Merajut Bukan Cuma Untuk Orang Tua, Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Melakukannya

23 June 2018, pada 10:00
1
0
Merajut Bukan Cuma Untuk Orang Tua, Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Melakukannya

Gambaran kegiatan di hari tua biasanya tak jauh-jauh dari seorang nenek yang asyik merajut di kursi goyang, dengan kucing atau anjing yang melingkar di bawah kakinya. Memang, zaman dahulu merajut menjadi kegiatan mengisi waktu luang yang asyik dan cukup menyibukkan bagi para lansia. Tidak heran jika kemudian kegiatan ini identik dengan orang tua sehingga anak-anak muda enggan dicap tua sebelum waktunya jika melakoni hobi ini.

Tetapi, sesungguhnya merajut bukan hanya untuk orang tua lho. Di balik kegiatannya yang memerlukan ketelitian dan kesabaran, nyatanya merajut punya manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, terutama kesehatan jiwa manusia.

 

pexels.com

Melatih motorik

Saat merajut, hampir seluruh elemen otak kita bekerja dengan aktif. Koordinasi mata dengan tangan membuat motorik kita terlatih dengan baik. Oleh karena itu, merajut disarankan untuk para pengidap parkinson untuk menstimulasi motoriknya.

 

Mengurangi kecemasan dan depresi

Saat merajut, pikiran kita akan tercurah penuh pada pola dan ritme rajutan. Hal ini akan mengalihkan memori otak dari rasa cemas serta depresi. Efek yang ditimbulkan dari kegiatan merajut sama dengan meditasi. Bahkan, sebuah kampanye bernama “Stitch Away Stress” telah membantu ribuan orang yang mengalami kecemasan, depresi dan gangguan makan merasa lebih baik karena merajut memberikannya perasaan lebih rileks.

 

Pelepas stres

Gerakan repetitif adalah gerakan yang dominan dalam merajut. Tanpa disadari, gerakan berulang ini membuahkan perasaan yang menenangkan pada otak, yang kemudian disampaikan ke seluruh tubuh sebagai pelepas stres. Cocok banget untuk mengalihkan penatnya pikiran setelah sibuk seharian.

 

Mencegah kepikunan

Tak salah jika merajut menjadi kegiatan yang disukai oleh lansia. Ini dikarenakan merajut berhubungan dengan koordinasi otak dengan tangan. Gerakan kedua tangan saat merajut menggerakkan kedua belah otak kanan dan kiri. Daya kognitif pun terasah dengan baik sehingga menurunkan potensi pikun hingga 50 persen.

 

Ternyata begitu banyak ya manfaat luar biasa yang bisa kita dapatkan dari merajut. Kalau sudah tahu manfaatnya seperti ini, jangan lagi ragu memulai belajar merajut karena merajut bukan cuma untuk orang tua kok. Selamat berkarya!

0 Komentar