Menyibak Pesona Magis Ninivala, Danau di Atas Awan ala Pulau Seram

20 August 2019, at 11:00
0
0
Menyibak Pesona Magis Ninivala, Danau di Atas Awan ala Pulau Seram

Pulau Seram nggak seseram namanya. Meski terkesan misterius, wilayah di Maluku ini ternyata punya sejuta pesona, terutama terkait wisata alamnya. Salah satunya adalah Danau Ninivala.

Danau Ninivala atau juga dikenal dengan nama Kali Jodoh ini bukan wilayah perairan biasa. Selain penampilannya yang unik karena seperti ada di atas awan, wisata di Pulau Seram ini juga dibalut oleh cerita mitos yang menarik.

Nah, buat kamu yang penasaran seperti apa sih Air Ninivala ini? Yuk langsung simak ulasan berikut!

1. Surga tersembunyi di Pulau Seram

danau ninivala
instagram.com/chelsey__gz

Bisa dibilang danau cantik di Indonesia ini adalah surga tersembunyi di pulau Seram. Selain eksotis, letaknya pun ada di Desa Piliana yang merupakan Negeri Adat orang-orang Wemale di pedalaman Seram Utara.

Bahkan supaya bisa menyambangi danau ini, kamu harus minta izin pemangku adat setempat lebih dulu, Sobat.

2. Kenapa disebut danau di atas awan?

danau ninivala pulau seram
instagram.com/ziccohudyoro

Danau Ninivala memang terlihat seperti ada di atas awan, ya? Kadang saat pertama melihatnya, mungkin kamu bakal mengira danau ini mengandung air yang sangat panas. Apalagi ada gelembung air dan asap yang terlihat di permukaannya serupa di perairan vulkanik dengan kandungan belerang.

Ternyata justru sebaliknya. Coba saja ceburkan diri ke dalam Danau Ninivala. Dijamin kamu bakal merasakan kesegaran air di Ninivala yang dingin menyerupai es. Brrrr~

Lalu kenapa bisa ada gelembung dan asap? Ternyata adanya gelembung itu karena air keluar langsung dari pori-pori tanah. Sedangkan asap berasal dari embun air yang mencuat keluar dari tanah dan bertemu dengan panasnya hawa sekitar.

Baca juga: Terungkap Misteri Destinasi di Uang Kertas Ini, Ternyata Ada di Maluku!

3. Wisata Pulau Seram buat para jomblo

kali jodoh pulau seram
instagram.com/fakhriarrazi

Buat para jomblo, Danau Ninivala bisa kamu jadikan sebagai lokasi liburanmu. Apalagi katanya tempat wisata di Maluku ini bisa cepat datangkan jodoh.

Tepat di tengah danau, ada 2 pohon berdiri tegak yang diperumpakan warga sekitar juga sebagai penggambaran jodoh. Masyarakat setempat pun percaya, siapa saja yang berenang di sana sambil memikirkan seseorang yang dicintainya, konon nanti bisa berjodoh.

Soal jodoh, boleh percaya atau nggak sih. Bisa saja saat kamu jomblo dan liburan ke danau tersebut, ada traveler lain yang masih single, lalu saling tertarik. Dan jeng jeng, jodoh deh. (Eh, tapi nggak sesimple itu ya?)

4. Cara ke Danau Ninivala

air ninivala
instagram.com/minsekhamal

Danau Ninivala terletak di kaki Gunung Manusela dan berada di ketinggian 1.280 mdpl. Secara administratif, lokasinya ada di Desa Piliana, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

Baca juga: 5 Wisata Indonesia Buat Si Jomblo yang Ngebet Cari Jodoh

Untuk bisa sampai di lokasi wisata, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan dengan jalan kaki kalau berangkat dari kawasan pemukiman di Desa Piliana.

Well, begitulah gambaran cantiknya Danau Ninivala di Pulau Seram. Biar tahu penampilan aslinya, langsung saja deh liburan ke sana. Tapi ingat untuk selalu menjaga kebersihan dan mematuhi peraturan adat saat liburan ke sana ya!

0 Comment