Qupas Family

Meskipun Sederhana, 4 Sentuhan Ini Perkuat Bonding Ibu dan Bayi yang Baru Lahir

23 May 2020, at 04:35
Meskipun Sederhana, 4 Sentuhan Ini Perkuat Bonding Ibu dan Bayi yang Baru Lahir

Bonding atau ikatan emosional antara ibu dan anak merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, hal tersebut bisa menyalurkan rasa kasih sayang ibu kepada buah hatinya.

Selain itu, beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa bonding yang kuat antara ibu dan anak nggak hanya membuat si kecil merasa aman dan nyaman, namun juga dapat meningkatkan kecerdasan dan sistem kekebalan tubuhnya lho!

Proses bonding ibu dan anak bisa dilakukan sedini mungkin, bahkan sejak si kecil lahir. Nah, berikut ini beberapa sentuhan yang bisa memperkuat ikatan istimewa tersebut.

1. Skin to Skin

Ibu dan Bayi (Foto: parentingheadline.com)
parentingheadline.com

Seperti namanya, skin to skin dilakukan dengan menempelkan kulit ibu dan buah hati. Umumnya, hal tersebut dilakukan dengan cara meletakkan bayi yang hanya menggunakan popok di atas dada ibunya.

Hal yang biasanya dilakukan pada bayi yang baru lahir tersebut nggak hanya membuatnya merasa hangat, namun juga nyaman dan aman karena dapat mendengarkan napas dan detak jantung ibunya seperti saat berada di dalam kandungan.

2. Menyusui

Bonding Ibu dan Bayi (Foto: parents.com)
parents.com

ASI merupakan sumber nutrisi terbaik untuk bayi yang baru lahir. Maka dari itu, apabila kondisi memungkinkan, usahakan untuk menjadikannya sebagai makanan utama buah hati ya!

Selain sehat, menyusui juga menjadi kegiatan yang dapat memperkuat bonding antara ibu dan bayi.

Baca juga: Memandikan Bayi, Cara Sederhana Ciptakan Bonding Antara Ibu dan Buah Hati

3. Pelukan dan Gendongan

Cara Bonding Ibu dan Bayi (Foto: stocksy.com)
stocksy.com

Pelukan dan gendongan merupakan dua hal yang berkaitan dengan sentuhan dan membuat si kecil merasa nyaman.

Nggak cuma si kecil, ibu yang melakukan pelukan dan gendongan juga akan merasa lebih nyaman karena berdekatan dengan buah hatinya.

4. Pijatan

Bonding Ibu dan Bayi Baru Lahir (Foto: pinterest.com)
pinterest.com

Melakukan pijatan pada bayi juga merupakan salah satu proses bonding lho! Meskipun demikian, banyak ibu yang takut melakukan hal ini sendiri.

Eits, tenang, saat ini sudah ada banyak sumber yang bisa kamu gunakan untuk mempelajari cara pijat bayi kok! Nggak perlu lakukan yang terlalu sulit, cukup yang menurutmu paling mudah saja.

Well, itu dia beberapa cara memperkuat bonding ibu dan bayi melalui sentuhan. Selamat mempraktikkan ya!