Meskipun Kecil, Biji Wijen Ternyata Punya Sejuta Manfaat untuk Kesehatan Tubuh Lho!

29 November 2019, at 10:30
0
0
Meskipun Kecil, Biji Wijen Ternyata Punya Sejuta Manfaat untuk Kesehatan Tubuh Lho!

Biji wijen merupakan bahan makanan yang biasa ditambahkan untuk mempercantik tampilan dan memperkaya rasa.

Meskipun kecil dan sering dianggap hanya sebagai hiasan, namun ternyata ada banyak manfaat biji wijen untuk kesehatan lho. Dirangkum dari laman healthline.com, berikut ini 7 diantaranya.

1. Mengontrol Kadar Kolesterol Tubuh

kolesterol
topvita.info

Manfaat biji wijen yang pertama adalah mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Hal tersebut disebabkan oleh adanya kandungan lemak tak jenuh ganda sebanyak 41 persen dan lemak jenuh tunggal sebanyak 39 persen.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh International of Food Science and Nutrition pada tahun 2012 juga menyebutkan bahwa mengonsumsi 1,5 ons biji wijen selama 60 hari efektif menurunkan kolesterol jahat.

2. Menurunkan Tekanan Darah

tekanan darah
honestdocs.id

Selain mengontrol kolesterol jahat dalam tubuh, mengonsumsi biji wijen juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Kondisi tersebut disebabkan oleh kandungan magnesium yang cukup tinggi di dalamnya. Selain itu, adanya vitamin E dalam biji wijen juga membantu mencegah penumpukan plak di arteri sehingga tekanan darah terjaga.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

manfaat wijen
hellosehat.com

Kecil-kecil cabe rawit! Siapa sangka, mengonsumsi biji wijen ternyata juga dapat meningkatkan kesehatan tulang lho.

dr. Gargi Sharma, seorang ahli nutrisi di Aayna Clicic mengatakan bahwa kandungan kalsium dan zinc dalam biji wijen bisa menurunkan risiko pengeroposan tulang.

Baca Juga: Mumpung Masih Muda, Hindari Kebiasaan yang Membahayakan Tulang Belakang Berikut Ini

4. Meningkatkan Sistem Imun

manfaat biji wijen
123rf.com

Selain meningkatkan kesehatan tulang dan mencegahnya mengalami pengeroposan, kandungan zinc dalam biji wijen juga mampu mengembangkan sel darah putih tertentu yang berfungsi untuk mencegah penyakit.

Nggak hanya itu, si kecil biji wijen juga merupakan sumber nutrisi penting seperti zat besi, selenium, vitamin B6 dan E yang berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh.

5. Melancarkan Pencernaan

melancarkan pencernaan
feednutrition.com

Tahu nggak sih, tiga sendok makan biji wijen mengandung 3,5 gram serat yang dapat memenuhi 12 persen kebutuhan serat harian tubuh lho.

Kandungan serat yang tergolong tinggi tersebut mampu membuatmu terhindari dari gangguan pencernaan.

6. Menyehatkan Kulit

menyehatkan kulit
123rf.com

Manfaat biji wijen lainnya adalah menyehatkan kulit. Ekstrak atau minyak dari bahan kecil ini, khusunya wijen hitam, dapat membuat kulit lebih lembab dan kenyal.

Sifat anti inflamasi yang dimilikinya juga dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti ruam kemerahan, gatal, luka, dan lain sebagainya.

Wah, ternyata meskipun kecil biji wijen punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh ya Sobat Qupas. Kamu sudah tahu belum?

0 Comment