Meski Ribet, Ini Alasan Kamu Harus Pakai Jas Hujan Agar Tidak Berakibat Fatal

04 February 2019, pada 00:00
0
0
Meski Ribet, Ini Alasan Kamu Harus Pakai Jas Hujan Agar Tidak Berakibat Fatal

Kamu pasti sering merasa bahwa menggunakan jas hujan adalah hal yang ribet. Beberapa orang lebih memilih kehujanan daripada harus repot memakainya.

Padahal, ada bahaya tersembunyi apabila kamu melakukan itu, lho. Bahaya kehujanan bisa saja menyerangmu dan mengganggu keseharian.

Ingin tahu apa saja yang mungkin terjadi pada tubuhmu ketika hujan turun? Yuk simak bahaya terkena air hujan berikut ini.

1. Serangan Suhu Dingin yang Tiba-Tiba

bahaya kehujanan serangan suhu dingin yang tiba tiba
spiritriau.com

Ketika seseorang kehujanan, ia akan merasakan serangan suhu dingan yang tiba-tiba dalam tubuhnya. Kondisi ini membuatnya mengalami penurunanan sistek kekebalatan tubuh.

Hasilnya, badan akan lebih mudah terserang penykit dan virus.

air hujan mmebuat bdan menerima serangan dingin yang tiba tiba
shutterstock.com

Itulah mengapa kamu sebaiaknya menggunakan jas hujan. Agar air tidak langusng menyentuh kulit dan membuat tubuh menjadi kaget. Selain itu, serangan suhu dingin yang tiba-tiba bisa juga menyempitkan pembuluh darah.

2. Turunnya Suhu di Kepala

bahaya kehujanan turunnya suhu di kepala
hawaiipacifichealth.org

Pernah mendengar saran untuk mencuci rambut apabila kehujanan tidak? Kamu pasti sering melakukan hal tersebut. Air hujan memang bisa menyebabkan sakit kepala pada seseorang.

Hal ini karena terjadi penurunan suhu di area tersebut.

air hujan menurunkan suhu kepala
youtube.com

Suhu yang lebih dingin di kepala membuat tubuh mengeluarkan energi yang lebih besar untuk mengusir dingin. Itulah mengapa kepala menjadi pusing saat sering terkena hujan.

3. Hujan Bersifat Asam

bahaya kehujanan air bersifat asam
hellosehat.com

Ar hujan yang turun ke bumi bersifat asam. Hal ini karena di dalamnya terkandung gas yang ada di udara. Kondisi inilah yang menyebabkan seseorang rawan sakit setelah mengalami kehujanan atau terkena air hujan.

bahaya hujan asam
layarberita.com

Bahkan, hujan yang rintik-rintik atau hanya gerimis membuat tingkat keasaman pada air hujan menjadi lebih besar. Mungkin hal inilah yang menjadi dasar bahwa terkena gerimis lebih berbahaya daripada hujan.

Baca Juga: Hati-Hati, Penyakit Ini Muncul Saat Musim Hujan

4. Jenis Penyakit Ketika Hujan

air hujan jenis penyakit
sciencemag.org

Meskipun ribet, namun kamu memang perlu menggunakan jas hujan. Ada beberapa bahaya kehujanan yang akan membuat tubuh terserang beberapa penyakit.

Mungkin masalah kesehatan ini bukan sesuatu yang parah. Namun kehadirannya bisa menjadi fatal karena keseharian akan sangat terganggu.

penyakit hujan
pesanlab.com

Kamu mungkin saja terserang sakit kepala, flu, atau penyakit menular lainnya. Maka, bahaya kehujanan tidak hanya akan berdampak pada diri sendiri, akan tetapi juga orang lain.

Selain itu, apabila tubuh menjadi lembab karena kebasahan, kamu bisa mengalami gatal-gatal karena jamur.

5. Upaya Pencegahan

mencegah bahaya hujan
sheknows.com

Apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko bahaya kehujanan? Salah satunya adalah dengan memakai jas hujan. Apabila sudah terlanjur kehujanan, maka sebaiknya segera ganti pakaian untuk mengurangi risiko kedinginan.

pencegahan bahaya kehujanan
fitnessbin.com

Mandilah dengan membilas rambut dan keringkan dengan maksimal. Hangatkan tubuh dengan teh atau sup dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui hal-hal di atas, apakah kamu masih mau tidak menggunakan jas hujan? Sebaiknya hindari hal tersebut karena meskipun malas, kamu harus tetap memakainya.

Lakukan hal tersebut demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Serta, agar tubuh terhindar dari penyakit yang mengganggu keseharian.

Untuk mendapatkan lebih banyak info kesehatan, silakan unduh aplikasi Qupas melalui Google Play Store atau Apple App Store secara gratis.

0 Komentar