Meskipun Sederhana, Hal Ini Jadi Pemicu Utama Anak Merasa Bahagia Lho Bunda

31 July 2019, at 09:00
0
0
Meskipun Sederhana, Hal Ini Jadi Pemicu Utama Anak Merasa Bahagia Lho Bunda

Orang tua mana sih yang nggak ingin anaknya merasa senang dan bahagia? Semua orang mau melakukan apapun atau rela berkorban demi melihat buah hatinya tersenyum.

Sebuah survey yang dilakukan oleh University of Melbourne pada tahun 2017 yang melibatkan 47.000 anak mengungkapkan pemicu utama buah hati merasa bahagia.

Bukan mainan atau liburan, ternyata faktor utama yang membuat anak-anak bahagia adalah tidur yang cukup dan berkualitas. Sederhana sekali bukan?

Baca Juga: Cara Mudah yang Bisa Bunda Coba untuk Membuat Anak Usia Balita Tidur Nyenyak

Memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas membuat si kecil lebih nyaman, aktif, bersemangat, emosinya cenderung stabil dan mudah menerima pelajaran. Hal tersebut berbanding terbalik dengan anak yang kualitas tidurnya buruk.

Meskipun demikian, kualitas tidur anak dapat dipengaruhi oleh banyak hal termasuk kondisi lingkungan dan keluarga. Berikut ini beberapa hal yang dapat meningkatkan kualitas tidur anak dan membuatnya bahagia.

1. Memberikan Rasa Aman pada Anak

memberikan rasa aman kepada anak
thelovelist.net

Apabila si kecil mendapatkan rasa aman, maka ia akan cenderung memiliki ikatan yang kuat dengan orang tua. Kamu bisa membangun rasa aman tersebut dengan menghabiskan banyak waktu bersama dan melakukan kegiatan menyenangkan.

Jika terjadi masalah antara orang tua dan anak, maka ada baiknya apabila segera meluruskan hal tersebut. Meskipun nggak diungkapkan, namun buah hati sering merasa resah di malam hari ketika orang tua memarahi mereka.

Usahakan untuk nggak menunjukkan pertengkaran antara kamu dan pasangan karena hal tersebut akan memberikan rasa nggak nyaman pada anak dan membuat kualitas tidurnya menurun.

2. Melakukan Olahraga Secara Rutin

melakukan olahraga secara rutin
globalsportmatters.com

Selain memberikan rasa aman, kamu bisa meningkatkan kualitas tidur si kecil dengan rutin mengajaknya berolahraga.

Menggerakkan tubuh merupakan salah satu cara untuk membuat energi anak terkuras dan bisa tidur lebih nyenyak.

Baca Juga: Orangtua Muda Wajib Tahu, 5 Nilai Ini Harus Mulai Diajarkan pada Anak Sejak Usia 5 Tahun

3. Mengatur Jadwal Tidur yang Konsisten

mengatur jadwal tidur
decoholic.org

Mengatur jadwal tidur yang konsisten bagi anak juga bisa membuat istirahatnya lebih nyanyak. Selain itu, secara nggak langsung hal tersebut akan membentuk buah hati menjadi pribadi yang disiplin.

Anak akan mengetahui bagaimana rutinitas tidur mereka, mulai dari makan malam, menyikat gigi, membaca buku, hingga tidur. Kegiatan yang terjadwal tersebut akan mengurangi rasa gelisah si kecil dan membuatnya merasa nyaman.

4. Mengurangi Penggunaan Gadget 2 Jam Sebelum Tidur

mengurangi penggunaan gadget
mirror.co.uk

Selain mengatur waktu tidur, orang tua juga perlu membatasi penggunaan gadget pada anak. Hindarkan anak dari perangkat tersebut sejak 2 jam sebelum tidur.

Pasalnya, cahaya biru yang dihasilkan oleh layar gadget dapat mencegah produksi melatonin yang berpengaruh kuat pada rasa kantuk dan kualitas tidur.

Wah, ternyata membuat anak bahagia sederhana ya Sobat Qupas. Cukup berikan waktu yang cukup dan berkualitas untuk si buah hati dengan cara-cara di atas.

0 Comment