Qupas Travel

Menyusuri Pantai Batu Hideung, Sudut Eksotis Banten yang Memanjakan Mata

19 December 2019, at 03:00
1
Menyusuri Pantai Batu Hideung, Sudut Eksotis Banten yang Memanjakan Mata

Pariwisata di Banten mungkin nggak sepopuler Bogor atau Bandung. Tapi provinsi yang berada paling barat Pulau Jawa ini ternyata menyimpan kekayaan alam terpendam. Salah satunya adalah Pantai Batu Hideung.

Bagi sebagian besar orang, pasti nama pantai di Banten ini masih asing. Padahal, destinasi ini nggak kalah eksotis dari deretan pesisir di Bali maupun Lombok.

Penasaran ada apa saja di sana? Simak deh ulasan singkat Qupas berikut ini!

1. 'Bangkit' pasca tragedi tsunami

pantai batu hideung tanjung jaya
instagram.com/risma.april28

Tahu nggak sih, Pantai Batu Hideung adalah salah satu wisata Banten yang terdampak pasca tsunami sekitar 22 Desember 2018 lalu.

Saat itu, kurang lebih sebanyak 7 rumah di sekitar pantai hancur terserang dahsyatnya ombak. Beruntung, hampir semua warga mampu bertahan hidup.

Kini, setelah beberapa waktu pasca tragedi tersebut, wisata pantai di Pandeglang ini bangkit kembali. Pesonanya pun kembali menarik hati para wisatawan untuk mengunjunginya.

2. Pantai di Banten dengan bebatuan raksasa

pantai batu hideung banten
instagram.com/alviaul

Terlepas dari bencana yang pernah terjadi, keindahan pantai ini nggak pernah luntur. Terlebih lagi dengan adanya batu-batu raksasa di sekitar pesisir yang semakin menambah daya tarik destinasi ini.

Bebatuan raksasa tersebut jenis granit maupun karang berwarna hitam. Dan ternyata karena keberadaan batu-batu tersebut lah, tempat wisata di Banten ini kemudian dinamakan Pantai Batu Hideung. Dimana dalam Bahasa Sunda, 'hideung' berarti hitam.

3. Panorama yang mengarah ke Samudera Hindia

pantai batu hideung
instagram.com/vernandeshery

Pantai Batu Hideung memang worth it buat dikunjungi. Apalagi sejauh mata memandang, kamu hanya bakal melihat lautan lepas. Panoramanya pun langsung mengarah ke Samudera hindia. Jadi bukan hal mengherankan kalau ombaknya besar dan menantang.

Selain itu, perairan di lautan Batu Hideung dihiasi warna dengan gradasi yang cantik. Mulai dari bening di sepanjang garis pantainya. Kemudian turquoise, buru cerah, sampai tampak biru gelap di kejauhan.

Baca juga: Eksplor Pulau Sangiang, Sang Primadona di Banten yang Jadi Saksi Bisu Sejarah Indonesia

4. Eksotisnya Batu Hideung dari atas ketinggian

batu hideung dari ketinggian
instagram.com/riefaroifa

Satu lagi yang menarik dari pantai di Banten ini. Yaitu pemandangan yang nggak kalah cantik saat dilihat dari ketinggian.

Sebelum sampai di pantai ini, pasti kamu akan melewati jalan yang menurun dan tanjakan. Nah, dari sinilah panorama indah layaknya Jalur Lintas Selatan bakal kamu saksikan.

Perbukitan terlihat di sisi timur, dan lautan di sebelah barat. Deretan pohon bakau, hamparan sawah, aliran sungai, hingga pelelangan ikan juga bakal kamu lihat begitu memasuki kawasan Batu Hideung.

5. Cara ke Pantai Batu Hideung

jalan pantai batu hideung
instagram.com/dedisumahdi24

Lokasi Pantai Batu Hideung berada di Panimbang, Tanjungjaya, Panimbang. Dari pusat Kabupaten Pandeglang, jaraknya sekitar 45 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam.

Gimana, tertarik berkunjung ke Pantai Batu Hideung? Karena ombak di sekitar pesisir cukup menantang, tetap hati-hati ya saat berlibur. Sebaiknya cek prediksi cuaca juga sebelum liburan ke wisata Banten ini.