Meski Belum Bisa Berbicara, Ini Tanda Bayi Bahagia Menurut Usianya

30 October 2019, at 17:00
0
0
Meski Belum Bisa Berbicara, Ini Tanda Bayi Bahagia Menurut Usianya

Orang tua mana sih yang nggak senang melihat buah hatinya bahagia? Rasanya, semua orang tua pasti menginginkan hal tersebut dan rela melakukan apa saja untuk mewujudkannya.

Akan tetapi, sudahkan kamu mengetahui tanda bayi bahagia? Karena belum bisa berbicara, kamu mungkin akan kesulitan untuk menangkap ciri-ciri kebahagiaan buah hati. Apalagi, bayi biasanya belum bisa tersenyum atau tertawa di bulan-bulan pertama kehidupannya.

Oleh sebab itu, sebagai orang tua kamu sebaiknya mengetahui tanda-tanda bayi bahagia seperti berikut ini.

1. Bayi Baru Lahir

bayi bahagia
pexels.com/@public-domain-pictures

Menurut Linda Credolo, Ph.D. yang merupakan pendiri Baby Signs Inc., bayi yang baru lahir belum memiliki kemampuan untuk menunjukkan emosi positifnya.

Seperti yang telah disebutkan di atas, bayi belum lahir biasanya belum bisa tersenyum sehingga hanya mampu berkomunikasi dengan dua cara yaitu menangis dan diam.

Oleh sebab itu, jangan berharap si kecil akan tersenyum atau menujukkan ekspresi berbinar-binar. Saat bayi diam dan memandang wajah orang tuanya, itu berarti ia merasa nyaman dan bahagia.

2. Bayi Usia 0-3 Bulan

anak kecil
pexels.com/@kelvinocta16

Pada usia 0 sampai 3 bulan, bayi akan menunjukkan perasaan nyaman dan bahagia dengan menyesuaikan tubuhnya atau berusaha meringkuk lebih dekat dengan lengan orang tua saat digendong.

Selain itu, pada usia 4 sampai 10 minggu bayi juga mulai tersenyum secara spontan sebagai reaksi kebahagiaan saat melihat seseorang atau sesuatu yang membuatnya senang.

3. Bayi Usia 3-6 Bulan

tanda bayi bahagia
pexels.com/@j-carter-53083

Pada usia 3 sampai 6 bulan, senyuman si kecil akan berubah menjadi tawa bahagia. Interaksi yang berkualitas dengan orang tua lah yang dapat menyebabkan hal tersebut.

Bayi senang apabila kamu membuat suara atau sentuhan lucu. Memasuki usia 6 bulan, si kecil sudah bisa merespon dengan tawa saat kamu mengajaknya main cilukba.

Baca Juga: Meskipun Sederhana, Hal Ini Jadi Pemicu Utama Anak Merasa Bahagia Lho Bunda

4. Bayi Usia 4-7 Bulan

bayi baru lahir
pexels.com/@georgia-maciel-1033378

Saat bayi mulai mengoceh, orang tua nggak boleh mengabaikannya. Hal tersebut merupakan suara-suara hasil pengamatan terhadap orang di sekitarnya.

Menurut Athe Voulaumanis, seorang peneliti di Infant Cognition and Communication Lab of New York University, bayi yang mengoceh dengan nada tinggi menunjukan minat pada sesuatu atau perasaan bahagianya.

5. Bayi Usia 12-18 Bulan

bayi
pexels.com/@pixabay

Dilansir dari majalah American Baby, bayi mulai memiliki selera humor pada usia 1 tahun. Si kecil bahkan akan mencoba untuk membuatmu tertawa lho.

Penelitian tentang pengembangan humor pada anak-anak menunjukkan bahwa melakukan hal-hal konyol dengan benda biasanya menjadi sumber kebahagiaan di usia tersebut.

Setelah mengetahui ciri atau tanda bayi bahagia di atas, Sobat Qupas nggak perlu bingung dan menerka-nerka lagi deh. Semoga bermanfaat ya!

0 Comment