Meski Makeup Permanen Bisa Bikin Cantik Sepanjang Tahun, Tapi Aman Dicoba Nggak Sih?

08 October 2019, at 19:00
0
0
Meski Makeup Permanen Bisa Bikin Cantik Sepanjang Tahun, Tapi Aman Dicoba Nggak Sih?

Kalau dipikir-pikir, rutinitas berdandan setiap hari bisa memakan banyak waktu. Itulah mengapa, prosedur makeup permanen sangat menggoda untuk sebagain wanita.

Makeup permanen menjanjikan bentuk alis, bulu mata, hingga bibir yang sempurna. Bahkan ketika kamu bangun di pagi hari, wajah akan tetap terlihat cantik seperti masih menggunakan polesan produk kosmetik.

Untuk prosedurnya sendiri, teknik makeup permanen mirip seperti mentato tubuh. Proses ini dilakukan dengan cara memasukkan pigmen warna ke lapisan kulit paling atas menggunakan bantuan jarum khusus.

makeup permanent
instagram.com/helle.beauty

Jenis makeup permanen pun ada banyak. Mulai dari permanent eyebrow, permanent eyeliner, permanent eyelash, lip blushing, permanent concealer hingga permanent blush.

Semua prosedur tersebut dilakukan untuk memperindah tampilan alis, bulu mata, bibir, dan beberapa bagian wajah lainnya supaya kamu nggak perlu ribet berdandan lagi. Hmm, sangat menarik bukan?

Tapi jangan lupa, selain menawarkan keindahan, setiap prosedur tersebut punya kekurangan dan tentunya risiko. Nah sebelum mencobanya, pahami dulu yuk berbagai jenis permanen makeup berikut efek yang ditimbulkan berikut ini.

1. Permanent Eyebrow

permanent eyebrow
browdesignbydina.com

Permanent eyebrow atau sulam alis termasuk salah satu teknik yang disukai wanita Indonesia. Prosedur ini dilakukan dengan cara menanam pigmen yang berupa tinta menggunakan jarum atau pisau super kecil hingga lapisan kedua kulit.

Hasilnya, tampilan alis terlihat lebih tebal dan rapi sesuai bentuk yang diinginkan. Kamu pun nggak perlu memakai eyebrow pencil lagi setiap hari.

sulam alis
capitalhairandbeauty.co.uk

Teknik sulam alis di setiap negara juga bermacam-macam. Meski disebut sebagai permanent eyebrow, tapi hasilnya nggak benar-benar permanen.

Pasalnya, sulam alis umumnya bisa bertahan dalam waktu sekitar 6 bulan hingga tiga tahun saja. Kalau mau hasilnya tetap cantik, kamu juga perlu 'kontrol' secara rutin untuk retouch tinta yang memudar.

Selain itu, ada hal yang perlu kamu waspadai. Bagi beberapa orang, tinta yang digunakan untuk sulam alis bisa menimbulkan iritasi di area sekitar mata. Tanda-tanda yang muncul biasanya adalah adanya bercak merah pada alis, rasa panas, hingga bengkak.

Baca juga: 6 Efek Negatif Sulam Alis yang Harus Kamu Ketahui, Lumayan Ngeri lho!

2. Permanent Eyeliner

permanent eyeliner
beautygrace.com.au

Eyeliner waterproof memang bisa membuat garis mata terlihat lebih jelas dan cantik. Tapi produk makeup ini tentunya harus dihapus setiap hari supaya nggak menimbulkan iritasi.

Sebagai solusinya, ada prosedur bernama permanent eyeliner yang dilakukan dengan cara menanam pigmen warna ke garis mata. Hasilnya sama seperti ketika kamu memakai eyeliner, tapi nggak bakal luntur meski terkena keringat, digunakan untuk mandi, bahkan ketika bangun tidur.

eyeliner permanen
grouponcdn.com

Risiko permanent eyeliner nggak jauh berbeda dengan sulam alis. Karena tinta yang digunakan pasti mengandung bahan kimia yang bisa memicu iritasi.

Selain itu, kamu biasanya nggak diperbolehkan mengaplikasikan makeup mata selama tiga hari setelah prosedur dilakukan. Karena hal ini juga bisa memicu timbulnya infeksi.

3. Permanent Eyelash

permanent eyelash
standard.co.uk

Salah satu cara memperindah tampilan bulu mata yang cukup populer di Indonesia adalah dengan eyelash extension. Tapi teknik ini umumnya hanya bertahan selama dua bulan.

Kalau mau hasil yang lebih lama, ada prosedur permanent eyelash. Teknik ini dilakukan dengan cara mengambil rambut kepalamu di bagian belakang kemudian ditransplantasikan ke area bulu mata.

eyelash permanent
minibeautylife.com

Sebelum ditanam ke area bulu mata, rambut akan dipotong dan dilentikan terlebih dulu supaya hasilnya terlihat indah. Prosedur ini memang boleh dicoba, tapi pastikan untuk mengunjungi ahlinya.

Atau, kamu bisa lho membuat bulu mata lebih tebal dan panjang dengan bantuan eyelash serum. Karena teknik permanent eyelash pada dasarnya cukup rumit dan risiko infeksi yang dibawa juga tinggi.

4. Lip Blushing

lip blushing
biotekmilano.com

Lip blushing atau sulam bibir juga populer di Indonesia. Prosedur yang dilakukan nggak berbeda jauh dengan sulam alis, hanya saja memakai tipe jarum dan warna tinta yang berlainan.

Tampilan bibir pink natural bisa kamu dapatkan dari prosedur ini. Lip blushing pastinya sangat disukai karena akan meminimalisir penggunaan lipstik atau perona bibir lainnya.

sulam bibir
instagram.com/christin_bun

Efek samping dari makeup permanen ini adalah, biasanya di 48 jam pertama bibir akan mengalami pembengkakan. Selain itu, risiko infeksi juga mengincar karena tinta yang ditanamkan.

Nah, itulah beberapa jenis prosedur makeup permanen yang banyak dicoba para wanita. Tapi selain itu sebenarnya masih ada teknik permanent concealer, permanent blush, hingga permanent eyeshadow.

Tapi ketiga prosedur tersebut kurang disarankan karena bila terjadi alergi atau infeksi, reaksinya bisa menyerang area yang cukup luas.

Baca juga: Tanpa Perlu Biaya Mahal, Ini 6 Cara Membuat Bibir Hitam Menjadi Merah Permanen

Jadi, sebelum mencoba makeup permanen dengan prosedur menanamkan benda asing ke dalam kulit ini, pastikan untuk mengunjungi ahli yang benar-benar berkompeten dan pahami risikonya. Karena infeksi bisa terjadi setahun kemudian sebagai reaksi alergi sistem kekebalan tubuh.

0 Comment