Menyibak Keindahan Pantai Sayang Heulang, Wisata Garut yang Simpan Potensi Terpendam

16 November 2019, at 22:00
0
0
Menyibak Keindahan Pantai Sayang Heulang, Wisata Garut yang Simpan Potensi Terpendam

Bukan hanya terkenal dengan dodolnya, Garut ternyata punya potensi wisata yang terpendam. Pantai Sayang Heulang adalah salah satu buktinya.

Meski seolah terisolasi dari pusat kotanya, pantai di Garut ini recommended banget untuk dikunjungi para pecinta wisata pesisir. Seperti apa sih keistimewaan dari Pantai Sayang Heulang ini? Biar nggak penasaran, langsung saja deh simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Pantai unik di Garut

gurun pasir pantai sayang heulang
instagram.com/nqisthina

Pantai dengan panjang lebih dari 3,5 kilometer dan luas sekitar 10 hektar ini cukup unik. Dimana terdapat bentang karang yang menjorok ke laut di sepanjang garis pantainya. Saat surut, kamu bisa berjalan di sepanjang bentangan karang sampai dekat laut.

Saat itulah kamu bisa melihat banyak ikan warna-warni yang terjebak di karang. Tapi ingat, karena permukaan pantai di Garut ini banyak ditumbuhi karang, kamu nggak bisa berenang bebas.

Selain itu, di pantai ini juga terdapat 'padang pasir' seperti di Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja. Di area inilah para penggemar dunia fotografi sering hunting foto.

2. Ada dua zona di Pantai Sayang Heulang

pantai sayang heulang
instagram.com/alissiti_07

Ada dua zoba yang akan kamu temui di wisata Garut ini. Pertama, ada zona pantai berkarang yang letaknya di sebelah barat. Sedangkan yang kedua nggak ada karang.

Sementara itu, tepat di sebelah barat pantai terdapat area yang dinamakan Bukit Teletubbies. Untuk bisa ke sana, kamu perlu jalan kaki. Nah, di atas puncaknya nanti kamu akan melihat Pantai Sayang Heulang hampir secara keseluruhan.

3. Aktivitas seru di Pantai Sayang Heulang

sunset pantai sayang heulang
instagram.com/ramddanie

Di Pantai Sayang Heulang, kamu bukan cuma bisa melihat pemandangan area pesisirnya saja. Panorama bawah laut pun bisa kamu saksikan dengan cara snorkeling.

Aktivitas seru lain seperti berenang, main voli pantai, menyaksikan sunset, maupun mungkin camping bisa kamu lakukan di pantai cantik ini. Gimana, jadi tambah pengen ke destinasi di Garut ini kan?

Baca juga: Kamodjan Fillage, Wisata Otentik di Garut yang Siap Bangkitkan Jiwa Mudamu

4. Wisata murah di Garut

pantai sayang heulang surut
instagram.com/yesihestiani

Nggak perlu keluar budget banyak untuk bisa liburan ke wisata pantai di Garut ini. Cukup bayar tiket masuk sebesar Rp10 ribu, kamu sudah bisa main di Pantai Sayang Heulang.

Selain itu, kamu juga perlu menyediakan biaya parkir sebesar Rp2 ribu (motor) dan Rp5 ribu (mobil). Tetap murah, kan?

5. Mitos Pantai Sayang Heulang

pantai sayang heulang garut
instagram.com/yoseph_muslim

Sama seperti sebagian wisata di Indonesia yang lainnya, Pantai Sayang Heulang pun punya mitos yang masih dipercaya oleh masyarakat setempat.

Konon, tempat wisata di Garut ini punya penunggu laut. Saat air surut, katanya ada beberapa orang yang pernah melihat kuda putih berjalan di tengah lautan.

Entah percaya atau nggak, yang penting tetap jaga sopan santun selama kamu berada di Pantai Sayang Heulang Garut atau wisata di Indonesia lainnya. Toh, semua makhluk memang selalu hidup berdampingan. Iya, nggak?

6. Cara ke Pantai Sayang Heulang

wisata pantai sayang heulang
instagram.com/naoneuy_

Secara administratif, lokasi Pantai Sayang Heulang ini berada di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk. Dari pusat Kota Garut, jaraknya sekitar 89 kilometer.

Dari pusat Kota Garut, kamu bisa mengambil arah ke Cikajang. Selanjutnya, perjalanan menuju ke Desa Mancagahar.

Well, Pantai Sayang Heulang memang nggak sepopuler wisata pantai, di Bali misalnya. Meski begitu, objek wisata di Kabupaten Garut ini nggak kalah menarik untuk kamu kunjungi. Percaya deh!

0 Comment