Menyusuri Dermaga Apung di Kampung Kerapu, Wisata Barunya Situbondo yang Lagi Hits

05 June 2019, at 11:00
1
1
Menyusuri Dermaga Apung di Kampung Kerapu, Wisata Barunya Situbondo yang Lagi Hits

Kampung Kerapu bisa dibilang adalah salah satu wisata unik di Situbondo. Bukan cuma bisa melihat budidaya ikan kerapu di keramba. Di sini juga ada satu spot ikonik yang lagi hits di media sosial.

Di Wisata Kampung Kerapu ini, kamu juga bisa melihat puluhan keramba ikan yang 'dikemas' dengan cara berbeda, yaitu melalui dermaga instagenik yang mengapung dan berbentuk melingkar. Seperti apa info selengkapnya? Lanjut baca yuk, Sobat Qupas!

Baca juga: Bukan Cuma Pasir Putih, Deretan Wisata di Situbondo Ini Nggak Kalah Hits

1. Wisata baru di Situbondo

kampung kerapu situbondo
instagram.com/ima_sruput13

Beberapa tahun belakangan ini, Kabupaten Situbondo di Jawa Timur seolah makin giat mengembangkan pariwisatanya. Yang terbaru adalah Kampung Kerapu.

Ternyata wisata yang juga dikenal dengan nama "Kampung Kerapu Situbondo" ini baru diresmikan pada 15 Desember 2018 lalu, lho. Karena 'wajahnya' masih fresh, mungkin masih banyak yang belum tahu nih.

2. Tempat budidaya ikan kerapu

kampung kerapu
instagram.com/kikikyln

Bukan tempat wisata biasa, destinasi di Situbondo ini adalah lokasi budidaya ikan kerapu yang populer di perairan Indonesia. Menariknya lagi, kamu juga bisa membeli ikan-ikan yang ada di Kampung Kerapu.

Panennya sendiri setiap 12 bulan sekali. Harga kerapu cantik bisa mencapai sekitar Rp160.000,00 per kilogram. Sedangkan ikan kerapu cantang mencapai Rp80.000,00 per kilogram.

3. Ada dermaga melingkar yang instagenik, lho!

dermaga kampung kerapu
instagram.com/sigitdim

Wisata Kampung Kerapu juga menawarkan dermaga apung yang melingkar sebagai daya tarik lainnya. Dermaga yang menjorok ke tengah laut dengan panjang sekitar 300 meter ini terbuat dari kayu. Menariknya lagi, kamu bisa jalan di atasnya sambil melihat puluhan keramba ikan lebih dekat.

Sambil menyaksikan keindahan lautan, jangan lupa abadikan posemu lewat foto. Dijamin hasilnya nggak bakal bikin kamu nyesel. Apalagi saat sore, dimana pemandangan sunset semakin menambah efek dramatis pada fotomu. Selain itu, saat malam hari ada air mancur pelangi yang nggak kalah cantik.

Baca juga: Bukti Taman Nasional Baluran Cantiknya Bukan Main, Seperti di Afrika!

4. Fasilitas perahu wisata

perahu kampung kerapu
instagram.com/andre_wibi

Seperti tempat wisata pada umumnya, Kampung Kerapu juga punya berbagai fasilitas. Salah satunya adalah perahu wisata. Kamu bisa coba sewa alat transportasi ini untuk mengunjungi keramba-kerampa yang letaknya di tengah perairan.

Menariknya lagi, kamu juga bisa memancing berbagai ikan yang dibudidayakan, lho. Untuk paket memancing, kamu perlu menyediakan budget sekitar Rp50.000,00 per orangnya. Dengan tarif tersebut, fasilitas yang bakal kamu dapat adalah antar jemput perahu dan air mineral. Lumayan, kan?

5. Lokasi dan harga tiket Kampung Kerapu

wisata kampung kerapu
instagram.com/uniagustinprasillia

Lokasi Kampung Kerapu ada di Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit. Dari pusat Kota Situbondo, jaraknya sekitar 42,9 kilometer dengan estimasi waktu sekira 1 jam 8 menit.

Soal tiket eduwisata sumber daya, budget yang perlu kamu sediakan kurang lebih senilai Rp35.000,00 per 3 jam untuk satu orang.

Gimana, tertarik untuk liburan ke Kampung Kerapu? Kalau kamu cari destinasi unik dan suguhkan cara berbeda untuk menikmati suasana lautan, wisata di Situbondo ini jadi salah satu solusinya.

1 Comment
Andhika Maheva Wicaksono
05/06 - 11:28
Wihhh keren banget 😭😭😭