Menyusuri Kedung Cinet, Sungai yang Dikelilingi Tebing Berukir di Jombang

17 February 2019, at 11:00
0
0
Menyusuri Kedung Cinet, Sungai yang Dikelilingi Tebing Berukir di Jombang

Jombang merupakan salah satu wilayah kabupaten di Jawa Timur yang ternyata menyimpan potensi alam memikat. Salah satunya adalah Kedung Cinet.

Kamu pasti pernah mendengar soal Grand Canyon, langganan lokasi syuting berbagai film Hollywood. Yap! Kedung Cinet di Jombang mirip dengan area tersebut.

Keindahan tebing penuh ukiran yang dipadukan dengan aliran air jernih semakin menambah daya tariknya.

Lalu apa lagi daya pikat dari wisata alam Kedung Cinet ini? Kalau penasaran, langsung saja deh simak ulasan Qupas di bawah ini!

Baca juga: Ada Tempat Makan di Tengah Sungai di Jombang nih, Kapan Mampir?

1. Sungai penuh ukiran incaran para fotografer

tempat wisata kedung cinet jombang
instagram.com/ahmed25_al.ali

Keeksotisan Jombang salah satunya dapat dibuktikan dengan kehadiran Kedung Cinet. Tempat ini bahkan menjadi area incaran para pemburu foto alam.

Nggak heran hal tersebut bisa terjadi mengingat wisata di Jombang ini menawarkan pemandangan alam yang eksotis memikat mata.

Sungai jernih yang dikelilingi tebing dari bebatuan kapur dan dipadukan dengan rinbunnya pepohonan semakin menambah daya tarik dari tempat wisata di Jombang ini.

tempat wisata kedung cinet
instagram.com/igamarpaung

Bukan hanya soal pemandangan alamnya saja. Ternyata ada kisah menarik dari Kedung Cinet ini.

Konon, objek wisata alam di Jombang ini merupakan sungai yang dulu menjadi tempat pemandian bagi para prajurit dan dayang-dayang istana dari zaman Kerajaan Mojopahit.

Karena sudah ada sejak dulu, maka nggak heran kalau Kedung Cinet masih diselimuti oleh beragam mitos. Mau percaya atau nggak, tapi memang pesona wisata Jombang ini tetap memesona ya?

2. Dimana lokasi Kedung Cinet?

wisata alam kedung cinet
instagram.com/feryrinaldy

Tempat wisata di Jombang ini berada di Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Jombang. Keberadaan Kedung Cinet sendiri ada di balik lebatnya hutan.

Untuk bisa menyaksikan keindahannya, kamu perlu menyusuri jalan dengan jarak tempuh sekitar 10 kilometer.

Sebelum mencapai area hutan, kalau kamu berangkat dari Jombang, maka ambillah arah ke Ploso. Sampai di jembatan sungai Brantas, ambil arah ke Plandaan/Nganjuk/Kertosono.

wisata kedung cinet
instagram.com/danangsetia_traveller

Ikuti terus jalan yang berdampingan dengan sungai Brantas tersebut sampai kamu menemukan jembatan atau Polsek Plandaan.

Selanjutnya, belok kanan atau ke arah Plandaan sampai di Desa Pojok Klitih. Kamu pun bisa melewati jembatan gantung milik perhujani.

Terus jalan dan ikuti petunjuk arah ke Kedung Cinet hingga memasuki area hutan. Karena akses masih belum diaspal, maka hati-hati kalau kamu berlibur saat musim hujan, ya! Sebab jalanan akan lebih licin.

Baca juga: Wah! Ada Spot Foto Bentuk Matahari di Jombang, Yakin Nggak Pengen Mampir?

3. Harga tiket Kedung Cinet

sungai kedung cinet
instagram.com/sholeh_afandi

Wisata ala Grand Canyon di Jombang ini masih belum dikelola oleh pemerintah setempat maupun pihak perhutani. Alhasil, nuansa yang masih alami akan kamu saksikan di wisata ini.

Kabar baiknya, tiket masuk di wisata satu ini masih gratis (informasi bisa berubah sewaktu-waktu). Mungkin juga nggak akan biaya parkir mengingat letak Kedung Cinet di tengah hutan.

Kamu pun harus memarkirkan motor di pinggir jalan. Jadi, sebaiknya bawa kunci ganda saja agar kendaraan roda duamu tetap aman.

wisata kedung cinet jombang
instagram.com/m.arifin2007

Mengingat area parkir saja nggak tersedia. Apalagi untuk fasilitas lainnya.

Tapi menurut informasi yang beredar, terkadang ada penjual camilan bernama "pentol" di pinggir jalan. Meski begitu, kamu tetap harus berjaga-jaga untuk membawa bekal sendiri.

4. Tips berkujung ke Kedung Cinet

kedung cinet
instagram.com/rlinaovitasari

Wisata Jombang ini lokasinya masih sangat alami. Oleh karena itu, kamu perlu hati-hati saat berkunjung ke sini.

Beberapa hal pun perlu kamu perhatikan. Misalnya saja soal pemilihan waktu yang tepat ketika berkunjung ke Kedung Cinet.

Lebih baik kamu berkunjung ke Kedung Cinet saat musim kemarau saja. Selain akses jalan lebih mudah, air di sungainya juga lebih jernih.

kedung cinet jombang
instagram.com/anugrah_c219

Selain itu, perjuapkan pula kondisi fisikmu. Bekal tambahan juga sebaiknya kamu bawa. Kalau perlu, lebih baik juga kalau kamu membawa peta cadangan. Jangan malu juga untuk bertanya pada penduduk setempat.

Kedung Cinet adalah wisata Jombang yang cantik dan masih alami. Sebagai seorang traveler sejati, sebaiknya kamu menjaga kebersihan dan keasriannya.

Caranya? Tentu dengan nggak sembarangan membuang sampah. Bawalah sisa-sisa bawaanmu yang nggak terpakai dan buanglah pada tempat seharusnya, ya!

0 Comment