan, serta rasa nyeri.

Orang yang mengidap rematik biasanya akan merasakan gejala seperti sendi kaku, sakit, bengkak, dan mengalami kerusakan bertahap apabila nggak diobati.

5. Sklerosis Ganda

sklerosis ganda
bestlifeonline.com

Skerosis ganda atau multiple sclerosis merupakan penyakit autoimun yang menyerang lapisan pelindung di sekitar saraf. Oleh sebab itu, masalah kesehatan ini dapat memengaruhi otak dan sumsum tulang belakang.

Pada umumnya, penderita sklerosis ganda akan menunjukkan gejala seperti kelumpuhan, mati rasa, lemah, nggak seimbang, dan kebutaan.

6. Psoriasis

psoriasis
psoriasis.com

Masalah kesehatan lain yang juga merupakan penyakit autoimun adalah psoriasis. Disebabkan oleh pertumbuhan sel kulit baru yang nggak terkontrol kecepatannya, hal tersebut menyebabkan penumpukan di permukaan kulit.

Kondisi tersebut menyebabkan kulit menjadi lebih tebal, kemerahan, bersisik, terasa gatal, bahkan nyeri.

Sebenarnya, jenis penyakit autoimun masih ada lebih banyak lagi. Akan tetapi, 6 masalah kesehatan di atas merupakan yang paling umum terjadi dan ditemui Sobat Qupas.

0 Comment