Meski Sepele, 5 Aturan Memberikan Camilan pada Balita Ini Perlu Orang Tua Ketahui

25 October 2019, at 17:00
0
0
Meski Sepele, 5 Aturan Memberikan Camilan pada Balita Ini Perlu Orang Tua Ketahui

Meskipun kelihatannya sepele, namun memberikan camilan untuk anak nggak boleh sembarangannya lho! Bagaiamana pun, hal tersebut akan membentuk pola makan dan gaya hidup si kecil sejak dini.

Selain itu, pemilihan camilan yang kurang tepat untuk anak pun bisa memengaruhi perkembangannya. Oleh sebab itu, sebagai orang tua kamu perlu mengetahui beberapa aturan berikut ini.

1. Hindari Camilan Kemasan

anak sehat
stock.adobe.com

Aturan pertama yang perlu diketahui oleh orang tua saat ingin memberikan camilan untuk anak adalah menghindari snack kemasan.

Kalau bisa, berikan sesuatu yang segar dan kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, serat, dan protein kepada si kecil ya! Cobalah untuk menghindari jenis camilan yang mengandung pemanis buatan, pengawet, MSG, dan lain sebagainya.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk membuat si kecil tersebiasa dengan pola makan sehat dan terhindar dari berbagai zat buruk yang dapat menghambat perkembangannya.

2. Membuat Camilan Sendiri

memasak dengan anak
firefliesandmudpies.com

Selain menghindari camilan kemasan, kamu juga bisa membuat camilan sendiri untuk buah hati. Nggak perlu terlalu rumit, sereal rendah gula, potongan buah segar, atau crackers gandum pun sudah cukup kok.

Jika sempat dan memiliki banyak waktu, kamu bisa menyiapkan camilan seperti mini muffins yang dibuat sendiri sehingga kandungan gizinya bisa disesuaikan.

Kamu juga bisa mengajak anak untuk membuat camilan bersama. Hal tersebut akan menjadi kegiatan menyenangkan dan secara nggak langsung bisa mengasah kemampuannya dalam berbagai aspek, lho!

3. Biarkan Anak Memilih

makanan sehat untuk anak
depositphotos.com

Bagi beberapa orang, balita mungkin merupakan usia yang masih terlalu kecil untuk memilih camilannya sendiri. Namun, hal tersebut justru bisa kamu lakukan untuk sekaligus melatih kemampuan anak dalam mengendalikan diri lho.

Anak akan belajar mengambil keputusan melalui cara sederhana seperti camilan yang akan ia konsumsi. Namun sebelumnya, kamu perlu memilih beberapa makanan bernutrisi untuk ditawarkan.

Baca Juga: Anak Susah Makan? Lakukan 10 Hal Ini untuk Mengatasinya!

4. Jangan Memaksa Anak

camilan anak
verywellfit.com

Sebagai orang tua, cobalah untuk lebih memahami perasaan anak dengan nggak memaksanya untuk makan sesuatu yang nggak ia suka.

Cobalah untuk menggabungkan makanan yang ia suka dengan sesuatu yang baru sehingga ia bisa lebih mudah beradaptasi dengan rasa baru.

5. Hal yang Harus Dihindari

anak makan coklat
medicalnewstoday.com

Hal yang nggak boleh kamu lakukan adalah menggunakan camilan manis sebagai sogokan saat si kecil sedang tatrum atau merajuk.

Secara nggak langsung, hal tersebut akan membuat anak merasa bahwa makanan manis lebih baik dibandingkan makanan sehat. Nggak mau kan si kecil nggak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya?

Well, itu dia Sobat Qupas beberapa aturan memberikan camilan pada anak yang sebaiknya orang tua terapkan. Meskipun sepele, hal ini bisa berpengaruh pada perkembangan buah hati lho!

0 Comment