Meski Menyehatkan, Bolehkan Minum Air Kelapa Setiap Hari?

19 August 2019, at 10:00
0
0
Meski Menyehatkan, Bolehkan Minum Air Kelapa Setiap Hari?

Air kelapa, baik yang muda maupun tua, merupakan salah satu minuman yang menjadi kesukaan banyak orang. Hal tersebut disebabkan oleh rasanya yang enak, segar, serta buahnya yang relatif mudah untuk didapatkan.

Selain itu, air kelapa juga banyak dikonsumsi karena memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Bahkan, minuman ini menjadi salah satu alternatif pengobatan bagi orang yang sedang keracunan lho.

air kelapa
hellosehat.com

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat air kelapa bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui.

  • Mengatasi dehidrasi
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menguatkan sistem kekebalan tubuh
  • Baik untuk kesehatan kulit
  • Melancarkan pencernaan
  • Menghilangkan racun
  • Baik untuk ibu hamil dan janinnya
  • Menambah energi
  • Dan lain sebagainya

air kelapa muda
rethinkbeautiful.com

Wah, ternyata air kelapa memang memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan ya? Meski demikian, segala sesuatu yang berlebihan memang nggak disarankan.

Mengonsumsi air kelapa setiap hari atau terlalu banyak juga bisa menyebabkan masalah kesehatan akibat nutrisi tubuh yang nggak seimbang. Seperti di bawah ini contohnya.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Tentang Santan Kelapa, Beneran Bikin Kolesterol atau Justru Menyehatkan?

Bahaya Mengonsumsi Air Kelapa Berlebihan

1. Kalium Berlebihan

serangan jantung
shutterstock.com

Tahukah kamu, kandungan kalium dalam air kelapa ternyata 10 kali lebih banyak apabila dibandingkan dengan minuman energi lainnya. Mengonsumsinya secara berlebihan hanya akan menimbulkan beberapa efek samping.

Seperti hiperkalemia dan gangguan jantung. Hal ini juga telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang berjudul Death by Coconut.

Kandungan kalium yang berlebihan dan melebihi kebutuhan harian dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Seperti sakit perut, keringat dingin, pusing, napas yang terengah-engah, nyeri pada lengan dan dada, bahkan serangan jantung.

2. Sodium Berlebihan

tekanan darah tinggi
hellosehat.com

Selain kalium, ternyata air kelapa juga mengandung sodium yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 252 mg pada setiap gelasnya (250cc).

Apabila kamu mengonsumsi dua gelas saja sehari, berarti kamu telah memenuhi setidaknya 70 persen dari kebutuhan sodium harian. Jika terdapat sodium berlebihan dalam tubuh, kamu bisa mengalami peningkatan dan tekanan darah dan risiko kanker perut.

Baca Juga: Semakin Banyak Anak Muda Terkena Tekanan Darah Tinggi Karena Hal Sepele Ini

3. Kelebihan Gula

kelebihan gula
studyfinds.org

Air kelapa sudah mengandung gula alami sebanyak 6 gr pada setiap porsinya. Meski demikian, kebanyak orang masih memberikan gula tambahan saat mengonsumsinya.

Oleh sebab itu, minum air kelapa yang ditambah gula memang nggak disarakan. Karena bisa menyebabkan kelebihan gula dalam tubuh. Menurut Harvard School of Public Health, hal ini juga memberikan efek samping seperti meningkatnya risiko obesitas.

Jadi meski menyehatkan, kamu tetap nggak boleh mengonsumsi air kelapa secara sembarangan dan berlebihan ya Sobat Qupas. Minumlah sesuai dengan porsi dan tetap imbangi dengan asupan gizi yang lain.

0 Comment