Qupas Travel

Menyusuri Kali Pepe, Wisata Solo yang Kental dengan Nuansa Imlek

23 January 2020, at 05:00
1
Menyusuri Kali Pepe, Wisata Solo yang Kental dengan Nuansa Imlek

Imlek 2020 sudah di depan mata. Tepatnya pada 25 Januari mendatang, Etnis Tionghoa di setiap wilayah Indonesia siap menyambut Tahun Tikus Logam. Nggak terkecuali Solo.

Selama tahun baru Imlek, serangkaian acara diadakan di Solo. Nuansa khas Imlek pun kental di kota ini. Termasuk di kawasan Kali Pepe.

Di Kali Pepe, deretan lampion hingga ornamen siap menyambutmu. Bahkan kamu bisa mengitari aliran sungai dengan perahu, lho. Mau tahu info yang lebih lengkap lagi? Scroll down deh!

1. Masa lalu Kali Pepe

Masa Lalu Kali Pepe (Foto: instagram.com/azmihidayaat)
instagram.com/azmihidayaat

Sebelum populer seperti sekarang, dulu Kali Pepe sangat kumuh. Melintasi kawasan Sudiroprajan, kampung pecinan di Solo, aroma air sungai ini sangat menyengat.

Konon, destinasi ini sudah ada sejak Kota Surakarta didirikan. Bahkan sang legendaris ini diyakini sebagai salah satu pelabuhan kecil yang menjadi bagian dari jalur perdagangan Bengawan Solo.

Ada pula kisah yang menyebut kalau tempat wisata di Solo ini dulu ada hubungannya dengan pembunuhan seorang pangeran bernama Pabelan. Ia dibunuh oleh Raja Pajang, karena nekat menjalin hubungan asmara dengan putri sang raja.

Kali Pepe Dulu (Foto: instagram.com/sutoponagasaboy)
instagram.com/sutoponagasaboy

Setelah peristiwa itu, roh sang pangeran dipercaya meminta dikuburkan di Dusun Solo. Sebagai balasannya, ia berjanji akan menjadikan wilayah tersebut menjadi kota besar. Entah benar atau nggak, sampai sekarang Solo memang menjadi salah satu kota penting di Pulau Jawa.

Nah, dari segala perkembangannya, Kali Pepe pun seolah menjadi saksi bisu akan perubahan Kota Solo dari masa ke masa. Eksistensinya pun masih ada sampai sekarang. Bahkan selalu menawarkan suasana bak Negeri China saat Imlek tiba.

2. Wisata Solo untuk liburan Imlek 2020

Kali Pepe (Foto: instagram.com/sutoponagasaboy)
instagram.com/sutoponagasaboy

Kali Pepe siap membuat liburanmu selama Imlek di Solo menjadi lebih berkesan. Hiasan lampion berwarna merah dipasang di kawasan sungai yang melintas dalam kota ini.

Dari tanggal 15 sampai 25 Januari 2020 nanti, kamu pun bisa mengelilingi sungai legendaris di Kota Solo menggunakan perahu. Ada sekitar 3 alat transportasi air tersebut sudah disediakan oleh panitia untuk melayani pengunjung.

Jarak yang ditempuh sebenarnya nggak terlalu jauh, yaitu sekitar 700 meter. Kemudian perahu bakal putar balik dan kembali ke lokasi awal keberangkatan. Durasi per satu kali keliling sungai bisa mencapai 15 menitan. Selama naik perahu, kamu bakal melihat lampion di sepanjang sungai hingga mural di tepiannya.

Baca juga: Sempat Dikritik, Kini Tugu Keris Solo Jadi Favorit Para Pecinta Foto

3. Wisata malam Solo yang memesona

Kali Pepe Solo (Foto: instagram.com/joeluluk)
instagram.com/joeluluk

Tertarik liburan ke wisata Solo ini? Datang saja saat sore hari. Karena bisa dibilang Kali Pepe ini merupakan wisata malam di Solo.

Lampion-lampion merah khas Tiongkok bakal menghiasi sepanjang sungai. Kamu pun bisa menikmati pemandangan cantik ini hingga menjelang tengah malam.

4. Destinasi murah di Solo

Kali Pepe Surakarta (Foto: instagram.com/fardeean_thias)
instagram.com/fardeean_thias

Nggak perlu rogoh kocek terlalu dalam saat akan liburan ke Kali Pepe. Untuk mengelilingi sungai menggunakan perahu saja cuma perlu bayar Rp10 ribu per orang.

Fyi, transportasi air tersebut berkapasitas sampai 11 orang. Hanya saja untuk menjamin keamanan, perahu boleh ditumpangi maksimal 7 orang untuk sekali perjalanan. Petugas pun tetap menyediakan rompi pelampung meski sungai nggak terlalu dalam.

Baca juga: Jelajah Kembaran Sungai Amazon di Indonesia dengan Perahu, Siap Bertualang?

Mural Kali Pepe (Foto: instagram.com/nandapuspa93)
instagram.com/nandapuspa93

Selama menyusuri sungai, nggak perlu khawatir bakal ada sampah maupun bau menyengat. Karena sekarang Kali Pepe sudah bersih dan bebas dari aroma kurang sedap.

Wah, Kali Pepe memang istimewa. Bukan sungai biasa, tapi tempat wisata di Solo ini bakal bikin liburan Imlek-mu lebih berkesan.