Meski Sederhana, 6 Cara Ini Ternyata Bikin Anak Merasa Istimewa Lho Bunda!

19 October 2019, at 00:00
0
0
Meski Sederhana, 6 Cara Ini Ternyata Bikin Anak Merasa Istimewa Lho Bunda!

Mengasuh dan membesarkan anak bukanlah hal yang mudah. Meskipun demikian, setiap orang tua pasti selalu mengusahakan yang terbaik dan memastikan bahwa buah hati nggak kekurangan perhatian dan kasih sayang.

Pasalnya, anak yang nggak memiliki rasa keterikatan khusus dengan orang tua cenderung lebih untuk mengikuti aturan dan sering membuat masalah.

Untuk menghindari hal tersebut, beberapa hal sederhana di bawah ini dapat kamu lakukan untuk membuat anak merasa istimewa dan bahagia.

1. Lakukan Kontak Mata Setiap Berbicara

orang tua dan anak
pexels.com/@pixabay

Sebagai orang tua, kamu mungkin memiliki banyak hal yang harus dikerjakan sehingga membagi fokus dengan kegiatan lain saat anak sedang bercerita atau berbicara. Padahal, hal tersebut bisa membuat si kecil merasa dinomor duakan lho.

Jadi, setiap kali anak ingin bercerita atau mengobrol denganmu usahakan untuk mengehentikan segala kegiatan. Lakukan kontak mata saat si kecil berbicara dan berikan tanggapan agar ia merasa kamu benar-benar ada di sana dan mendengarkan.

2. Mengajukan Pertanyaan

ibu dan anak
pexels.com/@alena-shekhovtcova-827912

Selain melakukan kontak mata setiap kali berbicara, orang tua juga bisa membuat anak merasa istimewa dengan mengajukan pertanyaan. Hal tersebut secara nggak langsung akan membuat buah hati merasa bahwa kamu perhatian dan ingin mengetahui apa yang terjadi dalam hidupnya.

Kalau bisa, jangan ajukan pertanyaan yang terlalu umum seperti “Bagaimana sekolahnya hari ini?”. Cobalah untuk bertanya tentang sesuatu yang lebih detail seperti dengan siapa si kecil makan siang hari ini, dan lain sebagainya.

3. Habiskan Waktu yang Berkualitas

ibu dan anak
pexels.com/@filipe-leme-1139694

Menghabiskan waktu seharian atau 24 penuh bersama buah hati mungkin merupakan hal yang mustahil. Namun, kamu bisa menggantinya dengan waktu yang berkualitas, meskipun hanya 10 menit setiap harinya.

Biarkan buah hati memilih kegiatan yang akan dilakukan bersama dan usahakan untuk menghindari handphone agar bisa lebih fokus pada anak.

Baca Juga: Mengenali Bahasa Cinta Buah Hati, Supaya Orangtua Nggak Salah Memberi

4. Ciptakan Tradisi

memasak bersama anak
giadzy.com

Menciptakan tradisi bersama juga bisa membuat anak merasa istimewa. Nggak perlu sesuatu yang berat dan rumit, lebih baik fokus pada hal yang dapat menciptakan kenangan bersama.

Misalnya, kamu bisa menjadikan hari Minggu sebagai hari memasak bersama si kecil atau hari menonton film bersama, dan lain sebagainya. Secara nggak langsung, kegiatan yang dapat dilakukan secara rutin tersebut akan membuat ikatan yang kuat antara orang tua dan buah hati.

5. Menyukai Apa yang Anak Suka

main game
aoccerfitacademy.com

Kamu mungkin nggak terlalu paham saat anak berbicara tentang game, sepak bola, dan lain sebagainya yang ia sukai. Akan tetapi, menaruh perhatian terhadap hal-hal yang ia gemari akan membuat si kecil merasa penting untukmu.

Cobalah untuk mendengarkan dengan antusias ketika ia berbicara tentang game kesukaannya dan cobalah untuk mempelajari serta bermain dengannya.

6. Bersikap Penuh Kasih Sayang

mencintai anak
pexels.com/@josh-willink-11499

Menunjukkan kasih sayang dengan cara-cara sederhana seperti memberikan pelukan sebelum tidur, mengelus kepala anak saat ia sedang berbicara, dan lain sebagainya juga bisa membuatnya merasa istimewa.

Wah, ternyata ada banyak hal-hal sederhana yang bisa membuat anak merasa penting dan istimewa ya Sobat Qupas. Mulai terapkan mulai besok yuk!

0 Comment