Meski Punya Banyak Manfaat, Ketumbar Tidak Boleh Dikonsumsi oleh 8 Orang Ini

08 January 2019, pada 00:00
0
0
Meski Punya Banyak Manfaat, Ketumbar Tidak Boleh Dikonsumsi oleh 8 Orang Ini

Ketumbar merupakan salah satu bumbu dapur yang biasanya digunakan untuk memasak. Selain membuat makanan menjadi enak, bumbu ini ternyata juga baik bagi kesehatan.

Biji ketumbar bisa mengatasi dan mengobati gangguan kesehatan, mulai dari yang ringan hingga serius.

Meski memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, ketumbar juga bisa berbahaya, lho. Bahkan ternyata 8 orang dengan kondisi ini sebaiknya tidak mengonsumsi ketumbar karena bisa berbahaya bagi kesehatan.

1. Masalah Hati

masalah hati
hellosehat.com

Ketumbar biasanya digunakan untuk obat bagi orang yang memiliki masalah hati. Tetapi penggunaan yang berlebihan dan terus menerus justru bisa menyebabkan sekresi empedu dan menyebabkan kondisi abnormal.

Hal ini justru berbahaya dan memperburuk keadaan. Sehingga orang yang mengalami masalah hati sebaiknya menghindari konsumsi ketumbar.

2. Alergi

alergi
hellosehat.com

Jika kamu merupakan orang yang rentan terkena alergi, ketumbar bisa berbahaya bagimu. Sebagian orang mungkin mengalami reaksi alergi seperti ruam, kesulitan bernapas, bengkak di wajah atau tenggorokan, pusing, dan lain-lain setelah penggunaan ketumbar.

3. Hamil dan Menyusui

hamil dan menyusui
pexels.com/@leah-kelley-50725

Ibu hami dan menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi ketumbar atau menggunakannya dalam jumlah yang terbatas.

Sebab ketumbar bisa menimbulkan efek buruk pada sekresi kelenjar. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan janin, ibu hamil atau kelenjar reproduksi.

4. Masalah Pernapasan

masalah pernapasan
klikfarmasi.com

Sebaiknya jangan mengonsumsi ketumbar secara berkepanjangan apabila kamu memiliki masalah pernapasan. Hal ini karena ketumbar bisa memberikan efek buruk dan memperparah masalahmu.

Masalah pernapasanmu bisa disertai dengan nyeri dada, tenggorokan kering, dan penyempitan tenggorokan.

Baca Juga: 8 Bumbu Dapur yang Dipercaya Bikin Panjang Umur

5. Kulit Sensitif

kulit sensitif
glitzmedia.co

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, penggunaan ketumbar bisa menyebabkan masalah pada kulitmu. Terkadang sensitivitas matahari dapat meningkat setelah mengonsumsi ketumbar.

Hal ini akan meningkatkan risiko kulit terbakar, peradangan, gatal, penggelapan kulit, iritasi, bahkan kanker kulit.

6. Masalah Pencernaan

masalah pencernaan
shutterstock.com

Biji ketumbar terkenal dengan manfaatnya yang dapat menyembuhkan masalah pencernaan. Akan tetapi tidak baik menggunakan ketumbar sebagai obat dalam jangka waktu yang lama.

Pasalnya hal ini justru akan memperparah masalah pencernaanmu dengan munculnya diare, kehilangan nafsu makan, bahkan dehidrasi.

7. Menstruasi

menstruasi
hellosehat.com

Biji ketumbar juga bisa mengobati gangguan menstruasi. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk semua wanita.

Jika kamu sedang datang bulan, sebaiknya jangan mengonsumsi ketumbar terlebih dahulu karena bisa menyebabkan penyimpangan menstruasi.

8. Gula Darah Rendah

gula darah rendah
hellosehat.com

Sejak dahulu ketumbar digunakan untuk meringankan diabetes karena bisa menurunkan gula darah. Bayangkan jika kamu memiliki gula darah yang rendah kemudian mengonsumsi ketumbar. Gula darahmu pasti akan turun secara drastis.

Meskipun tidak semua orang bisa mengalami hal tersebut, tetapi tidak ada salahnya untuk mencegah dan berjaga-jaga kan? Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Sebaiknya kamu mengonsumsi ketumbar tidak terlalu banyak dan sesuai porsi. Jika dalam 8 keadaan di atas, lebih baik untuk menghindari.

0 Komentar