Meskipun Masih Bagus, 6 Perlengkapan Kecantikan Ini Harus Diganti Secara Rutin

14 May 2019, at 18:00
0
0
Meskipun Masih Bagus, 6 Perlengkapan Kecantikan Ini Harus Diganti Secara Rutin

Umumnya, para wanita baru akan mengganti peralatan kecantikannya saat kondisinya sudah nggak bagus. Begitu pula dengan produk makeup, banyak yang hanya terpaku pada tanggal kadaluarsanya saja.

Padahal, meski tampilannya masih bagus, produk makeup ataupun perlengkapan kecantikan yang kamu miliki harus diganti secara berkala lho. Ini supaya berbagai masalah yang bisa merusak wajah bisa diminimalisir.

Lalu, apa saja sih perlengkapan kecantikan yang harus diganti secara rutin? Simak deh berikut ini!

1. Cleansing brush

cleansing brush
instagram.com/minisoindo

Alat berbentuk sikat yang sangat lembut ini jadi salah satu perlengkapan kecantikan yang sedang digemari. Supaya aman di wajah, cleansing brush harus dibersihkan 2-3 kali dalam seminggu menggunakan cairan antibakteri.

Selain itu, kamu juga harus menggantinya secara rutin meski bulunya terlihat masih bagus dan nyaman. Setidaknya tiga bulan setelah kamu memakainya.

2. Penjepit bulu mata

penjepit bulu mata
instagram.com/iamaddicted

Kalau kamu suka dengan tampilan bulu mata yang lentik natural, pastinya punya eyelash curler. Meski kelihatannya sangat awet, tapi bantalan atau silicone pad-nya harus diganti tiap tiga bulan sekali.

Ini supaya hasil jepitan bulu matanya bisa lentik sempurna. Terlebih lagi kalau pegangannya sudah nggak nyaman, tandanya kamu harus segera beli yang baru supaya kelopak matamu nggak terjepit.

3. Brush makeup

brush makeup
instagram.com/iamaddicted

Brush makeup yang dipakai setiap hari setidaknya harus dibersihkan minimal sekali dalam seminggu. Kalau nggak, bakteri bisa bersarang di dalamnya dan akan menimbulkan masalah mulai dari jerawat, iritasi, hingga yang paling parah, kebutaan.

Selain dibersihkan, kamu juga harus mengganti brush makeup setidaknya 1-2 tahun sekali. Karena sebagus apapun kualitasnya, performa bulu kuas pasti akan menurun seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Cukup 5 Langkah, Ini Cara Mencuci Brush Makeup Supaya Bulunya Nggak Mudah Rontok

4. Beauty blender

beauty blender
instagram.com/lamicabeauty

Setiap harinya, beauty blender akan bersinggungan dengan berbagai produk makeup ataupun skincare yang umumnya basah. Supaya awet, kamu harus mencucinya secara rutin.

Tapi, membersihkan beauty blender saja juga nggak cukup lho, kamu tetap harus rutin menggantinya dengan yang baru. Idealnya, sponge makeup wajib diganti setiap 3-5 bulan sekali.

Ini untuk menghindari berbagai bakteri maupun jamur yang menumpuk dan bisa mengancam kecantikan wajahmu.

5. Sisir

sisir
scene7.com

Sebagai beauty tools yang dipakai setiap hari, sisir tentunya harus dibersihkan secara rutin. Namun yang lebih penting lagi, jangan malas untuk membuangnya kalau sudah ditemukan tanda kerusakan seperti gerigi yang terlepas.

Sebab, kondisi yang sudah nggak layak ini bisa merusak rambut indahmu lho. Atau supaya lebih aman dari berbagai kotoran yang menumpuk, kamu bisa membeli yang baru kalau sudah memasuki masa pemakaian 6-12 bulan.

6. Produk makeup

masa pakai produk makeup
instagram.com/makeoverid

Beberapa produk makeup seperti lipstik, maskara, eyeshadow palette biasanya awet dan cukup untuk dipakai selama berbulan-bulan. Tapi selain memperhatikan tanggal kadaluarsanya, kamu juga harus tahu masa pakainya.

Sebab, produk makeup yang sudah dipakai dan sering terpapar udara akan mengalami demulsification. Yakni kondisi dimana warna, tekstur, dan formulanya akan berubah.

Baca juga: 8 Perlengkapan Makeup yang Pantang Dipinjamkan ke Teman, Bisa Fatal Akibatnya!

Biasanya, lipstik, maskara, dan eyeshadow aman digunakan dalam jangka waktu 6-12 bulan setelah dibuka. Selanjutnya, kamu sebaiknya beli produk baru lagi dan membuang koleksi makeup lamamu.

Nah, itulah berbagai perlengkapan kecantikan yang harus diganti secara berkala supaya nggak mengundang masalah untukmu. Jadi, meskipun kelihatannya masih bagus, jangan malas untuk membeli yang baru ya!

0 Comment