Meski Bahan Dasarnya Sama, Ini Lho 5 Perbedaan Thai Tea, Milk Tea, dan Teh Tarik

08 November 2019, at 09:00
0
0
Meski Bahan Dasarnya Sama, Ini Lho 5 Perbedaan Thai Tea, Milk Tea, dan Teh Tarik

Sebagian dari sobat Qupas pasti pernah mencicipi minuman kekinian dengan bahan dasar teh yang menjamur di Indonesia. Kedainya pun nggak susah ditemui, dari yang di pinggir jalan hingga di mall juga ada.

Minuman teh yang diracik dengan susu ini memang sangat cocok di lidah masyarakat. Maka nggak heran, kalau kedainya pun selalu ramai.

Tapi tahu nggak sih, kalau Thai tea, milk tea, dan teh tarik itu punya banyak perbedaan yang masih jarang diketahui? Nah biar nggak penasaran, simak yuk ulasan Qupas berikut ini!

1. Tempat asal yang berbeda-beda

thai tea
migrationology.smugmug.com

Perbedaan yang pertama adalah tempat minuman kekinian ini berasal. Seperti yang kita ketahui, kalau Thai tea jelas berasal dari Negeri Gajah Putih.

Kalau teh tarik berasal dari dataran India, kemudian populer di tanah Melayu. Dulu, minuman ini banyak dijual oleh perempuan India di kedai kopi yang ada di pasar tradisional.

Sedangkan milk tea pertama kali ada di daerah Cina Selatan, awalnya dibawa oleh kolonial Inggris. Dulu, teh yang digunakan adalah teh hitam yang dicampurkan dengan susu sebagai pemanis.

2. Bahan minuman ini nggak sama lho

minum thai tea enak
blog.davidstea.com

Milk tea adalah minuman kekinian yang terbuat dari campuran teh dan susu. Bahan teh tarik juga sama.

Nah, kalau Thai tea bahannya berasal dari rempah-rempah, vanila, dan bunga lawang. Nggak lupa juga, secangkir susu kental manis yang diuapkan untuk menghilangkan kadar airnya.  Kemudian tambahkan krimmer agar manisnya lebih legit.

3. Proses pembuatannya pun juga berbeda-beda

minuman thai tea yang kekinian
bornandbredinbrooklyn.com

Untuk proses pembuatannya sendiri, ketiga minuman ini memiliki tekniknya sendiri-sendiri. Kalau milk tea, tinggal mencampurkan kedua bahannya saja kemudian diaduk hingga tercampur merata.

Nah, meski teh tarik memiliki bahan yang sama dengan milk tea, namun proses pembuatanya berbeda. Langkahnya pun cukup unik, yakni dengan menuang susu dan teh ke dalam wadah khusus lalu ditarik secara berulang-ulang.

Sedangkan kalau cara membuat Thai tea hanya perlu menunggu proses penguapan susu. Kemudian dicampurkan dengan bahan lainnya yang sudah disebutkan dalam poin sebelumnya.

Baca juga: Goola, Kedai Minuman Tradisional Milik Putra Presiden Jokowi yang Kekinian

4. Ketiga minuman hits ini memiliki cita rasa sendiri-sendiri

minuman hits thai tea
moretify.com

Teh tarik memiliki rasa yang cenderung manis namun sedikit pahit. Kalau milk tea menawarkan rasa yang manis legit dari susu cair yang dicampurkan dengan teh.

Nah karena Thai tea memiliki banyak bahan di dalamnya, jadi rasa yang tercipta pun lebih kaya dan bervariasi.  

5. Harga jual yang ada di pasaran

harga segelas thai tea
blue.kumparan.com

Harga jual minuman berbahan dasar teh ini di setiap daerah bisa berbeda-beda. Kalau Thai tea biasanya dibanderol dari harga 5-30 ribu rupiah per gelasnya.

Untuk teh tarik dan milk tea biasanya memiliki harga antara 10-20 ribu rupiah. Hanya saja, harga milk tea terkadang bisa lebih mahal karena tambahan boba sebagai toppingnya.

Nah, itulah perbedaan dari ketiga minuman kekinian yang banyak disukai oleh anak muda zaman sekarang. Kalau favoritmu yang mana nih?

0 Comment