Merasakan Kesegaran Air Terjun Piala, Objek Wisata Luwuk yang Cantiknya Juara

29 November 2019, at 15:00
0
0
Merasakan Kesegaran Air Terjun Piala, Objek Wisata Luwuk yang Cantiknya Juara

Provinsi Sulawesi Tengah memang memiliki banyak potensi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Meskipun belum sepopuler Bali atau Lombok, namun daerah tersebut nggak kalah indah kok.

Salah satu destinasi yang perlu kamu eksplore kecantikannya adalah Air Tejun Piala di Kota Luwuk. Penasaran apa yang membuatnya istimewa? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini.

1. Air Terjun Piala

air terjun piala luwuk
instagram.com/aul_ra7

Mendengar namanya, mungkin kamu berpikir bahwa Air Terjun Piala memiliki bentuk seperti piala. Padahal, objek wisata ini memiliki struktur yang unik dan berundak seperti tangga lho.

Lantas, kenapa ya dinamakan demikian? Saat mengunjunginya, mungkin kamu akan berpikir bahwa air terjun eksotis ini dinamakan demikian karena keindahan yang disajikan memang juara.

2. Alam yang Rindang Menenangkan

air terjun piala di luwuk
instagram.com/willy_photograph

Letaknya yang berada di tengah hutan lebat membuat Air Terjun Piala terasa masih sangat alami. Pepohonan hijau yang ada disekitanya mampu menyuguhkan udara sejuk serta menyegarkan pikiran.

Cocok banget kan buat kamu yang lagi suntuk dengan tugas-tugas atau pekerjaan yang menumpuk?

3. Berenag di Kolam Alami Air Terjun Piala

wisata air terjun piala
instagram.com/andrikilua

Nggak cuma bisa menikmati pesona Air Terjun Piala dengan memandanginya saja, namun kamu juga bisa merasakan sensasi menyegarkan saat berenang di kolam alaminya yang jernih kehijauan.

Tapi kamu harus berhati-hati ya. Pasalnya, kolam alami di bawah air terjun ini memiliki kedalaman mencapai 4 meter sehingga sebaiknya menggunakan alat bantu seperti pelampung kalau kamu belum terlalu mahir.

Baca Juga: 8 Air Terjun di Indonesia dengan Kolam Alami Sebening Kaca

4. Pembangkit Listrik yang Instagenik

air terjun piala
instagram.com/adidjufri

Selain terkenal sebagai salah satu objek wisata instagenik, Air Terjun Piala ternyata juga dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLMTH), lho!

Nggak hanya menyajikan pemandangan yang cantik dan megah saja, destinasi yang satu ini juga bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

5. Cara ke Air Terjun Piala

lokasi air terjun piala
instagram.com/endahes05

Lokasi Air Terjun Piala terletak di Desa Hanga-Hanga, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Apabila berangkat dari Kelurahan Hanga-Hanga, kamu hanya memerlukan waktu kurang lebih 20 menit saja.

Setelah sampai di pintu air PLMTH, kamu masih harus berjalan kaki sekitar 10 menit. Meskipun tergolong singkat, namun medan yang ditempuh cukup curam dan melelahkan.

Well, Air Terjun Piala memang salah satu objek wisata di Sulawesi Tengah yang asyik untuk dikunjungi ya Sobat Qupas. Kalau sedang ada di sana, jangan lupa mampir ya!

0 Comment