Merasa Bersalah? Lakukan 5 Hal Ini untuk Berhenti Selingkuh dari Pasangan

24 May 2019, at 08:00
0
0
Merasa Bersalah? Lakukan 5 Hal Ini untuk Berhenti Selingkuh dari Pasangan

Meskipun merupakan sesuatu yang buruk, namun perselingkuhan sudah menjadi sesuatu yang sering dilakukan oleh banyak orang. Entah itu dalam ikatan pernikahan atau pacaran.

Para ahli mengungkapkan bahwa faktor gender atau status pernikahan bukanlah sesuatu yang berpengaruh pada kasus perselingkuhan.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Archives of Sexual Behvior pada tahun 2017 lalu mengungkapkan bahwa orang yang pernah selingkuh memiliki kecenderungan untuk mengulangi hal tersebut lagi.

Baca Juga: 5 Hal Kecil Ini Termasuk Selingkuh Lho, Kamu Pernah Melakukannya?

Saat sudah menjadi kebiasaan, selingkuh merupakan sesuatu yang sulit untuk dihentikan. Namun, 5 langkah ini bisa membantumu untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

1. Menemukan Alasan Selingkuh

menemukan alasan selingkuh
pexels.com/@daria

Mengetahui alasan dari perselingkuhan yang kamu lakukan merupakan langkah penting. Dari hal ini, bisa diketetahui mengapa kamu sulit menghentikan kebiasaan tersebut.

Perselingkuhan dapat terjadi karena berbagai alasan, tergantung masing-masing individu. Beberapa orang berselingkuh karena merasa bosan, nggak bahagia dalam hubungan, balas dendam, atau bahkan hanya untuk sekadar mencari sensasi lain.

berpikir
pexels.com/@freestockpro

Apabila kamu sudah tahu apa yang membuatmu berselingkuh, kamu akan lebih mudah untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Intinya, perselingkuhan bukan merupakan solusi dari sebuah permasalahan. Kamu justru menambah masalah saat melakukannya.

2. Menghindari Godaan dari Luar

hindari godaan dari luar
pexels.com/@viniciuscosta

Terkadang perselingkuhan terjadi bukan hanya karena kamu memiliki niat, namun karena ada kesempatan terbuka dan godaan dari luar.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika kamu menghindari godaan-godaan tersebut agar nggak terjerumus dalam kesalahan yang akan kamu sesali.

hindari godaan
pexels.com/@fabioscaletta

Mengajak pasangan untuk datang ke acara reuni atau kumpul-kumpul bersama teman lama misalnya, bisa membuatmu terhindar dari hadirnya cinta lama bersemi kembali dan lain sebagainya.

Menghindari pergi berdua bersama dengan lawan jenis juga merupakan salah satu tindakan yang dapat mencegah perselingkuhan, lho.

3. Lebih Terbuka Pada Pasangan

lebih terbuka pada pasangan
pexels.com/@ybrphotography

Cara lainnya yang dapat kamu lakukan untuk menghentikan kebiasaan berselingkuh adalah menjadi lebih terbuka pada pasangan.

Kamu dan pasangan bisa berbagi hal-hal kecil seperti berkomunikasi tentang kegiatan yang kalian lakukan dalam satu hari, membagi jadwal kegiatan masing-masing, dan lain sebagainya.

terbuka pada pasangan
pexels.com/@kieran-white-286572

Hal ini secara nggak langsung akan membangun rasa saling percaya dan memperkuat hubunganmu dengan pasangan.

Dengan begitu, keinginan dan kesempatanmu untuk berselingkuh akan berkurang karena intensitas dan komunikasi yang lebih dengan pasangan.

Baca Juga: Jangan Panik Dulu, Mimpi Pacar Selingkuh Ternyata Artinya Baik Lho!

4. Memikirkan Perasaan Pasangan

pikirkan perasaan pasangan
pexels.com/@mihaistefann

Memikirkan perasaan pasangan juga merupakan salah satu cara untuk menghentikan kebiasaan selingkuhmu. Cobalah untuk membayangkan apa yang akan ia rasakan saat mengetahui perbuatan egoismu tersebut.

Bagaimana pun, melihat seseorang yang kamu cintai terluka karena kesalahanmu bukanlah hal yang menyenangkan.

5. Minta Bantuan Profesional

minta bantuan profesional
pexels.com/@energepic-com-27411

Apabila memang terlampau sulit untuk melakukannya sendiri, kamu bisa meminta bantuan profesional untuk membantumu berhenti selingkuh.

Berdiskusi dengan seorang relationship expert bisa membantumu mengetahui akar masalah dan berkomitmen dengan diri sendiri untuk menghentikan kebiasaan selingkuh tersebut.

Jadi buat Sobat Qupas yang ingin menghentikan kebiasaan selingkuh, bisa melakukan 5 cara di atas ya. Ingat, selingkuh nggak akan bisa menyelesaikan masalah dan membuatmu bahagia.

0 Comment